Korabl-Sputnik 2

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Korabl-Sputnik 2
Kontraktor utamaOKB-1
BusVostok-1K
Tanggal perluncuran19 Agustus 1960, 08:44:06 (19 Agustus 1960, 08:44:06) UTC
Roket pembawaVostok-L 8K72
Durasi misi1 hari
Berat4600 kilogram (10100 pon)
Orbital elements
Inklinasi64.95°
Apoapsis324 kilometer (201 mi)
Periapsis287 kilometer (178 mi)
Orbital period90.72 menit

Korabl-Sputnik 2[1] (Bahasa Rusia: Корабль-Спутник 2 yang berarti Satelit-Kapal 2), disebut juga dengan nama Vostok-1K No. 2 dan dipahami berbeda sebagai Sputnik 5 oleh negara barat[2], adalah satelit buatan milik Soviet dan uji coba penerbangan ketiga dari wahana antariksa Vostok. Ini adalah penerbangan pertama yang mengirimkan hewan ke orbit dan kembali ke bumi dengan selamat.[3] Diluncurkan pada tanggal 19 Agustus 1960, penerbangan ini memberikan jalan bagi penerbangan antariksa manusia pertama, Vostok 1, yang diluncurkan 8 bulan kemudian.

Peluncuran Korabl-Sputnik 2 menggunakan roket peluncur Vostok-L. Sumber resmi melaporkan bahwa waktu peluncuran adalah jam 8:44:06 UTC. Stasiun radio di Bonn, Jerman Barat, adalah yang pertama menangkap sinyal dari wahana antariksa tersebut.

Korabl-Sputnik 2 membawa dua ekor anjing, Belka dan Strelka, 40 ekor mencit, dua ekor tikus, dan berbagai tanaman, juga kamera yang memantau anjing di dalamnya.[3] Korabl-Sputnik 2 kembali ke bumi pada jam 6:00:00 UTC pada tanggal 20 Agustus. Rekaman menunjukkan bahwa salah satu anjing mengalami kejang pada orbit keempat. Semua hewan kembali dengan selamat. Setahun kemudian Strelka melahirkan 6 anak anjing, dan salah satu dari anak anjing tersebut, Pushinka, diberikan kepada anak dari Ibu Negara Amerika Serikat Jacqueline Kennedy, Caroline oleh Nikita Khrushchev sebagai hadiah dari Uni Soviet. Satu anak anjing bernama Pushok berpartisipasi dalam eksperimen program luar angkasa namun tidak pernah terbang.

Peluncuran[sunting | sunting sumber]

Uji coba peluncuran pertama terjadi pada tanggal 28 Juli 1960, membawa dua pasang anjing, Snow Leopard alias Chaika (Seagull) dan Lisichka (Foxie), tidak berhasil setelah strap-on Blok G mengalami kebakaran dan kerusakan di salah satu ruang bakar, menyusul dengan memutus penguatnya 19 detik setelah peluncuran. Sekitar 30 detik, kendaraan peluncur hancur, inti dan tali pengikatnya terbang ke arah acak dan menabrak padang rumput. Pengawas penerbangan mengirim perintah untuk membuang selubung muatan dan memisahkan modul penurunan, tetapi karena ketinggian yang rendah, parasut hanya dikerahkan sebagian, dan anjing-anjing itu terbunuh saat menabrak tanah. Diyakini bahwa disintegrasi ruang bakar tersebut disebabkan oleh getaran longitudinal. Hal ini menimbulkan keributan yang cukup besar, karena masalah, yang mengganggu peluncuran 8K72 sebelumnya, telah diperbaiki. Itu akhirnya ditelusuri ke praktik manufaktur yang kurang di pabrik perakitan R-7. Kecelakaan itu juga mendorong pengembangan kursi ejektor bagi kosmonot untuk melarikan diri dari kapsul jika terjadi kegagalan peluncuran, karena parasut dalam modul penurunan tidak akan dapat terbuka dengan baik hingga sekitar 40 detik setelah peluncuran . Ironisnya, sehari sebelumnya program AS mengalami kemunduran serius dengan hilangnya sebuah kapsul Mercury. Uji coba peluncuran kedua terjadi pada tanggal 19 Agustus 1960, menggunakan roket pembawa Vostok-L . Sumber resmi melaporkan waktu peluncuran pada pukul 08:44:06 UTC; namun, Sergei Voevodin memberikannya sebagai 08:38:24. Sebuah stasiun radio di Bonn , Jerman Barat , termasuk di antara yang pertama menerima sinyal dari wahana antariksa, yang dikonfirmasi pada orbit ketiga oleh stasiun radio Swedia.

Wahana antariksa itu membawa dua anjing ( Belka dan Strelka ), empat puluh tikus, dua tikus dan berbagai tanaman, serta kamera televisi, yang mengambil gambar anjing-anjing itu. Wahana antariksa kembali ke Bumi pada pukul 06:00:00 UTC tanggal 20 Agustus, sehari setelah peluncurannya. Telemetri mengungkapkan bahwa satu anjing mengalami kejang selama orbit keempat, dan diputuskan untuk membatasi penerbangan berawak pertama menjadi tiga orbit. Semua hewan ditemukan dengan selamat, dan setahun kemudian Strelka memiliki anak anjing, salah satunya dikirim ke Ibu Negara AS Jacqueline Kennedy sebagai hadiah niat baik dari Uni Soviet. Penasihat Presiden Kennedy awalnya menentang pengambilan anjing itu karena takut Soviet mungkin telah menanam mikrofon di tubuhnya untuk mendengarkan pertemuan pertahanan nasional.

Tubuh Strelka dan Belka keduanya diawetkan melalui taksidermi setelah kematian mereka dan dipajang di Museum Luar Angkasa dan Aeronautika Moskow.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ MacDowell, Jonathan. Launch's Log. Jonathan's Space Page. Diakses 27 Juli 2010
  2. ^ Wade, Mark. Vostok. Encyclopedia Astronautica. Diakses 27 Juli 2010
  3. ^ a b DE Beischer and AR Fregly (1962). "Animals and man in space. A chronology and annotated bibliography through the year 1960". US Naval School of Aviation Medicine. ONR TR ACR-64 (AD0272581). Diakses tanggal 14 Juni 2011.