Kota Gosford

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lokasi bekas Kota Gosford di New South Wales

Kota Gosford adalah bekas wilayah pemerintahan lokal yang terletak di wilayah Central Coast, di negara bagian New South Wales, Australia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Penggabungan Gosford dimulai pada tahun 1886 ketika Kota Gosford diproklamasikan sebagai "Borough of Gosford", menjadi "Kotamadya Gosford" dari tahun 1906. Pada tahun 1908, Kotamadya Gosford bergabung menjadi Erina Shire yang mencakup wilayah Central Coast yang tersisa di luar Gosford, tetapi memperoleh kembali kemerdekaannya pada tahun 1936. Sejak 1 Januari 1947, pemerintah daerah di wilayah Central Coast direorganisasi, menciptakan Gosford Shire dan Wyong Shire, dan batas akhir Dewan Kota Gosford berasal dari periode ini. Dari 1 Januari 1980, Gosford Shire diberikan status kota, menjadi Kota Gosford. Pada 12 Mei 2016, Menteri Pemerintah Daerah menggabungkan Dewan Kota Gosford dan Wyong Shire. Dewan Central Coast didirikan pada hari yang sama, yang mencakup wilayah gabungan.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Central Coast Council". Stronger Councils. Government of New South Wales. 12 May 2016. Diakses tanggal 20 May 2016.