Kosmos (satelit)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kosmos (Rusia: Ко́смос, IPA: [ˈkosməs], yang berarti "luar angkasa" atau "kosmos" adalah sebutan yang diberikan untuk sejumlah satelit yang dioperasikan oleh Uni Soviet dan kemudian Rusia. Kosmos 1, pesawat ruang angkasa pertama yang diberi sebutan Kosmos, diluncurkan pada 16 Maret 1962.

Satelit Soviet pertama yang mengorbit Bumi diberi nama Sputnik, Polyot (mulai tahun 1963), Elektron (tahun 1964), Proton (tahun 1965), dan Molniya (tahun 1965), tetapi sebagian besar telah disebut Kosmos sejak Kosmos 1 pada 16 Maret 1962. Program ini mencakup uji coba pesawat ruang angkasa dan satelit tanpa awak untuk penelitian ilmiah dan keperluan militer. Per Januari 2014, 2490 satelit Kosmos telah diluncurkan. Pesawat luar angkasa tidak membentuk satu program, tetapi terdiri dari hampir semua satelit militer Soviet dan Rusia, serta sejumlah satelit ilmiah, dan pesawat ruang angkasa yang gagal selama atau segera setelah peluncuran, tetapi masih mencapai orbit. Sebagian besar satelit militer Soviet dan kemudian Rusia diberi sebutan Kosmos. Pesawat luar angkasa termasuk satelit pengintai optik, satelit komunikasi, pesawat antariksa pertahanan rudal peringatan dini, satelit pengintai radar bertenaga nuklir, senjata anti-satelit dan targetnya, satelit navigasi dan demonstran teknologi. Beberapa pesawat ruang angkasa ilmiah seperti Dnepropetrovsk Sputnik, Bion dan Satelit Meteor juga diberi sebutan Kosmos. Penunjukan diberikan hanya untuk satelit yang berada di orbit Bumi. Biasanya, misi Bulan dan planet Soviet awalnya ditempatkan di orbit parkir Bumi yang rendah bersama dengan tahap atas, yang kemudian akan menyala selama sekitar empat menit untuk menempatkan pesawat ruang angkasa ke orbit cislunar atau heliosentris. Jika mesin salah tembak atau pembakaran tidak selesai, probe yang tersisa di orbit Bumi akan diberi sebutan Kosmos.[1][2]

Sistem kontrol untuk 152 pesawat ruang angkasa yang kemudian ditetapkan sebagai Kosmos dikembangkan dan diproduksi oleh NPO Electropribor (Kharkiv).

Daftar[sunting | sunting sumber]

Masa awal[sunting | sunting sumber]

Lainnya[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ley, Willy (December 1967). "Astronautics International". For Your Information. Galaxy Science Fiction. hlm. 110–120. 
  2. ^ Krivonosov, Khartron: Computers for rocket guidance systems