Chronicon Pictum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kronik Piktum)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman pertama Chronicon Pictum

Chronicon Pictum (dalam bahasa Latin berarti kronik bergambar, bahasa Inggris: Illuminated Chronicle atau Kronik Beriluminasi Wina, bahasa Hongaria: Képes Krónika juga disebut Chronica Hungarorum, Chronicon (Hungariae) Pictum, Chronica Picta atau Chronica de Gestis Hungarorum) adalah sebuah kronik bergambar dari Kerajaan Hongaria pada pertengahan kedua abad ke-14. Kronik ini memiliki gaya artistik internasional yang telah dikembangkan di istana Lajos I dari Hongaria.

Nama lengkapnya adalah Chronicon pictum, Marci de Kalt, Chronica de gestis Hungarorum, atau secara harfiah berarti "Kronik Bergambar, Kronik Marci de Kalt mengenai Tindakan-Tindakan Orang Hongaria".

Sejarah kronik[sunting | sunting sumber]

Kronik ini ditulis oleh Márk Kálti (Latin: Marci de Kalt) sebelum tahun 1358, dan iluminasi terakhir diselesaikan antara tahun 1370 hingga 1373. Kronik ini kemudian diberikan oleh Raja Lajos I dari Hongaria kepada Raja Prancis Charles V, saat anak perempuan Lajos yang bernama Katalin bertunangan dengan anak laki-laki Charles, Louis I, Adipati Orléans .[1] Kronik ini kemudian dihadiahkan kepada Đorđe Branković pada tahun 1456 dan lalu disalin, tetapi kemudian kronik ini hilang dan kemungkinan sempat dimiliki oleh Turki.[1]

Kronik ini kembali muncul pada pertengahan awal abad ke-17 di arsip kerajaan Wina, walaupun masih belum diketahui bagaimana kronik ini tiba-tiba muncul. Maka dari itu, kronik ini kadang-kadang disebut "Kronik Beriluminasi Wina". Naskah ini kini disimpan di Perpustakaan Nasional Széchényi di Budapest.[1]

Sejarah yang digambarkan[sunting | sunting sumber]

147 gambar di kronik ini merupakan sumber sejarah Hongaria yang penting. Gambar-gambar ini menunjukkan sejarah budaya, kostum, dan kehidupan istana pada abad ke-14. Banyak miniatur di dalam kronik ini yang dibuat dari emas. Nilai artistik miniatur ini sangat tinggi. Karakter-karakternya digambarkan dengan rinci dan bahkan bola matanya dilukis.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Pražák, Nechutová, Bartoňková (1988). Legendy a kroniky koruny Uherské (Legends and chronicles of Hungarian crown). Prague: Nakladatelství Vyšehrad. hlm. 340–346. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]