Kotak pasir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sebuah kotak pasir standar dan sekantong pasir.

Kotak pasir merupakan istilah bagi penyebutan tempat berbentuk kotak yang berisi pasir yang difungsikan bagi kucing membuang kotoran dan urin. Agar kucing merasa nyaman menggunakan Kotak kotaran, ada beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain: senantiasa membersihakan kotak pasir dan mengganti ulang pasir secara teratur tanpa menggunakan bahan kimia, letakkan kotak pasir pada tempat yang tepat, lengkapi kotak pasir dengan mainan (bukan makanan) sehingga kucing bisa mengahabiskan waktu di sana, bersihkan kotoran dan urin dengan pembersih enzimatik, dan desainlah kotak pasir menjadi tempat istirahat yang nyaman buat kucing, tetapi tidak untuk membuang kotorannya di sana. Sehingga harapannya kucing akan terlatih untuk membuang kotorannya pada tempat yang sudah ditentukan seperti toilet.


Model[sunting | sunting sumber]

Sebuah kotak pasir dengan model tertutup.

Seiring perkembangan waktu, ada berbagai model kotak pasir. Bahkan saat ini tersedia self cleaning litter box (kotak pasir yang bisa membersihkan secara otomatis). Bentuk kotak pasir pun bermacam-macam ada bentuk yang terbuka, bentuk yang tertutup. Bukaan kotak pasir di atas (top side) ataupun bukaan kotak pasir di depan. Ukuran regular kotak pasir sekitar 56 x 38 x 14 cm, tetapi bisa disesuaikan dengan ukuran kucing .

Ada beberapa bahan yang bisa digunakan untuk membuat kotok kotoran, antara lain: kotak pasir dari kayu, kotak pasir dari baskom plastik, dan kotok kotoran dari kotak kontainer.