Kotak (grup musik)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kotak
AsalIndonesia
Genre
Tahun aktif2004-sekarang
Label
Artis terkaitNaff, Winner Band, Cokelat, Utopia
Situs webkotakbandrock.com
Anggota
Mantan anggota

Kotak adalah grup musik rock yang terbentuk dari ajang The Dream Band pada 27 September 2004. Kini Kotak beranggotakan Tantri (Tantri Syalindri Ichlasari), Chua (Swasti Sabdastantri) dan Cella (Mario Marcella).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Awal karier[sunting | sunting sumber]

Kotak terbentuk tanggal 27 September 2004 dalam acara The Dream Band tahun 2004 silam, Kotak lahir dibidani salah seorang personel Kahitna, Doddy, yang bertindak sebagai produser. Saat itu, Doddy melakukan audisi untuk membentuk format band baru di Indonesia yang terdiri atas drummer, gitaris, bassist, dan vokalis.

Audisi tersebut cukup mendapatkan respons dari musisi remaja yang ingin mencoba peruntungannya di industri musik. Sebanyak 400 orang vokalis, 170 bassist, ratusan gitaris, dan ratusan drummer menjejali tempat audisi. Setelah melakukan audisi dengan mempertimbangkan berbagai format penilaian, terpilihlah 2 vokalis, 2 bassist, 3 gitaris, dan 2 drummer. Musisi muda terpilih itu kemudian diramu lagi menjadi dua band yaitu Kotak yang personelnya empat orang dan "Lima" yang personelnya lima orang. Nama Kotak memiliki arti empat sisi dan empat sudut yang bersatu menjadi bangunan kotak. Hal itu menggambarkan tentang empat orang yang berbeda tetapi bersatu dalam satu wadah musik. Lalu mereka merilis single pertama mereka berjudul "Sendiri" pada album The Dream Band "Delapan".

Album pertama[sunting | sunting sumber]

Formasi grup band Kotak pertama kali diisi oleh Cella (gitar),Icez (bass), Pare (vokal), dan Posan (drum). Setelah memenangkan The Dream Band 2004, mereka kemudian merilis album pertama berjudul Kotak di bawah naungan label HMR. Lagu-lagu debutnya dalam album tersebut antara lain "Hilang", "Terbang (Khayal)", "Kau Pilih Dia", "Damai Hati" dan "Saat Kau Jauh".

Album kedua dan pergantian Anggota[sunting | sunting sumber]

Pada akhir tahun 2006, Pare ternyata memutuskan keluar dari band. Pare mengungkapkan bahwa dia ingin di berkarya dibalik layar dan ingin melanjutkan kuliah.[1][2] Posisi yang kosong kemudian digantikan oleh Tantri yang merupakan dari salah satu dari kontestan The Dream Band tahun 2005.

Beberapa waktu kemudian, setelah peluncuran album kedua berjudul Kotak Kedua pada tahun 2008, Icez memutuskan untuk keluar dari band karena untuk bergabung ke The Rock untuk promo album Master Mister Ahmad Dhani I. Setelah Icez, posisi bass diisi personel baru yaitu Chua.[3] Ternyata formasi band baru di album kedua tersebut membawa kesuksesan bagi band Kotak untuk lebih berkibar di industri musik Indonesia. Tidak hanya ring back tone (RBT) yang sudah terjual satu juta. Performa mereka yang memukau di panggung membuat Kotak laris mendapatkan tawaran tur ke berbagai daerah di Indonesia.

Album ketiga dan keluarnya Posan[sunting | sunting sumber]

Setelah sukses dengan album kedua, pada tanggal 26 Agustus 2010 merilis album ketiga bejudul Energi. Album ini melahirkan hits single seperti "Pelan Pelan Saja", "Selalu Cinta" dan "Cinta Jangan Pergi". Album ketiga yang juga diterima dengan baik dan laris di pasaran, di buktikan dengan berhasil meraih album terbaik versi Anugerah Planet Musik 2011 serta memborong empat penghargaan dalam ajang Anugerah Musik Indonesia (AMI Awards) 2011.[4]

Melanjutkan kesuksesan fenomenal dari album Energi, pada tanggal 11 Agustus 2011 album Energi dirilis ulang menjadi Energi (Repackaged) dengan empat lagu baru yang semuannya merupakan mega hits "Tendangan Dari Langit", "Lupa Ingatan", "Apa Bisa" dan "Menembus Cahaya" dan juga merupakan Original Soundtrack dari film Tendangan Dari Langit.[5]

Pada tanggal 8 Maret 2011, Posan keluar dari band Kotak. Drummer yang sudah bermain bersama Kotak selama tujuh tahun itu resmi meninggalkan Kotak yang kini hanya tersisa Cella, Tantri dan Chua.

Peraih drummer terbaik versi SCTV Award ini menolak alasan keluar dirinya dari Kotak karena adanya konflik internal. Menurut Posan dia sedang fokus dengan Winner, band side-project miliknya. Selain itu Posan sedang sibuk menangani band bernama The Sign. Kesibukan luar biasa yang dijalani Posan membuat dia harus memilih untuk keluar dari Kotak. Posisi drum awalnya diisi oleh Mawan (drummer asal Bengkulu) dan Gilang yang merupakan drummer Ares, band lama Tantri.[6] Lalu posisi drum diisi pemain drum tambahan yang berganti-ganti. Mereka ialah Sinyo Drumboy, Sevri Heyho dan Bounty Ramdhan yang merupakan anak dari bassist Gigi Thomas Ramdhan.[7][8]

Album Terbaik[sunting | sunting sumber]

Pada bulan November 2012 Kotak meluncurkan sebuah album kompilasi terbaik yang diberi judul Terbaik. Album ini hanya dijual di gerai KFC di seluruh Indonesia. Dan keluarnya Qoqo dari Kotak setelah Album ini memuat sembilan single pilihan dari dua album studio sebelumnya, ditambah empat lagu terbaru "Hijaukan Bumi", "I Love You", "Kecuali Kamu" dan "Jet Lag".

Album Never Dies, keluarnya Tantri sementara dan Kikan X Kotak[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Maret 2014, Kotak merilis album keempat yang berjudul "Never Dies". Di album Kotak yang terbaru ini memuat banyak lagu andalan, salah satunya dari single terbaru andalan Kotak band berjudul "Perfect Love" yang bercerita tentang perasaan cinta yang saling menyempurnakan serta single andalan lainnya "Inspirasi Sahabat" yang berkisah indahnya persahabatan.[9]

Pada tanggal 22 Januari 2016, Tantri mengumumkan hiatus dikarenakan tengah hamil, dirinya ingin fokus merawat anaknya yang akan lahir nanti, sementara itu personilnya digantikan oleh Kikan Mantan vokalis band Cokelat sementara.

Masuknya Kikan ke Kotak grup band nya berganti nama menjadi Kikan X Kotak dan menandai dirilisnya lagu baru band itu, yaitu Long Live Rock N Roll. Tak hanya itu, di lagu tersebut, Cella, sang gitaris, juga akan menyumbangkan suaranya.

Album Baru Sekian Lamanya (Identitas)[sunting | sunting sumber]

Tahun 2020 akhirnya Kotak mengumumkan akan merilis Album setelah sekian lamanya tidak muncul. dengan berisikan single pertama yaitu ''HOAX'' yang bekerja sama dengan KOMPAS Media untuk melawan hoax, ''Manusia Manusiawi (feat. Cak Nun)'', dan ''Teman Palsu'' yang dirilis September 2020 Diarsipkan 2020-07-25 di Wayback Machine.

Anggota[sunting | sunting sumber]

Anggota sekarang[sunting | sunting sumber]

Mantan anggota[sunting | sunting sumber]

Garis waktu[sunting | sunting sumber]

Anggota tambahan[sunting | sunting sumber]

  • Abaow – gitaris ritme
  • Gilang Nr – drummer dan perkusionis

Mantan anggota tambahan[sunting | sunting sumber]

  • Oki Maleh – drummer
  • Sevry Heyho – drummer
  • Sinyo Drumboy – drummer
  • Bounty Ramadhan – drummer
  • Ikmal Tobing - drummer
  • Gilang "Ares Band" - drummer

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album Studio[sunting | sunting sumber]

Album Kompilasi[sunting | sunting sumber]

Album Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Album Mini[sunting | sunting sumber]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Tidak hanya di bidang penjualan, berbagai trofi pun berhasil diraih grup band ini di berbagai ajang penghargaan musik. Pada Anugerah Musik Indonesia ke-12, mereka meraih penghargaan untuk kategori Solo/Duo/Grup Rock Terbaik. Album mereka Kotak Kedua juga diganjar penghargaan kategori Album Rock Terbaik.

Mereka juga sukses menyabet kategori Grup/Duo Pendatang Baru Terbaik versi Anugerah Planet Musik (APM) 2009. Terakhir MTV Indonesia Awards menobatkan mereka sebagai Most Favourite Breakhtrought Artist 2009.

Nominasi dan penghargaan[sunting | sunting sumber]

2004: Jawara The Dream Band 2004

2009: Duo/Band Pendatang Baru Terbaik (Anugerah Planet Muzik-Singapura 2009)

- Artis Solo/Duo/Kolaberasi/Grup Rock Terbaik (AMI Awards)

- Most Favourite Breakhtrought Artis (MTV Awards Indonesia)

2010: - Adegan Video Clip Paling Seru 'Tantri ditabrak mobil pacar' (Inbox Awards 2010)

2011: - Pemain Bass Favorit 'Chua Kotak' (Sctv Music Awards 2011)

- Grup Pop Rock Terpopuler, Lagu Pop Rock Populer 'Pelan Pelan Saja' (Indosat Awards)

- Penampilan Duo/Grup Terbaik, Lagu Pop Terbaik 'Pelan Pelan Saja', Produser Album Rekaman Terbaik(Kotak-Warner Music Indonesia), Album Terbaik 'ENERGI' (AMI Awards)

- Album Terbaik 'ENERGI' (Anugerah Planet Muzik-Singapura)

2012: - 17 dan 18 Januari - Menjadi band pembuka SIMPLE PLAN, dalam konser tersebut kotak juga berkolaberasi dengan simple plan dalam lagu JET LAG

- Sountrack Favorit 'Tendangan Dari Langit' (Indonesia Movie Awards 2012)

- Penampilan Solo/Duo/Grup Terbaik 'Tendangan Dari Langit' (AMI Awards)

- Best Duo/Grup/Duo/Kumpulan Terbaik 'Tendangan Dari Langit' (Anugerah Planet Muzik-Singapura)

- Best Rock (Reade's Poll Music Awards)

2013: - Pemain Bass Favorit 'Chua Kotak' (Sctv Music Awards 2013)

- Artis Duo/Grup Rock Terbaik 'Kecuali Kamu' (AMI Awards 2013)

- Best Rock Band (Sahabat Music Awards-Hong Kong)

- Best Rock (Reade's Poll Music Awards)

2014: - Persembahan Album Terbaik 'NEVER DIES' (Harmonic Rock)

- Pemain Bass Favorit 'Chua Kotak' (Sctv Music Awards 2014)

- Grup Band yang banyak dapat respon dan dibicarakan secara positif (Sosial Media Awards)

- Best Rock (Reade's Poll Music Awards)

2015: - 4 Multi Platinum Atas Penjualan Album Sebanyak 120.000 dalam jangka 1 Bulan 'ROCK N LOVE (KFC)

- Pemain Bass Favorit 'Chua Kotak' (Sctv Music Awards 2014)

- Artis Duo/Grup Rock Terbaik 'Satu Indonesia', Album Rock Terbaik 'NEVER DIES', Produser Album Rekaman Terbaik (AMI Awards 2015)

- Best Rock (Reade's Poll Music Awards)

- Grup Band yang banyak dapat respon dan dibicarakan secara positif (Sosial Media Awards)

2016: - Grup Band Rock Terbaik (Jawa Pos Awards)

2019 : - Artis Duo Grup Rock Terbaik (Anugerah Musik Indonesia 2019)

2020: Duo/Grup Rock Terbaik (Anugerah Musik Indonesia 2020)

- Duo/Kolaberasi Anak Terbaik (Anugerah Musik Indonesia 2020)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-10-02. Diakses tanggal 2013-09-28. 
  2. ^ https://www.youtube.com/watch?v=69afvODBB8M&t=1556s
  3. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-06-10. Diakses tanggal 2013-10-08. 
  4. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-05-12. Diakses tanggal 2014-05-11. 
  5. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-05-12. Diakses tanggal 2014-05-11. 
  6. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-10-03. Diakses tanggal 2013-09-28. 
  7. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-11-11. Diakses tanggal 2013-09-28. 
  8. ^ https://www.youtube.com/watch?v=CwydjqGEjUo&pp=ygUJZ2lsYW5nIG5y
  9. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-05-12. Diakses tanggal 2014-05-11.