Koryo-mar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Koryo-mal
고려말 / Корё мар
Pengucapan[ko.ɾjo.maɾ]
Dituturkan diUzbekistan, Rusia, Kazakhstan, Kirgizstan
EtnisKorea
Penutur bahasa
tak diketahui (220.000; versi 1989)
jumlah penutur saat ini tak diketahui
Hangul, Kiril
Kode bahasa
ISO 639-3
GlottologTidak ada
L • B • PW
Info templat
Pemberitahuan
Templat ini mendeteksi bahwa artikel bahasa ini masih belum dinilai kualitasnya oleh ProyekWiki Bahasa dan ProyekWiki terkait dengan subjek.

Apa tujuan penilaian artikel?

Sistem penilaian memungkinkan ProyekWiki memantau kualitas artikel dalam bidang subjeknya, dan memprioritaskan pengerjaan artikel ini

Siapa yang dapat menilai artikel?

Secara umum, siapa pun dapat menambah atau mengubah peringkat artikel. Namun, menilai sebuah artikel sebagai "Kelas-A" umumnya membutuhkan persetujuan dari setidaknya dua penyunting, dan label "AB" dan "AP" hanya boleh digunakan pada artikel yang telah diulas dan saat ini ditetapkan sebagai artikel bagus atau artikel pilihan.

21.50, Jumat, 9 Juni, 2023 (UTC) • hapus singgahan
Nama Korea
Josŏn-gŭl
고려말
Hanja
高麗말
Nama Rusia
Rusia Корё мар
Romanisasi Koryo mar

Koryo-mal, Goryeomal, atau Koryŏmal (bahasa Korea: 고려말, bahasa Rusia: Корё мар) adalah dialek Korea yang dipakai oleh Koryo-saram, etnis Korea di wilayah bekas Uni Soviet. Dialek tersebut diturunkan dari dialek Hamgyŏng dan berbagai ragam bahasa Korea Timur Laut lainnya.[1] Koryo-saram biasanya dikabarkan sulit untuk dipahami oleh para penutur bahasa Korea standar. Penyebabnya adalah karena mayoritas Koryo-saram saat ini memakai bahasa Rusia dan bukannya bahasa Korea sebagai bahasa ibu.[2]

Menurut German Kim, Koryo-mar tak banyak dipakai dmedia dan tak diajarkan di sekolah-sekolah. Sehingga, bahasa tersebut dapat diklasifikasikan sebagai bahasa terancam.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kwak, Chung-gu (2007). "Data and Ressarches for Korean dialect in Central Asia" (PDF). Journal of Humanities (dalam bahasa Korea). 85: 231–272 – via Institute of Humanities. 
  2. ^ Khan, Valeriy Sergeevich. "Koreans and the Poly-ethnic Environment in Central Asia: The Experience of Eurasianism". Seoul: Academy of Korean Studies. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 27, 2007. Diakses tanggal 2006-11-20. 
  3. ^ Kim, German. "Education and Diasporic Language: The Case of Koreans in Kazakhstan" (PDF). The Slavic-Eurasian Research Center.