Kristen Ortodoksi Timur di Republik Tiongkok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kristen Ortodoksi Timur di Republik Tiongkok mewakili umat Kristen di Republik Tiongkok yang menganut Gereja Kristen Ortodoks Timur .[1]

1895-1945[sunting | sunting sumber]

Kristen Ortodoksi Timur tiba di Formosa sekitar tahun 1895, tahun ketika Dinasti Qing menyerahkan pulau itu kepada Jepang . Orang-orang percaya Kristen Ortodoks pertama ini adalah imigran Jepang, yang segera mulai mengajukan petisi kepada St. Nicholas (Kasatskin), Uskup Agung Jepang untuk mengirim mereka seorang imam. Pada tahun 1901, sebuah sinode Tokyo mendirikan Paroki Kristus Sang Juru Selamat di Formosa. Imam pertamanya adalah Pdt. Simeon (Okava atau Yukava—ejaannya berbeda), diikuti (pada tahun 1911) oleh Fr. Titus (Kariyama). Catatan menunjukkan populasi Kristen Ortodoks yang berbasis di Formosa berjumlah 15 atau 17 (tahun 1900), 29 (tahun 1901), dan 44 (tahun 1903). Aktivitas komunitas terganggu oleh kematian St. Nicholas dari Jepang pada tahun 1912, dan sebagian besar berhenti dengan berakhirnya kekuasaan Jepang pada tahun 1945.

Sayama Dayroku, kemudian Uskup Agung Nicholas dari Ramensky (dekat Moskow), lahir tahun 1914 di Taihoku (Taipei) .[2][2]

1949-1970-an[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1949, sekitar 5000 orang Rusia tiba dari Tiongkok (misalnya Shanghai , Harbin , Xinjiang ) setelah Perang Saudara Tiongkok , dan mulai berkumpul di Cafe Astoria di Taipei . Disebutkan tentang pemakaman era Perang Korea yang dipimpin oleh Uskup (kemudian Uskup Agung) John (Shahovskoy) > dari San Francisco, saat itu seorang pendeta tentara A.S. dalam perjalanan dari Korea ke AS. Uskup Agung Ireney (Bekish)dari Tokyo (kemudian New York) melakukan kunjungan tahunan ke Taipei antara tahun 1957 dan 1959, merayakan liturgi ilahi di rumah pribadi, dengan nama Church of the Forerunner. Pada tahun 1960 ia menyerahkan tugas ini kepada seorang pendeta militer Amerika, Fr. Nikolay Kirilyuk. 1965 melihat kunjungan Metropolitan Vladimir (Sagosky) > dari Jepang (kemudian San Francisco), pendeta militer Amerika Archpriest Peter Zurnovich, dan Fr. Kirill Arihara. Jumlah umat Ortodoks di Republik Tiongkok diperkirakan berbeda-beda yaitu 50 (tahun 1960), 100 (tahun 1958), dan 200 (tahun 1965).[2] [2][2] Anggota komunitas Rusia yang paling terkenal, istri Chiang Ching-kuo kelahiran Belarusia , Chiang Fang-liang(née Faina Ipat'evna Vakhreva), tidak menghadiri kebaktian (dan mungkin secara nominal berafiliasi dengan Metodisme suaminya ).

Sumber berbeda mengenai apakah gereja yang didominasi Rusia ini memiliki kontak dengan gelombang awal orang percaya era Jepang. Pada tahun 1970-an gereja kembali menyusut menjadi tidak aktif, sebagian karena aturan kanonik yang mengharuskan penutupan paroki mana pun yang berlangsung lebih dari lima puluh tahun tanpa seorang imam tetap.

2000-sekarang[sunting | sunting sumber]

Namun demikian, Gereja Kristen Ortodoks Republik Tiongkok/Taiwan didirikan kembali oleh seorang hieromonk Yunani , Fr. Yunus (Mourtos) dari biara Osiou Gregoriou ( Gunung Athos ) pada tahun 2001 M di bawah naungan Metropolitan Asia Selatan di bawah Patriarkat Ekumenis Konstantinopel di Istanbul. Para pelayannya sebagian besar adalah orang-orang Rusia dan Slavia lainnya, tetapi secara bertahap, semakin banyak penduduk lokal Republik Tiongkok yang datang ke Kristen Ortodoksi. Pada tahun 2012 Gereja Kristen Ortodoks Rusia mengaktifkan kembali paroki Kristus Juru Selamat di Taipei di bawah kepemimpinan seorang imam dari Kanada . Paroki tiga bahasa merayakan kebaktian dalam campuran bahasa Tionghoa, Inggris, dan Slavonik .

Sinode Suci dan Suci Konstantinopel juga mendirikan Metropolitan Ortodoks baru di Hong Kong dan Asia Tenggara pada November 1996, dengan yurisdiksi atas: Hong Kong, Makau, Tiongkok, Republik Tiongkok, Mongolia, Filipina, Vietnam, Kamboja, Laos, Thailand, Myanmar , dan juga Singapura, Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Timor, Maladewa, Sri Lanka, Bangladesh, India, Nepal, Pakistan, dan Afghanistan.[2][2]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

  • Agama di Republik Tiongkok
  • Kekristenan di Republik Tiongkok
  • Gereja Kristen Ortodoks Tiongkok
  • Gereja Kristen Ortodoks Jepang

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ John Anthony McGuckin (15 December 2010). The Encyclopedia of Eastern Orthodox Christianity, 2 Volume Set. John Wiley & Sons. hlm. 113–. ISBN 978-1-4443-9254-8. 
  2. ^ a b c d e f g "Eastern Orthodoxy in Taiwan". Wikipedia (dalam bahasa Inggris). 2021-06-09. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Religion in Taiwan Templat:Eastern Orthodox Church footer