Kristen Beras

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Ungkapan Kristen Beras adalah istilah stereotipe yang digunakan untuk menggambarkan seseorang yang menyatakan dirinya sebagai seorang Kristen demi keuntungan materi bukan karena alasan agama.[1]

Istilah tersebut berasal dari negara-negara Asia, seperti India, Tiongkok, dan Jepang. Para misionaris Kristen prihatin bahwa orang-orang dalam situasi ini hanya berpindah ke agama Kristen secara nominal untuk menerima amal atau kemajuan materi, begitu pula dengan mereka yang menentang misi Kristen.[2]

Istilah ini dan topiknya yang sangat luas ditulis oleh Thomas Hale, Jr.. Dia memperkenalkan topik tersebut dalam buku pertamanya yang terbit tahun 1986, Don't Let the Goats Eat the Loquat Trees dan berbicara serta mengajar tentang praktik terbaik dalam misi yang merangkum karyanya dalam bukunya yang terbit tahun 1995 On Being a Missionary. Istilah ini juga digunakan secara merendahkan untuk menggambarkan penginjilan oleh misionaris yang mengeksploitasi kemiskinan dan kelaparan, di mana makanan dan iming-iming lainnya diberikan sebagai imbalan untuk perpindahan agama.[3] Dalam Christian Witness in a Multi-Religious World: Recommendations for Conduct, sebuah dokumen yang dikeluarkan oleh Dewan Gereja Dunia pada tahun 2011, salah satu poin yang dikemukakan menyatakan "Jika orang Kristen terlibat dalam metode yang tidak tepat dalam menjalankan misi dengan menggunakan cara menipu dan memaksa, mereka mengkhianati Injil dan dapat menyebabkan penderitaan bagi orang lain." Prinsip 4 dan 5 dari dokumen ini menguraikan bahwa "Tindakan pelayanan, seperti menyediakan pendidikan, perawatan kesehatan, layanan bantuan dan tindakan keadilan dan advokasi merupakan bagian integral dari kesaksian Injil. Eksploitasi situasi kemiskinan dan kebutuhan tidak memiliki tempat dalam penjangkauan Kristen. Orang Kristen harus mencela dan menahan diri dari menawarkan segala bentuk pikat, termasuk insentif dan penghargaan finansial, dalam tindakan pelayanan mereka. " dan "saat mereka melaksanakan pelayanan ini, sepenuhnya menghormati martabat manusia dan memastikan bahwa kerentanan orang dan kebutuhan mereka akan penyembuhan tidak dieksploitasi. Poin-poin ini dipandang untuk mencegah penginjilan palsu yang menghasilkan "Orang Kristen Beras".[4][5][6]

Istilah "Orang Kristen Beras" muncul dalam buku To Kill A Mockingbird karangan Harper Lee, di Bab 13. Bibi Alexandra menggunakan kata itu yang mengacu pada minuman Missionary Society selama "laporan panjang tentang Umat Kristen Beras." To Kill A Mockingbird pertama kali diterbitkan pada tahun 1960.

Contoh dari "Agama Kristen Beras" digunakan dalam novel The Keys to the Kingdom karya AJ Cronin, tentang seorang pendeta Skotlandia yang melakukan pekerjaan misionaris di Tiongkok. Meskipun istilah ini tidak pernah digunakan di media cetak, contohnya ditunjukkan ketika sang protagonis dilayani oleh pasangan Tiongkok bernama Hosannah dan Ferdinand Wang. Dengan mengenal pasangan tuan rumahnya, sang protagonis melihat bahwa mereka memiliki sedikit minat dalam membantunya dalam pekerjaan misionarisnya dan terutama menjamu dia untuk uang yang mereka terima dari gerejanya di Skotlandia.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Rice Christians". Brewer's Dictionary of Phrase and Fable. 1898. Diakses tanggal 2007-04-17. 
  2. ^ Way of Life Baptist publication (2005-07-11). "Baptists Tired of Being Swindled by Rice Christians". ChristianAggression.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-09-26. Diakses tanggal 2007-04-17. 
  3. ^ Strangio, Sebastian (3 September 2008). "Proselytising amid the poverty". The Phnom Penh Post. 
  4. ^ "Christian Witness in a Multi-Religious World: Recommendations for Conduct". www.vatican.va. Diakses tanggal 2020-07-01. 
  5. ^ "New Code of Conduct for Christian Witness - East-West Church & Ministry Report". www.eastwestreport.org. Diakses tanggal 2020-07-01. 
  6. ^ Clarke, Gerard. "Religion and development: Challenges for donors and for faith groups" (PDF). Diarsipkan dari Faith/FCV_Clarke.pdf versi asli Periksa nilai |url= (bantuan) (PDF) tanggal 6 October 2014.