Konvensi Federal (Konfederasi Jerman)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Palais Thurn und Taxis di Frankfurt adalah kursi Konvensi Federal dari Konfederasi Jerman

Konvensi Federal (bahasa Jerman: Bundesversammlung atau Bundestag) adalah satu-satunya institusi pusat dari Konfederasi Jerman dari 1815 sampai 1848, dan dari 1850 sampai 1866. Mahkamah Federal tersebut memiliki kursinya di palais Thurn und Taxis di Frankfurt. Konvensi tersebut dibuat sebagai kongres perwakilan permanen.

Konfederasi Jerman dan Mahkamah Federal-nya dibentuk sebagai hasil dari Kongres Wina pada 1815 setelah kekalahan Napoleon. Tugas aslinya adalah membuat sebuah struktur konstitusional baru untuk Jerman setelah pembubaran Kekaisaran Romawi Suci delapan tahun sebelumnya. Para pangeran negara-negara Jerman menginginkan kedaulatan mereka, sehingga Konfederasi Jerman dibuat sebagai konfederasi rendah dari negara-negara monarki merdeka, namun juga meliputi empat kota bebas. Undang-undang yang membentukanya adalah Undang-Undang Federal Jerman pada 8 Juni 1815 (Bahasa Jerman: Deutsche Bundesakte[1]), yang merupakan bagian dari traktat Kongres Wina.

Mahkamah Federal tersebut dibubarkan setelah Perang Austria-Prusia pada 1866 dan aneksasi Prusia dari ibukota konfederasi tersebut, Frankfurt. Mahkamah Federal tersebut digantikan oleh Dewan Federal di Konfederasi Jerman Utara dan empat tahun kemudian oleh Reichstag di Kekaisaran Jerman.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Deutsche Bundesakte 1815 - Undang-Undang Federal Jerman, 1815