Koridor R7/R8 Suroboyo Bus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Koridor R7/R8 Suroboyo Bus
UNESA–Terminal Tambak Osowilangon
Sebuah unit Suroboyo Bus koridor R7/R8 bernomor lambung SB06 bersasis Mercedes-Benz bergerak melintasi Halte Jono Soewojo yang terletak di depan gedung pusat perbelanjaan Lenmarc Mall pada 31 Agustus 2021.
Informasi umum
Jenis layananBus perkotaan modern
Mulai beroperasi23 Agustus 2021
Operator saat iniUPTD Pengelolaan Transportasi Umum
Lintas pelayanan
Jarak tempuh28 km
Frekuensi perjalanan1 pemberangkatan per 25 menit
Peta rute
Koridor R7/R8 Suroboyo Bus
Unesa
Graha Family / Bukit Darmo Boulevard
Graha Family Barat / PTC
akses ke Lontar
Jono Soewojo
akses ke Dukuh Pakis atau Terminal Manukan
HR Muhammad Square
Pasar Modern Darmo Permai
Simpang Darmo Baru Barat
Ikado
Wee Joy
Kejaksaan Negeri Surabaya
Mandiri Satelit Indah
Alfamidi Satelit
akses ke Banyurip
akses ke Pasar Loak
Indomaret Tj.sari / Samsat Tandes
akses ke Benowo
jalur KA lintas Surabaya–Bojonegoro
Kawasan Industri Pergudangan
Margomulyo Permai / Showroom Isuzu
akses ke Jalan Tol Surabaya–Gresik
Margomulyo
Margomulyo Eksisting / PKB
akses ke Kalianak
DAS Kali Branjangan
Dian Sarana Berlian Motor
Terminal Tb. Osowilangon
(terminus Suroboyo Bus)
akses ke Tol GBT–Teluk Lamong
Gelora Bung Tomo (insidental)
Pasar Induk Osowilangun
Romokalisari
Romokalisari Adventure Land (akhir pekan)
akses ke Gresik Kota
Keterangan:
  • Halte bertanda panah hanya melayani ke arah yang ditunjuk.
  • Simbol kode persegi adalah halte transit, sedangkan simbol sepur adalah akses terdekat stasiun kereta.
  • Font berwarna pudar menunjukkan rencana penambahan titik pemberhentian atau halte bus untuk operasional koridor 4 Trans Semanggi Suroboyo yang akan direalisasikan antara tahun 2023–2024.

Koridor R7/R8 Suroboyo Bus merupakan koridor Suroboyo Bus yang beroperasi dengan trayek Terminal Joyoboyo menuju Terminal Tambak Osowilangon. Lintasan koridor ini melewati jalur Gunung Sari di kawasan metropolitan dan jalur Margomulyo di kawasan industri Kota Surabaya. Koridor menerapkan sistem loop, di mana satu armada bus akan menempuh dua koridor sekaligus. Setelah melintasi titik terminus di Halte Jono Soewojo, bus diteruskan hingga Terminal Tambak Osowilangun, bus langsung memutar kembali menuju Terminal Joyoboyo dengan koridor yang berbeda. Koridor ini mulai dioperasikan Pemerintah Kota Surabaya sejak 23 Agustus 2021 lalu dikembangkan lagi hingga ke Terminal Tambak Osowilangun pada sekitar September 2022.

Jadwal Keberangkatan[sunting | sunting sumber]

Koridor R7 Suroboyo Bus mempunyai jadwal keberangkatan dari Terminal Joyoboyo mulai pukul 06.00 WIB sampai dengan 19.41 WIB. Jeda antar keberangkatan bus satu dengan lainnya teratur setiap 20 menit sekali. Calon penumpang dapat mengecek posisi terkini dan jadwal keberangkatan bus dari beberapa halte seperti Terminal Joyoboyo, Halte Gemol 1, dan Halte UNESA menggunakan aplikasi GoBis Dishub Kota Surabaya.

Rute[sunting | sunting sumber]

Koridor R7 Suroboyo Bus dengan panjang trayek 10,5 km ini melintasi 16 halte yang tersebar di sepanjang jalur lintasan. Rute yang dilalui koridor ini dimulai dari Terminal Joyoboyo menuju Jalan Wonokromo, Jalan Gunung Sari, Jalan Prabu Siliwangi, Jalan Raya Wiyung, Jalan Lingkar Dalam Barat, melewati jalan dan mengakhiri perjalanan Halte Jono Soewojo.

Rute Tambahan dan Pengurangan[sunting | sunting sumber]

Beberapa hari yang lalu, Suroboyo Bus secara resmi mengumumkan bahwa rute tersebut diperpanjang hingga ke Terminal Tambak Osowilangun dan Gelora Bung Tomo. Perpanjangan sampai Stadion Gelora Bung Tomo dilakukan untuk mendukung Timnas Indonesia menjalani kualifikasi Piala AFC. Operasional menuju Stadion Gelora Bung Tomo dilakukan hanya saat ada pertandingan Piala AFC di stadion tersebut.

Artinya, perpanjang rute menuju Stadion Gelora Bung Tomo hanya bersifat insidentil tidak permanen. Namun, untuk perpanjangan rute menuju Terminal Tambak Osowilangun sudah permanen. Suroboyo Bus akan terus melayani penumpang hingga menuju terminal yang dekat dengan Teluk Lamong tersebut.[1] Pada hari yang sama, ruas lintasan koridor R7/R8 Suroboyo Bus dipangkas menjadi Terminal Tambak Osowilangon (TOW)–Unesa PP.

Daftar koridor bus perkotaan modern di Terminal Tambak Osowilangon, September 2022.
No Moda Koridor Rute perjalanan Hari operasional
1 Suroboyo Bus UNESA–TOW setiap hari
UNESA–TOW–Romokalisari sabtu–minggu
UNESA–TOW–GBT insidentil

Dishub Surabaya segera menyiapkan angkutan umum bus menuju destinasi wisata baru Romokalisari Adventure Land, yang telah diresmikan oleh Walikota Surabaya, Eri Cahyadi pada 25 September 2022.[2][3] Sebanyak 4-6 unit pada koridor R7/R8 Suroboyo Bus relasi TIJ–TOW diperpanjang rute lintasannya hingga menjangkau destinasi wisata yang juga berdekatan dengan kawasan sentra ikan dan rusunawa di Kelurahan Romokalisari ini.[4] Perpanjangan rute koridor tersebut hanya akan beroperasi setiap akhir pekan saja, sedangkan pada hari Senin–Jumat akan sampai Terminal Tambak Osowilangon saja. Koridor tersebut akan beroperasi perdana pada 1 Oktober 2022.[5]

Halte[sunting | sunting sumber]

Nama Halte* Koridor Terhubung Prasarana Transportasi Umum Terhubung
UNESA - Terminal Tambak Osowilangun
via Jono Soewojo dan via Margomulyo
UNESA [T] 2LFD6 lihat pranala
PTC [T] 2LFD5FD6 -
Yono Soewoyo 1 2L lihat pranala
TOW lihat pranala
* Hanya titik terminus dan halte transit tertentu yang ditampilkan

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. Aplikasi GOBIS Surabaya Bus
  2. Akun Instagram Resmi Suroboyo Bus
  3. Akun Instagram Resmi Forum Diskusi Transportasi Surabaya (FDTS)
  4. Website Dinas Perhubungan Kota Surabaya
  1. ^ Zain, Ikrom (19 September 2022). "Suroboyo Bus Rute Terminal Joyoboyo-PTC Diperpanjang Sampai Terminal Tambak Osowilangun dan Stadion Gelora Bung Tomo. Simak Jadwal dan Rutenya!". Ikromzain.com. Diakses tanggal 21 September 2022. 
  2. ^ Rafika Rachma Maulidini; Latu Ratri Mubyarsah (27 September 2022). "Rute Suroboyo Bus ke Romokalisari Adventure Land hanya tiap weekend". jawapos.com. Diakses tanggal 28 September 2022. 
  3. ^ Jay Wijayanto; Suryanto (26 September 2022). "Resmi dilaunching, Romokalisari Adventure Land libatkan warga miskin". radarsurabaya.jawapos.com. Diakses tanggal 28 September 2022. 
  4. ^ Peni Widarti; Ajijah (27 September 2022). "Surabaya siapkan 6 armada bus menuju Romokalisari Adventure Land". bisnis.com. Diakses tanggal 28 September 2022. 
  5. ^ "Setiap akhir pekan, Suroboyo Bus melayani rute menuju Romokalisari Adventure Land". beritalima.com. 27 September 2022. Diakses tanggal 28 September 2022.