Kosmos 96

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kosmos-96 3mv-4 image.

Kosmos 96 (Rusia: Космос 96 berarti Cosmos 96), atau 3mV-4 No.6, adalah pesawat ruang angkasa Soviet dimaksudkan untuk mengeksplorasi Venus. pesawat ruang angkasa 3mV-4 diluncurkan sebagai bagian dari program Venera, Kosmos 96 membuat terbang lintas dari Venus, namun karena kegagalan peluncuran itu tidak pergi ke orbit Bumi rendah.

Pesawat ruang angkasa 3mV-4 No.6 awalnya dibangun untuk misi ke Mars, dengan peluncuran dijadwalkan pada akhir 1964 Setelah itu tidak diluncurkan pada akhir jendela peluncuran, pesawat ruang angkasa itu repurposed, bersama dengan dua pesawat ruang angkasa lain yang diluncurkan sebagai Venera 2 dan 3 Venera, untuk mengeksplorasi Venus.

Sebuah roket pembawa Molniya digunakan untuk meluncurkan 3mV-4 No.6. Peluncuran terjadi dari Situs 31/6 di Kosmodrom Baikonur di 03:21 UTC pada tanggal 23 November 1965. Akhir dalam penerbangan tahap ketiga, garis bahan bakar pecah, menyebabkan salah satu kamar mesin pembakaran untuk meledak. Roket jatuh di luar kendali, dan sebagai hasilnya tahap keempat, Blok-L, gagal menyala. pesawat ruang angkasa ini dikerahkan ke orbit Bumi rendah dengan perigee dari 209 kilometer (130 mil), sebuah apogee dari 261 kilometer (162 mil), dan 51.9 derajat kecenderungan untuk khatulistiwa. Pesawat ruang angkasa itu bernama Kosmos 96, bagian dari rangkaian biasanya digunakan untuk militer dan satelit eksperimental dalam rangka untuk menutupi kegagalan. Kalau berangkat orbit Bumi, itu akan menerima penunjukan berikutnya dalam seri Venera, pada saat Venera 4.

Kosmos 96 hancur ketika masuk kembali ke atmosfer bumi pada tanggal 9 Desember 1965. reentry telah diusulkan sebagai penjelasan yang mungkin penampakan UFO di atas Amerika Serikat dan Kanada, berpusat di sekitar Kecksburg, Pennsylvania; Namun analisis menemukan pesawat ruang angkasa mungkin masuk kembali beberapa jam sebelum penampakan.

Referensi[sunting | sunting sumber]