Kubu, Karangasem

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kubu
Kecamatan
Pemandangan di kawasan Kubu pada tahun 1920-an
Negara Indonesia
ProvinsiBali
KabupatenKarangasem
Pemerintahan
 • CamatI Made Suartana, S.STP[1]
Kodepos80853
Luas234,77 Km²
Jumlah penduduk73.588 jiwa (2014)[2]
57.053 jiwa (2010)[3]
Kepadatan243 jiwa/Km² (2010)
Desa/kelurahan9 Desa

Kecamatan Kubu adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Karangasem, Bali, Indonesia. Luasnya adalah 234,77 km². Pada tahun 2002, penduduknya berjumlah 61.184 jiwa.

Kecamatan Kubu berada di bagian utara pulau Bali dan bersentuhan langsung dengan laut bali serta berada di kaki gunung Agung. Kecamatan ini merupakan salah satu daerah yang menjadi jalur aliran lahar pada saat gunung Agung meletus pada tahun 1963. Itu pula sebabnya, saat ini, Kecamatan Kubu menjadi daerah tambang pasir dan menjadi pemasok utama untuk memenuhi kebutuhan pasir dan material batu untuk wilyah Bali bagian Barat meliputi Kabupaten Buleleng dan Kabupaten Negara. Pengusaha pasir di kecamatan Kubu telah maju selangkah dibanding daerah lainnya dengan membentuk paguyuban guna mewadahi kegiatan penambang pasir dengan tujuan menjaga ketertiban dan pola penambangan yang sesuai dengan aturan yang diterapkan oleh pemerintah daerah Kabupaten Karangasem. Paguyuban ini diberi nama Lahar Kubu Manunggal dengan ketuanya I Nengah Subrata yang juga merupakan tokoh masyarakat dari daerah Karangasem.

Industri pariwisata di daerah ini belum semaju daerah bali Selatan yang terkenal dengan pantainya yang indah serta ombaknya yang menjadi incaran surfer dari seluruh dunia. Namun bukan berarti daerah ini tidak memiliki potensi wisata. Disepanjang pantai didaerah Kubu ini terdapat beberapa lokasi menyelam yang banyak dikunjungi oleh turis mancanegara. Pantainya yang lumayan curam memiliki lokasi karang dan biota laut yang indah.

Salah satu wisata budaya dan keagamaan yang penting di Kecamatan Kubu adalah Pura Bukit Mangun. Berada di desa Tianyar, sekitar 12 kilometer dari ibukota Kecamatan. Di puncak bukit ini terdapat satu komplek pura yang mana untuk mencapainya harus menaiki ratusan anak tangga. Dari lokasi ini dapat terlihat Gunung Agung dan laut Bali sekaligus yang merupakan kombinasi pemandangan yang luar biasa.

Pembagian Administratif[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Kubu terdiri dari 9 Desa/Kelurahan yang diurutkan secara abjad, yaitu:

  1. Desa Ban
  2. Desa Baturinggit
  3. Desa Dukuh
  4. Desa Kubu
  5. Desa Sukadana
  6. Desa Tianyar Barat
  7. Desa Tianyar Tengah
  8. Desa Tianyar
  9. Desa Tulamben

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]