Kranaos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dalam mitologi Yunani, Kranaus atau Kranaos (/ˈkræniəs/;[1] Bahasa Yunani Kuno: Κραναός) adalah Raja Athena kedua, menggantikan Kekrops.

Kranaus menikahi Pedias, seorang wanita Sparta dan putri Mynes, dengan siapa dia memiliki tiga putri: Kranáin, Kranaíchmin, dan Attis.[2] Attis memberikan namanya kepada Attika setelah meninggal, mungkin sebagai seorang gadis muda,[3] meskipun dalam tradisi lain dia adalah ibunda, oleh Hefaistos, dari Erikhthonios. Rarus juga diberikan sebagai putra Kranaus.[4]

Kranaus seharusnya memerintah selama sembilan atau sepuluh tahun dan merupakan autóctonos (lahir dari bumi), seperti pendahulunya. Selama masa pemerintahannya, banjir kisah Deukalion diduga telah terjadi. Dalam beberapa catatan, Deukalion dikisahkan melarikan diri dari Lycorea ke Athena bersama putra-putranya Hellen dan Amfiktýon.[5] Deukalion meninggal tak lama kemudian dan mungkin dimakamkan di dekat Athena. Amfiktýon diduga menikahi salah satu putri Kranaus.

Kranaus disingkirkan oleh Amfiktýon, putra Deukalion, yang kemudian dipecat oleh Erikhthonios.[6] Kranaus melarikan diri ke Lamptrae, di mana ia meninggal dan dimakamkan. Makamnya masih ada di masa Pausanias.[7] Kranaus dihormati sebagai pahlawan di Athena; imam-imamnya berasal dari wangsa Charidae.[8]

Rakyat Attika disebut sebagai Kranaoi[9] setelah Kranaus, dan Athena sebagai Kranaa[10] atau Kranaai.[11]

Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Kekrops
Raja Athena Diteruskan oleh:
Amfiktýon

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ bandingkan Danaus untuk pengucapan
  2. ^ Apollodorus, 3.14.5
  3. ^ Apollodorus, 3.14.5; Pausanias, Graeciae Descriptio 1.2.6; Strabo, Geographica 9.1.18
  4. ^ Hesikhios dari Iskandariyah s. v. Kranaou hyios
  5. ^ Eusebius, Chronicle 2, p. 26; Kronik Paros, 4 - 7;
  6. ^ Apollodorus, 3.14.6
  7. ^ Pausanias, Graeciae Descriptio 1.31.3
  8. ^ Hesychius of Alexandria s.v. Kharidai
  9. ^ Aristofanes, Birds 123; Herodotos, Histories 8.44; Suda s.v. Kranaōn; Aiskhilos, Eumenides 993: "children of Cranaus"
  10. ^ Aristophanes, Acharnians 75; Lysistrata 481; Stéphanos Byzántios s.v. Kranaē
  11. ^ Pindar, Olympian Ode 7.82

Referensi[sunting | sunting sumber]