Kubu, Tolikara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kubu
Negara Indonesia
ProvinsiPapua
KabupatenTolikara
Pemerintahan
 • Kepala distrikabini Kogoya
Populasi
 • Total1,392 jiwa jiwa
Kode Kemendagri95.04.11
Kode BPS9418060
Luas- km²
Kampung/kelurahan15 kecamatan

Kubu adalah sebuah distrik di Kabupaten Tolikara, Papua, Indonesia. Berdekatan dengan pusat ibukota _+ 5 KM dari "Karubaga", wilayah ini terdapat batu bara, hutang pohon, dikelilingi oleh gunung kubu belela yang merupakan salah satu gunung tertinggi setelah gunung mamit, keindahan alam yang menarik perhatian wisatawan lokal dari pusat kota dan kabupaten sekitar wilayah lapago datang mengunjungi,

Jalan utama yang menghubungkan dari kab.jaya wijaya ke kab.tolikara ke puncak jaya dan puncak Papua melewati jalan diatas gunung kubu belela, penuh dengan curam,berbatuan, tetapi sepanjang jalan pohon-pohon mengelilingi dan aktif curah hujan yang cukup tinggi.

Hutang pohon dieksploitasi oleh kaum pemodal lokal untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, Distrik/kecamatan ini terdapat sayur-sayuran terutama sayur labu (labusien,bayam,gol,sawi,wortel dll, dipasarkan Oleh ibu-ibu ke pusat kota Tolikara .

Mayoritas penduduk beragama Kristen protestan aliran gereja Injili di Indonesia (GIDI) dan memiliki 5 gereja yaitu gereja minagi 1, minagi 2, Nubunggame,Tiyenggume,dan ginipsar.

Perbatasan distrik kecamatan Kecamatan Anawi bagian Utara Kecamatan yuneri bagian selatan Kecamatan Ugi bagian laut barat Kecamatan Bokodini bagian Timur

Terdapat 15 kampung di distrik ini. Sungai terbesar di distrik ini adalah Sungai Konda yang keluar di bawah kaki Gunung Kubu Belela dan memanjang ke arah utara.