Krikilan, Sumber, Rembang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Krikilan
Desa
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Rembang
Kecamatan Sumber
Pemerintahan
 • Kepala desa Soekirno ( 2016 - 2021)
Kodepos 59253
Luas ... km²
Jumlah penduduk ... jiwa
Kepadatan ... jiwa/km²

Krikilan adalah desa di kecamatan Sumber, Rembang, Jawa Tengah, Indonesia. Untuk menuju Desa Krikilan, anda harus menenempuh jarak sekitar 20an KM dari kota Rembang. Desa Krikilan terdiri dari dua dukuh yaitu Krikilan dan Jambu.

Desa Krikilan sendiri berbatasan dengan desa Polbayem disebelah utara, disebelah selatan berbatasan dengan desa Ronggomulyo, disebelah timur berbatasan dengan desa Logung, serta disebelah barat berbatasan dengan desa Kedung Tulup, kecamatan Sumber dan juga desa Sumber Agung, kecamatan Jaken.

Bahasa sehari-hari yang dipakai oleh warga desa Krikilan ialah bahasa jawa.

Mayoritas penduduk desa Krikilan berprofesi sebagai petani. Adapun hasil pertanian diantaranya yaitu padi, jagung, kacang-kacangan (kacang tanah, kacang merah, kacang hijau), cabai, bawang merah, tebu, tembakau, hingga melon.

Selain bertani, warga desa Krikilan juga memiliki ternak seperti Sapi, Kambing, Ayam. Sayangnya ternak mereka hanya sebagai ingon-ingon saja, belum dikomersilkan.

masyarakat desa krikilan merupakan masyarakat yang religius. Masyarakat desa Krikilan rata-rata memeluk agama Islam dengan beraliran Nahdlatul Ulama atau biasa kita sebut dengan NU. Hal tersebut rupanya tampak dengan adanya organisasi yang aktif di desa tersebut seperti ANSOR dan Fatayat serta Muslimat. Bahkan saking kentalnya aliran NU, di desa ini juga terdapat Angkringan yang dikelola oleh organisasi ke NU an tersebut. Meski mayoritas warga desa memeluk agama Islam, tetapi mereka sangatlah toleran.

Untuk menjaga kebugaran tubuh, biasanya para remaja desa melakukan olahraga di sore hari seperti sepakbola dan juga volly.

Adapun fasilitas publik yang dapat anda temukan di desa ini diantaranya yaitu: 1. Pasar Krikilan 2. Puskesmas Krikilan 3. PAUD & TK 4. SDN Krikilan 5. MTs (Madrasah Tsanawiyah) 6. PLIK ( Pusat Layanan Internet Kecamatam) 7. Madin (Madrasah Diniyah) 8. Masjid (Masjid Nurul Huda, Krikilan dan Masjid Jambu) 9. Lapangan


Untuk anda yang ingin mengunjungi desa Krikilan. Anda dapat berkunjung pada saat acara kebudayaan yang ada di desa Krikilan yang dikenal dengan sebutan sedekah bumi. Sedekah bumi merupakan suatu acara sebagai perwujudan bentuk syukur atas segala nikmat dan juga rizki yang telah diberikan oleh yang Maha Kuasa. Acara sedekah bumi sendiri biasa dilakukan oleh warga desa setahun sekali, yaitu pada saat selesai panen padi kedua. Dalam mewujudkan rasa syukur tersebut, para warga menghadirkan berbagai macam hiburan seperti Kethoprak (wayang orang), Dangdutan, serta ada juga acara religius seperti Pengajian.