Kontroversi CNN

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

CNN ( Cable News Network ), saluran televisi kabel dan satelit dasar Amerika, telah menjadi subyek berbagai kontroversi. Artikel ini menceritakan kontroversi dan tuduhan yang berkaitan dengan CNN versi domestik, dan saluran kembarnya CNN International dan CNN-News18.

Tuduhan Bias

CNN sering menjadi sasaran tuduhan bias partai. The New York Times menggambarkan perkembangan kecenderungan partisan selama masa jabatan Jeff Zucker. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Shorenstein Center on Media, Politics and Public Policy di Universitas Harvard dan Project for Excellence in Journalism, penulis menemukan perlakuan berbeda yang dilakukan CNN terhadap kandidat Partai Republik dan Demokrat selama 5 bulan awal pemilihan pendahuluan Presiden di tahun 2007: "Program CNN yang diteliti cenderung memberikan pandangan negatif terhadap kandidat Partai Republik—dengan selisih 3 banding 1. 4 dari 10 cerita ( 41% ) jelas-jelas negatif, hanya 14% positif dan 46% netral. Jaringan tersebut memberikan liputan negatif terhadap ketiga kandidat utama dengan McCain memberikan hasil terburuk ( 63% negatif ) dan Romney memberikan hasil sedikit lebih baik daripada yang lain hanya karena sebagian besar liputannya netral. Bukan karena Partai Demokrat, selain Obama, juga mendapat hasil yang baik di CNN.

Hampir setengah dari cerita Senator Illinois adalah positif ( 46% ), dibandingkan hanya 8% yang negatif. Namun baik Clinton maupun Edwards secara keseluruhan mendapatkan pemberitaan yang lebih negatif daripada positif. Jadi meskipun liputan untuk Partai Demokrat secara keseluruhan lebih positif daripada negatif, hal itu hampir semuanya disebabkan oleh liputan yang sangat menguntungkan Obama." Dalam kolom New York Observer yang berjudul "Clinton News Network", jurnalis politik Steve Kornacki mengkritik penanganan CNNdi tanggal 15 November 2007, debat calon presiden dari Partai Demokrat, menyebutnya bias terhadap Hillary Clinton.

Di bulan September 2009, jajak pendapat Pew Research Center menunjukkan bahwa Partai Demokrat lebih cenderung menilai jaringan CNN dengan baik dibandingkan Partai Republik, sementara Partai Republik lebih cenderung memandang CNN dengan buruk dibandingkan Partai Demokrat. Survei Pew Research di tahun 2019 menunjukkan bahwa di antara orang Amerika yang menyebut CNN sebagai sumber utama berita politik dan pemilu, 79% mengidentifikasi diri mereka sebagai anggota Partai Demokrat sedangkan 17% mengidentifikasi diri mereka sebagai anggota Partai Republik. Diantara jaringan berita penyiaran raksasa, pemirsa CNN menunjukkan tingkat keberpihakan yang lebih tinggi dibandingkan ABC, CBS, dan NBC, namun lebih rendah dibandingkan Fox News dan MSNBC.

Octavia Nasr dipecat

Di tahun 2011, Kepala Koresponden Timur Tengah Octavia Nasr dipecat setelah sebuah tweet mengatakan dia "Sedih mendengar meninggalnya Sayed Mohammad Hussein Fadlallah... Salah satu raksasa Hizbullah yang sangat saya hormati." Parisa Khosravi, wakil presiden senior CNN International, mengatakan dia berbicara dengan Nasr, dan "kami telah memutuskan bahwa dia akan meninggalkan perusahaan". Alasan pemecatannya diberikan sebagai "Seperti yang Anda tahu, tweetnya pada akhir pekan menimbulkan reaksi luas. Seperti yang dia nyatakan dalam blognya di CNN.com, dia sepenuhnya menerima bahwa dia seharusnya tidak membuat komentar sederhana seperti itu tanpa alasan apapun." Namun, di titik ini, kami percaya bahwa kredibilitasnya dalam posisinya sebagai editor senior untuk urusan Timur Tengah telah dikompromikan di masa depan.

Liputan Pemilihan Presiden AS Tahun 2016

Informasi lebih lanjut : Liputan media tentang pemilihan presiden Amerika Serikat tahun 2016

Menempati Protes CNN

Di tanggal 3 April 2016, ratusan pendukung Bernie Sanders melakukan protes diluar biro CNN Los Angeles di Sunset Boulevard. Pendukung Sanders memprotes liputan CNN tentang pemilihan presiden Amerika Serikat tahun 2016, khususnya sehubungan dengan kurangnya waktu tayang yang diterima Sanders. Dikenal sebagai Occupy CNN, pengunjuk rasa mengklaim bahwa jaringan media raksasa sengaja menutup kampanye kepresidenan Sanders demi memberikan lebih banyak waktu tayang kepada kandidat seperti Hillary Clinton.

Donna Brazile dan Roland Martin

Di bulan Oktober 2016, WikiLeaks menerbitkan email dari John Podesta yang menunjukkan kontributor CNN, Donna Brazile, menyampaikan pertanyaan untuk debat yang disponsori CNN kepada kampanye Clinton. Dalam email tersebut, Brazile membahas kekhawatirannya tentang kemampuan Clinton untuk menjawab pertanyaan mengenai hukuman mati. Keesokan harinya Clinton menerima pertanyaan tentang hukuman mati, kata demi kata, dari seorang penonton di acara Balai Kota yang dipandu CNN. Menurut penyelidikan CNN Money, moderator debat dan kontributor CNN Roland Martin (sekarang bekerja di TV One) "tidak menyangkal berbagi informasi dengan Brazile". CNN memutuskan hubungan dengan Brazile di tanggal 14 Oktober 2016. Brazile kemudian mengundurkan diri dari CNN di bulan Oktober 2016 karena pengungkapan tersebut.

Email WikiLeaks

Selama liputan langsung Pemilu 2016, pembawa acara CNN Chris Cuomo mengatakan bahwa mengunduh email Podesta yang diretas dan dicuri dari situs WikiLeaks merupakan pelanggaran hukum dan hanya media yang dapat melakukannya secara hukum. Pernyataan tersebut terbukti salah dan menuai kritik dari jaringan tersebut.

Liputan Pemilihan Presiden AS Tahun 2020[sunting | sunting sumber]

CNN Lowa Memperdebatkan Moderasi

Setelah debat pemilihan pendahuluan presiden Partai Demokrat tahun 2020 yang dimoderatori oleh CNN dan Des Moines Register di tanggal 14 Januari 2020, CNN dituduh oleh berbagai pakar media bias terhadap kandidat berhaluan tengah. Moderasi debat oleh CNN digambarkan oleh Matt Taibbi dari Rolling Stone sebagai "jahat dan memalukan", dan Zach Carter di The Huffington Post mengatakan moderasi debat itu "mengerikan", dengan Carter menulis, "Berkali-kali, pembawa berita CNN menggantikannya." pokok pembicaraan sentris untuk pertanyaan―dan kemudian menindaklanjuti tanggapan yang bisa diprediksi dengan pokok pembicaraan sentris lebih lanjut, jarang sekali menjelaskan perbedaan pendapat substantif antara para kandidat atau masalah dengan posisi kebijakan mereka". Jeet Heer, koresponden urusan nasional di The Nation mengatakan "yang paling dirugikan malam itu adalah jaringan yang menjadi tuan rumah acara tersebut. CNN secara konsisten mendukung Bernie Sanders sehingga mengkompromikan klaimnya atas netralitas jurnalistik."

Sebuah artikel CNN yang diterbitkan tak lama sebelum debat, yang melaporkan bahwa Bernie Sanders diduga memberi tahu Elizabeth Warren secara pribadi selama pertemuan tahun 2018 bahwa seorang wanita tidak bisa memenangkan pemilihan Presiden, dikritik karena dianggap sebagai artikel populer yang dimaksudkan untuk menggambarkan Sanders. sebagai seorang misoginis sebelum perdebatan dan karena sumbernya anonim. Dalam debat itu sendiri, artikel tersebut menjadi bahan serangkaian pertanyaan diantara para kandidat.

Liputan Pemerintahan Trump

Di tanggal 10 Januari 2017, CNN melaporkan adanya dokumen rahasia yang menyatakan Rusia telah membocorkan informasi pribadi dan keuangan tentang Presiden terpilih Donald Trump. CNN tidak mempublikasikan berkas Steele, atau rincian spesifik apapun dari berkas tersebut. Kemudian di hari itu, BuzzFeed News menerbitkan seluruh dokumen setebal 35 halaman dengan penafian bahwa dokumen tersebut belum diverifikasi dan "meliputi beberapa kesalahan yang jelas". Berkas tersebut telah dibaca secara luas oleh tokoh-tokoh politik dan media di Washington, dan telah dikirim ke beberapa jurnalis lain yang menolak mempublikasikannya karena tidak memiliki bukti yang kuat. Pada konferensi pers keesokan harinya, Trump menyebut CNN sebagai "berita palsu" dan menolak menjawab pertanyaan dari reporter CNN Jim Acosta.

Di tanggal 24 Februari 2017, CNN dan organisasi media lainnya seperti The New York Times diblokir dari grup pers Gedung Putih. Jaringan tersebut menanggapi dalam sebuah pernyataan : "Rupanya beginilah cara mereka melaporkan fakta yang tidak mereka sukai. Kami akan terus melaporkannya."

Di tanggal 26 Juni 2017, 3 jurnalis investigasi jaringan ; Thomas Frank, Eric Lichtblau, dan Lex Haris, mengundurkan diri dari CNN karena cerita palsu, yang kemudian ditarik kembali, yang menghubungkan Anthony Scaramucci dengan dana investasi Rusia senilai $10 miliar. Jaringan tersebut meminta maaf kepada Scaramucci dan menyatakan bahwa cerita online tersebut tidak memenuhi standar editorial mereka.

Di bulan Juni 2017, jaringan tersebut juga memberlakukan aturan baru terhadap berita terkait Rusia yang dipublikasikan ke media sosial, video, editorial, atau MoneyStream tanpa melalui rantai komando di CNN.

The Washington Post kembali memeriksa fakta laporan CNN mengenai Trump di tanggal 8 Desember 2017: CNN memuat berita yang mengklaim bahwa 2 sumber mengatakan kepada jaringan tersebut bahwa tim kampanye Trump menerima email yang memberi Trump dan putranya Donald Trump Jr. akses awal ke WikiLeaks dokumen di tanggal 4 September 2016. Namun CNN belum menerima email tanggal 4 September yang diharapkan. Pengirimnya adalah "Michael J. Erickson", yang tidak bisa dihubungi CNN. Namun The Washington Post memperoleh email tersebut, yang menunjukkan bahwa email tersebut sebenarnya dikirim sehari setelah dokumen yang diretas tersebut dirilis oleh WikiLeaks di tanggal 14 September 2016. CNN akhirnya mengoreksi cerita mereka.

Di bulan Januari 2020, Don Lemon mengadakan diskusi panel di acaranya dengan ahli strategi Partai Republik Rick Wilson dan kolumnis The New York Times Faceat Ali, keduanya telah berbicara menentang Trump. Lemon mulai tertawa setelah Wilson bercanda, "Trump tidak dapat menemukan Ukraina di peta jika Anda memiliki huruf 'U' dan gambar derek fisik di sebelahnya" dan menyebut pendukung Trump sebagai "demo boomer rube yang dapat dipercaya." Lemon terus tertawa ketika kedua tamu tersebut mengejek pendukung Trump menggunakan aksen selatan dengan mengatakan hal-hal seperti "kalian elitis dengan geografi, peta, dan ejaan Anda" dan "Matematika dan bacaan Anda." Setelah Trump merespons dengan menyebut Lemon sebagai "orang paling bodoh di televisi", Lemon membela diri dengan mengatakan "Selama wawancara Sabtu malam, salah satu tamu saya mengatakan sesuatu yang membuat saya tertawa. Dan pada saat itu saya menganggap lelucon itu lucu, saya tidak menangkap semua yang dikatakan. Sekadar memperjelas, saya menertawakan lelucon tersebut dan bukan pada sekelompok orang manapun."

Liputan Kampanye Presiden AS Tahun 2023

Di tanggal 10 Mei 2023, CNN mengadakan Balai Kota Partai Republik dengan Donald Trump dimana pembawa berita Kaitlan Collins mewawancarai Donald Trump diatas panggung dengan penonton langsung dari pemilih Partai Republik di New Hampshire. Organisasi media arus utama secara luas mengkritik acara tersebut, yang terjadi tak lama setelah Trump dinyatakan bertanggung jawab atas pelecehan seksual dan pencemaran nama baik penulis E. Jean Carroll. Judul utama The New York Times berbunyi, "Kepalsuan dan Bluster Trump Menyalip Balai Kota CNN," sementara Slate menyebutnya "sangat disalahpahami" The Wall Street Journal memuat judul utama, "Trump Mengolok-olok Kasus Pelecehan Seksual, Berulang-ulang Klaim Pemilu 2020 yang Palsu di Balai Kota CNN." CNBC melaporkan, "Trump mendorong klaim Pemilu yang salah, mengejek E. Jean Carroll hingga bertepuk tangan di balai kota CNN." Michael Fanone, mantan petugas polisi Washington, D.C. yang terlibat dengan serangan Capitol di tanggal 6 Januari 2021, menulis di Rolling Stone, "CNN Menjadi Tuan Rumah Balai Kota untuk Orang yang Mencoba Membuat Saya Dibunuh. Donald Trump mencoba mengakhiri demokrasi Amerika. Mengapa CNN mengadakan pesta rehabilitasi untuknya?"

Liputan Tentang Insiden Internasional[sunting | sunting sumber]

Perang Teluk Persia

Selama Perang Teluk Persia di tahun 19901991, CNN dikritik karena mengagung-agungkan aksi militer AS dan secara berlebihan mendorong cerita-cerita kemanusiaan tentang tentara Amerika sambil menghindari penggambaran gambar-gambar kekerasan, yang mengakibatkan dugaan presentasi perang yang bersifat "propagandistik". Sebuah laporan oleh Fairness and Accuracy in Reporting ( FAIR ) mengutip seorang reporter CNN yang tidak disebutkan namanya yang menggambarkan "'pemandangan indah yang indah' ​​dari pesawat pengebom yang lepas landas dari Arab Saudi" dalam laporan berita tahun 1991.CNN dikritik karena konsultan Lockheed Martin berbicara tentang perang tersebut, yang dipandang sebagai konflik kepentingan.

Operasi Angin Belakang

Di tahun 1998, CNN, bekerjasama dengan majalah Time, memuat laporan bahwa selama Perang Vietnam, Angkatan Bersenjata AS menggunakan gas sarin terhadap sekelompok tentara Vietnam Utara selama Operasi Tailwind di tahun 1970 di Laos. Pentagon membantah cerita tersebut. Mereka yang skeptis menganggap mustahil kekejaman yang luar biasa dan berisiko ini luput dari perhatian pada puncak ketidakpopuleran Perang Vietnam. CNN, setelah penyelidikan selama 2 minggu, melakukan pencabutan. Produser cerita tersebut langsung dipecat, dan salah satu dari mereka sangat kritis terhadap penanganan CNN terhadap cerita tersebut, dengan mengatakan bahwa jaringan tersebut tunduk pada tekanan dari pejabat tinggi untuk menghentikan cerita tersebut.

Penindasan Protes Bahrain, dan Pelaporan Iran dan Suriah

Di bulan Oktober 2011, koresponden Amber Lyon bertemu dengan Tony Maddox, presiden CNN International, 2 kali tentang sebuah film dokumenter tentang kemajuan demokrasi di Timur Tengah dimana ia ditampilkan, dan yang ditayangkan di AS tetapi tidak pernah oleh CNN International—yang paling banyak ditayangkan. menonton saluran berita berbahasa Inggris di Timur Tengah—meskipun biaya produksinya tinggi, mendapat pengakuan dan penghargaan internasional. Dia menyatakan bahwa pada pertemuan kedua dia diancam dan diintimidasi untuk berhenti berbicara mengenai masalah tersebut. Menurut seorang karyawan CNN, pejabat rezim Bahrain yang disebut CNN terus-menerus mengeluhkan partisipasi Lyon dalam jaringan tersebut. Dia kemudian diberhentikan.

Liputan Kematian Margaret Thatcher

CNN dikritik karena menggunakan foto mantan Perdana Menteri Inggris Margaret Thatcher dengan presenter BBC Jimmy Savile yang dipermalukan sebanyak 4 kali selama liputan kematiannya di tanggal 8 April 2013. Tuduhan pelecehan seksual terhadap Savile dipublikasikan di tahun 2012, setahun sebelum kematiannya, membuat polisi Inggris percaya bahwa Savile mungkin adalah salah satu pelanggar seks paling produktif di Inggris. Gambar Thatcher bersama diktator Chili Augusto Pinochet juga ditampilkan selama siaran, menyebabkan beberapa komentator menuduh CNN bias.

Liputan Protes Iran

Di tahun 2014, jaringan tersebut dikritik karena tidak adanya liputan langsung dari serangkaian protes besar setelah pemilu tahun 2014 di Iran.

Konflik dengan Pemerintah Venezuela

Di tanggal 8 Februari 2017, penyelidikan gabungan CNN dan CNN en Español – berdasarkan informasi yang diberikan oleh pelapor yang diasingkan di Spanyol dan penyelidikan selanjutnya, melaporkan bahwa pegawai Kedutaan Besar Venezuela di Baghdad, Irak telah menjual paspor dan visa kepada orang-orang dari Negara-negara Timur Tengah dengan latar belakang keuntungan yang meragukan, termasuk anggota kelompok Hizbullah Lebanon. Departemen imigrasi Venezuela, SAIME, mengkonfirmasi keaslian paspor yang dijual karena setiap paspor dilengkapi dengan nomor identifikasi nasional, meskipun nama individu tersebut diubah ketika diperiksa dengan database nasional. Setidaknya satu tempat lahir seseorang juga diubah dari Irak ke Venezuela. Menteri Luar Negeri Venezuela, Delcy Rodriguez, membantah keterlibatan pemerintah ketika ditanyai oleh wartawan di sesi ke-71 Majelis Umum PBB, dan menuduh jaringan tersebut melakukan apa yang dia gambarkan sebagai "operasi media imperialistik" terhadap Venezuela karena ditayangkan. investigasi penipuan selama setahun. Di tanggal 14 Februari 2017, pihak berwenang Venezuela melarang CNN en Español mengudara 2 hari setelah presiden Venezuela, Nicolas Maduro, memerintahkan CNN untuk "[menjauh] dari sini".

Setelah keputusan tersebut, CNN menanggapinya dengan menyediakan layanan streaming langsung di YouTube dan situs web CNN en Español secara gratis untuk pemirsa Venezuela.Saluran CNN Internasional berbahasa Inggris masih disiarkan di Venezuela.

Laporan Kematian Truk Essex

Di tanggal 23 Oktober 2019, 39 mayat ditemukan di dalam truk berpendingin di Essex, Inggris. Ada laporan awal dari media yang mengatakan bahwa 31 pria dan delapan wanita didalam truk adalah imigran gelap asal Tiongkok yang diselundupkan ke Inggris. Di konferensi pers harian Kementerian Luar Negeri Tiongkok tanggal 25 Oktober 2019, juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Hua Chunying menyatakan bahwa "polisi Inggris bekerja tanpa henti untuk memverifikasi para korban, namun saat ini mereka tidak dapat memastikan kewarganegaraan mereka.

Dalam pertanyaan lanjutannya, reporter CNN David Culver mengaitkan insiden tersebut dengan peringatan 70 tahun Republik Rakyat Tiongkok yang dirayakan sebelumnya dengan menanyakan "ada banyak kejayaan, kemajuan, dan kemajuan selama 70 tahun terakhir dengan Republik Rakyat Tiongkok, [ tetapi ] dari sudut pandang luar, apa yang kemudian memotivasi orang-orang Tiongkok untuk ingin meninggalkan negaranya dengan cara yang berisiko seperti itu?" Komentar serupa dari CNN juga diterbitkan sebelumnya dengan pertanyaan, "Mengapa orang-orang dari Tiongkok, negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia, mempertaruhkan nyawa mereka untuk memasuki Inggris?"

Hua mengklaim pertanyaan itu tidak pantas, dan mengulangi bahwa kewarganegaraan para korban masih dalam verifikasi, dan membalas: "Jawaban seperti apa yang Anda harapkan dari pertanyaan itu?". Dia mengatakan anggapan reporter CNN yang menghubungkan identitas para korban tersebut dengan peringatan 70 tahun RRT mencerminkan “pola pikir yang salah” dari media Barat. Hua juga menekankan bahwa isu mendesak saat ini adalah meningkatkan kerja sama internasional dalam melawan perdagangan manusia, dan mencari cara untuk menghindari tragedi serupa terulang kembali. Dalam laporan CNN, pertanyaan ini hanya dijelaskan "tentang kemungkinan warga negara Tiongkok diperdagangkan secara ilegal" dan "ditolak oleh juru bicaranya". Klip video konferensi pers tersebut segera dipublikasikan dan diedarkan secara luas di situs web dan media sosial Tiongkok, dan banyak orang Tiongkok yang marah dengan pertanyaan CNN dan mempromosikan jawaban Hua yang "pantas".

Hu Xijin, editor surat kabar Tiongkok Global Times dan seorang komentator berita berpengaruh di media sosial, mengatakan di Weibo-nya bahwa reporter CNN "diseret" oleh para intelektual publik Tiongkok yang "tampaknya berkolusi satu sama lain". Hu mengatakan dia ingin mengingatkan para wartawan itu bahwa mereka "seharusnya tidak hanya melihat beberapa pembangkang yang memiliki pendapat berbeda dan berteriak di Internet. Jangkau lebih banyak masyarakat umum di masyarakat Tiongkok. Jangan hanya mendengarkan pendapat yang menyenangkan diri sendiri."

Kemudian ketika polisi mengkonfirmasi bahwa semua korban berasal dari Vietnam, People's Daily juga menerbitkan komentar online yang mengkritik CNN karena "melanggar etika pemberitaan", dan "menunjukkan niatnya untuk menodai citra Tiongkok tanpa memperoleh informasi yang solid." fakta dan hasil akhir dari polisi Inggris."

Invasi Rusia Tahun 2022 ke Ukraina

Di bulan Februari 2022, saat meliput sirene serangan udara di kota Kyiv selama invasi, CNN mendapat kecaman karena memutar iklan Applebee yang menampilkan lagu upbeat "Chicken Fried" dalam iklan layar terpisah yang menampilkan liputan perang. Setelah kejadian tersebut, Applebee menarik iklannya dari CNN.

Pembantaian Nong Bua Lamphu Tahun 2022

Salah satu dari 2 reporter CNN yang melaporkan kejahatan tersebut terlihat meninggalkan TKP dengan memanjat tembok rendah dan pagar di sekitar kompleks, serta melewati garis polisi. Para wartawan tersebut didenda dan harus meninggalkan negara tersebut karena mereka bekerja dengan visa turis. Investigasi polisi menetapkan bahwa mereka diizinkan masuk oleh personel yang tidak memiliki kewenangan atas hal tersebut. Laporan video CNN tentang TKP kemudian dihapus dari situs web mereka. Klub Koresponden Asing Thailand mengkritik tindakan tersebut sebagai "tidak etis" dan "tidak sensitif" sementara para reporter dan CNN meminta maaf atas pemberitaan tersebut.

Individu[sunting | sunting sumber]

Eksekutif

Pengunduran Diri Eason Jordan

Di bulan Februari 2005, Eason Jordan mengundurkan diri dari CNN. Pengunduran diri tersebut terjadi sebagai tanggapan atas kontroversi yang muncul setelah para blogger menulis bahwa, di Forum Ekonomi Dunia baru-baru ini, Yordania tampaknya menuduh militer AS sengaja membunuh jurnalis. Meskipun Jordan mengakui bahwa pernyataannya kurang jelas, ia menyangkal bahwa hal tersebut adalah apa yang ia maksudkan, dan mengatakan bahwa ia "sangat mengagumi dan menghormati para pria dan wanita di angkatan bersenjata AS".

Jeff Zucker

CNN dikritik karena liputannya mengenai pemboman Boston Marathon, setelah secara keliru melaporkan bahwa "pria berkulit gelap" telah ditangkap sehubungan dengan serangan tersebut. Setelah siaran tersebut, Jeff Zucker – yang menjadi presiden CNN di tahun 2013 – memuji liputan tersebut, mengklaim bahwa "CNN bersinar minggu ini", dan menyombongkan kejayaan rating yang dicapai CNN selama liputan tersebut, menambahkan bahwa "pemirsa menghormati akuntabilitas jaringan ketika mengakui kesalahannya". Komedian Jon Stewart mengkritik komentar Zucker setelah menyebut liputan CNN tentang penembakan di Washington Navy Yard sebagai "kesalahan yang luar biasa", dan menyatakan bahwa, "Pelajaran yang mereka ambil dari ini adalah – tidak peduli seberapa besar mereka mengkhianati kepercayaan kami. Kami akan terus berdatangan kembali."

Di tahun 2017, Vox menggambarkan CNN sebagai "memperlakukan politik seperti olahraga" dan menyatakan bahwa CNN di bawah kepemimpinan Jeff Zucker banyak menggunakan perdebatan untuk memproduksi drama.

Zucker mengundurkan diri dari CNN di tanggal 2 Februari 2022, setelah sebelumnya gagal mengungkapkan hubungan romantisnya dengan eksekutif CNN Allison Gollust selama peninjauan internal atas perilaku mantan pembawa acara CNN, Chris Cuomo. Gollust juga mengundurkan diri setelah tinjauan tersebut selesai pada bulan itu, setelah perusahaan induk WarnerMedia merilis sebuah memo yang menyatakan bahwa dia adalah salah satu dari 3 tokoh teratas yang "melanggar standar dan praktik jurnalisme resminya".

Tuan rumah dan kontributor[sunting | sunting sumber]

Brooke Baldwin

Selama kerusuhan Baltimore tahun 2015, pembawa acara CNN Newsroom Brooke Baldwin menyatakan bahwa para veteran bertanggung jawab atas kerusuhan tersebut, dengan mengatakan bahwa tentara yang menjadi petugas polisi "kembali dari perang, mereka tidak mengenal komunitas tersebut, dan mereka siap berperang" . Baldwin awalnya menolak kritik, mengklaim dia hanya mengulangi sesuatu yang dikatakan pejabat kota kepadanya. Dia kemudian meminta maaf melalui Twitter dan siaran.

Erin Burnett

Dalam liputan tahun 2011 tentang Occupy Wall Street, Erin Burnett, yang masih baru di jaringan tersebut pada saat itu, mendapat kritik karena bersikap naif tentang apa yang sebenarnya diprotes orang.

Jack Cafferty

Di siaran CNN The Situation Room tanggal 9 April 2008, ketika diminta untuk mengomentari hubungan Amerika Serikat dengan Tiongkok, Jack Cafferty menjawab: "Saya pikir mereka pada dasarnya adalah sekelompok preman dan preman yang sama seperti mereka selama ini. 50 tahun". Asosiasi Imigran Resmi memulai petisi online yang menyerukan permintaan maaf resmi, yang menunjukkan bahwa kata-kata kasar Cafferty bersifat anti-Tionghoa dan berdampak memperburuk sikap negatif orang Amerika terhadap Tionghoa dan Tionghoa-Amerika.

Di siaran CNN Situation Room tanggal 14 April 2008, Jack Cafferty mengklarifikasi ucapannya : "Minggu lalu, dalam diskusi mengenai kontroversi seputar Tiongkok yang menjadi tuan rumah Olimpiade, saya mengatakan bahwa Tiongkok pada dasarnya adalah sekelompok preman dan preman yang sama. hal ini sudah terjadi selama 50 tahun terakhir. Yang saya maksud adalah pemerintah Tiongkok, dan bukan orang Tiongkok atau orang Tionghoa Amerika." CNN memberikan permintaan maaf yang kontroversial di tanggal 14 April, kepada "siapapun yang menafsirkan komentar tersebut menyebabkan pelanggaran."Tidak senang dengan tanggapan CNN, beberapa ribu demonstran mengepung kantor CNN di Atlanta, Georgia dan Hollywood dan menuntut agar CNN menghapusnya dari jaringan.

Sebuah protes diadakan di tanggal 26 April 2008 didepan kantor pusat CNN di Atlanta. Di hari yang sama, beberapa ribu orang Tionghoa dan Tionghoa Amerika melakukan protes didepan kantor CNN di San Francisco.

Di tanggal 15 Mei 2008, menurut juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Qin Gang, Presiden CNN Jim Walton mengirim surat kepada Zhou Wenzhong, duta besar Tiongkok untuk Amerika Serikat : "Atas nama CNN saya ingin meminta maaf kepada rakyat Tiongkok atas hal itu. CNN sangat menghormati orang-orang Tiongkok di seluruh dunia dan kami yakin bahwa mereka benar-benar tersinggung atas komentar Jack Cafferty." Namun CNN menyangkal bahwa permintaan maaf kepada pemerintah Tiongkok tidak pernah dilakukan. , menyatakan bahwa itu dimaksudkan untuk orang-orang Tiongkok saja.

Carol Costello

Di tanggal 22 Oktober 2014, pembawa acara CNN Newsroom Carol Costello melaporkan rilis audio Bristol Palin diserang oleh seorang pria di sebuah pertemuan di Alaska. Costello tertawa dan menyebutnya "mungkin audio berdurasi 1 setengah menit terbaik yang pernah kami temui". Dia langsung dikritik karena mengolok-olok seorang wanita yang dianiaya secara fisik oleh pria yang tidak dia kenal, serta karena menjadi seorang munafik setelah baru-baru ini menyerukan ESPN untuk menangguhkan Stephen A. Smith setelah komentar yang dia buat tentang wanita selama Ray Kontroversi beras. Costello akhirnya meminta maaf dalam sebuah pernyataan kepada Politico, dengan menyatakan: "Selama beberapa hari terakhir, saya telah dikritik habis-habisan karena bercanda tentang perkelahian yang melibatkan keluarga Palin. Kalau dipikir-pikir, saya pantas menerima kritik tersebut dan ingin meminta maaf."

Chris Cuomo

Di tanggal 30 November 2021, penyiar Chris Cuomo diskors tanpa batas waktu setelah Jaksa Agung New York merilis dokumen baru yang menunjukkan bahwa dia telah membantu saudaranya Andrew Cuomo melawan tuduhan pelecehan seksual. CNN mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa "dokumen-dokumen ini menunjukkan tingkat keterlibatan yang lebih besar dalam upaya saudaranya daripada yang kita ketahui sebelumnya." 4 hari kemudian, CNN memecat Cuomo setelah menyewa sebuah firma hukum untuk melakukan peninjauan terhadap kasus tersebut.

Don Lemon

Dalam episode WTF bulan Juni 2015 yang menampilkan Marc Maron, Presiden Barack Obama saat itu menggunakan kata-kata rasis "negro" ketika membahas rasisme di Amerika Serikat, terutama setelah penembakan di gereja Charleston di Carolina Selatan. Pada siaran CNN Tonight with Don Lemon tanggal 22 Juni 2015, pembawa acara Don Lemon, dalam upayanya untuk memicu perdebatan tentang topik tersebut, mengibarkan bendera pertempuran Konfederasi, dan secara retoris bertanya kepada penonton apakah mereka tersinggung; dia kemudian melakukan hal yang sama dengan sebuah tanda besar, dengan cercaan yang disebutkan diatas tercetak diatasnya dengan huruf besar. Tindakan Lemon mendapat cemoohan luas di media sosial, dan melahirkan meme yang isi tandanya diedit untuk menampilkan berbagai frasa atau gambar, disamping chyron bertuliskan "Apakah Ini Menyinggung Anda?"

Di siaran CNN This Morning 16 Februari 2023, Lemon melontarkan komentar yang meremehkan Nikki Haley yang mengumumkan kampanye presiden 2024 dua hari sebelumnya. Lemon mengklaim bahwa Haley, yang saat itu berusia 51 tahun, "belum dalam kondisi prima", menambahkan bahwa "[ seorang ] wanita dianggap berada dalam kondisi prima pada usia 20-an, 30-an, dan mungkin 40-an. Jika Anda Google ' kapan seorang wanita berada di masa puncaknya,' akan tertulis 20an, 30an, dan 40an." Ketika co-host Poppy Harlow menantang pernyataannya, Lemon menyuruhnya untuk "mencarinya." Di tengah kemarahan publik, Lemon men-tweet sore itu bahwa komentarnya "tidak cerdik dan tidak relevan, seperti yang ditunjukkan oleh rekan kerja dan orang-orang terkasih, dan saya menyesalinya." Dia absen dari siaran 17 Februari, dan dipanggil ke rapat staf CNN hari itu untuk meminta maaf atas komentarnya.

Ketua dan CEO CNN Chris Licht menyatakan dalam pertemuan yang sama bahwa dia "kecewa" dengan komentar Lemon, menggambarkannya sebagai "mengecewakan, tidak adil, dan tidak adil terhadap rekan pembawa acaranya, dan pada akhirnya merupakan gangguan besar terhadap kerja besar organisasi ini." Dalam wawancara tanggal 17 Februari dengan Fox News, Haley menolak komentar Lemon, dengan mengatakan bahwa itu adalah "sesuatu yang telah saya hadapi sepanjang hidup saya," dan menghubungkannya dengan statusnya sebagai "minoritas, konservatif, wanita" Di tanggal 19 Februari 2023, The Daily Beast mengabarkan bahwa Lemon akan kembali absen dari CNN This Morning keesokan harinya, 20 Februari; sebuah sumber mengatakan kepada situs tersebut bahwa ada "percakapan berkelanjutan tentang masa depan Don", dan bahwa Lemon adalah "pengalih perhatian yang terus-menerus".

Lemon dipecat dari CNN di tanggal 24 April 2023, setelah Variety melaporkan bahwa dia menganiaya karyawan wanita selama masa jabatannya di jaringan tersebut.

Fredricka Whitfield

Di tanggal 13 Juni 2015, saat membahas serangan tahun 2015 di markas besar polisi Dallas, pembawa acara Fredricka Whitfield menyebut pria bersenjata, James Boulware, sebagai "berani dan berani, jika tidak gila". Komentar tersebut langsung mendapat reaksi keras dan menyerukan dia untuk meminta maaf. Keesokan harinya, Whitfield menyatakan di udara bahwa dia salah bicara dan sama sekali tidak percaya pria bersenjata itu berani. Setelah reaksi balik terus berlanjut, dia kembali menyatakan permintaan maaf saat siaran di tanggal 15 Juni, mengatakan bahwa dia telah menyalahgunakan kata-kata tersebut, sekarang memahami betapa ofensifnya kata-kata tersebut dan dengan tulus meminta maaf.

Lou Dobbs

Pembawa acara CNN Lou Dobbs mempromosikan teori konspirasi palsu bahwa Barack Obama tidak lahir di Amerika Serikat. Kesediaannya untuk mengangkat isu "birther" berulang kali meskipun CNN sendiri menganggapnya sebagai "rumor yang didiskreditkan", membuat kritikus TV The Washington Post berkomentar bahwa ini "menjelaskan film dokumenter mereka yang akan datang: 'The World : Flat. We Report – You Decide.'" Masalah ini muncul di tahun 2008 selama kampanye Presiden, dan sebagian besar menghilang dari sorotan media sampai Dobbs mengangkat masalah ini lagi.

Pernyataannya yang mendukung teori konspirasi ini diberi label "rasis" dan "fitnah" oleh Southern Poverty Law Center. Kontroversi tersebut menyebabkan Media Matters menayangkan iklan yang mengkritik Dobbs dan CNN, dan Jon Stewart mengejek Dobbs di serial televisi satir Comedy Central, The Daily Show. The New York Times mengatakan bahwa Dobbs telah "menjadi mimpi buruk publisitas bagi CNN, mempermalukan para bosnya dan menjadi pembawa acara yang tampaknya bertentangan dengan merek jaringan 'tidak bias'."

Reza Aslan

Setelah serangan Jembatan London tahun 2017, pembawa acara CNN Reza Aslan melalui Twitter menyebut Presiden saat itu Donald Trump sebagai "orang bodoh" dan "bayi laki-laki" atas tanggapannya terhadap serangan tersebut. Menanggapi pernyataannya, CNN mengumumkan di tanggal 9 Juni bahwa mereka telah memutuskan hubungan dengan Aslan dan mengatakan mereka tidak akan melanjutkan musim kedua serial Believer. Aslan mengatakan tentang pembatalan tersebut, "Saya bukan seorang jurnalis. Saya adalah seorang komentator dan sarjana sosial. Oleh karena itu, saya setuju dengan CNN bahwa yang terbaik adalah kita berpisah."

Lainnya[sunting | sunting sumber]

Senjata Semi-Otomatis

CNN meminta maaf atas berita tanggal 15 Mei 2003 dimana John Zarella dari CNN dan Sheriff Broward County, Florida, Ken Jenne mendemonstrasikan penembakan cepat senjata api otomatis saat meliput Larangan Senjata Serangan Federal, yang akan berakhir di tahun berikutnya. Larangan Senjata Assault hanya berkaitan dengan senjata api semi-otomatis, bukan senjata otomatis sepenuhnya, yang telah dibatasi oleh Undang-Undang Senjata Api Nasional tahun 1934, dan Undang-Undang Perlindungan Pemilik Senjata Api tahun 1986.

Penampilan Crossfire Jon Stewart

Komedian Jon Stewart muncul Crossfire di tanggal 15 Oktober 2004, dan mengkritik format dan gaya argumen yang disajikan di acara tersebut. Dia menyebut pembawa acara Tucker Carlson dan Paul Begala sebagai "peretasan partisan", dan meminta mereka untuk "berhenti menyakiti Amerika". Begala berargumen bahwa tujuan dari pertunjukan tersebut adalah untuk debat, yang ditanggapi oleh Stewart, "Melakukan debat akan menjadi hal yang bagus. Tapi itu seperti mengatakan gulat profesional adalah pertunjukan tentang kompetisi atletik" dan menyebut dasi kupu-kupu khas Carlson contoh "teater".

Di satu titik Carlson mengatakan kepada Stewart, "Saya pikir Anda lebih menyenangkan di acara Anda", Stewart menjawab dengan mengatakan: "Anda tahu apa yang menarik? Anda sama pentingnya di acara Anda seperti di acara manapun." Carlson kemudian mengatakan kepada Stewart bahwa, "Anda harus mendapatkan pekerjaan di sekolah jurnalisme, menurut saya", yang dikutip oleh Stewart, "Anda harus pergi ke sekolah tersebut".

Carlson meninggalkan CNN di bulan Januari 2005; jaringan membatalkan Crossfire di saat yang sama. Presiden CNN Jonathan Klein menyatakan bahwa, "Saya setuju sepenuh hati dengan keseluruhan premis Jon Stewart." Carlson mengatakan bahwa dia telah mengundurkan diri dari CNN sebelum kemunculan Stewart dengan menyatakan: "Saya mengundurkan diri dari Crossfire di bulan April, beberapa bulan sebelum Jon Stewart datang di acara kami, karena saya tidak suka keberpihakan, dan saya pikir dalam beberapa hal itu adalah percakapan yang tidak ada gunanya...masing-masing pihak minggat, Anda tahu, [ mengacungkan tinju ] 'Inilah argumen saya', dan tidak seseorang mendengarkan orang lain. [ CNN ] adalah tempat bekerja yang membuat frustrasi." Begala tetap bersama CNN setelah pembatalan Crossfire.

Liputan Kasus Pemerkosaan di SMA Steubenville

Candy Crowley, Poppy Harlow dan Paul Callan dikritik karena bersimpati terhadap 2 terpidana pemerkosa dalam kasus pemerkosaan di Sekolah Menengah Steubenville dan karena kurang fokus pada para korban di tanggal 17 Maret 2013. Selama masa hukuman tunggakan tersebut, Harlow menyatakan bahwa "Sangat sulit, bahkan bagi orang luar seperti saya, untuk menyaksikan apa yang terjadi ketika 2 pemuda yang memiliki masa depan yang menjanjikan, pemain sepak bola bintang, siswa yang sangat baik, benar-benar menyaksikan sebagai mereka yakin hidup mereka hancur...ketika hukuman itu dijatuhkan, [Ma'lik] ambruk di pelukan pengacaranya... Dia berkata kepadanya, 'Hidupku sudah berakhir. Tak seorang pun akan menginginkanku sekarang. '"Sebuah petisi online mengumpulkan lebih dari 200.000 tanda tangan yang memprotes liputan tersebut dan menuntut permintaan maaf.

Liputan Korban Penculikan di Cleveland

Di waktu pagi tanggal 7 Mei 2013, CNN menghentikan liputan persidangan pembunuhan Jodi Arias dengan kabar terbaru tentang pembebasan 3 wanita muda dari Cleveland, Ohio yang diculik oleh Ariel Castro antara tahun 2002 dan 2004. Koresponden CNN Ashleigh Banfield muncul untuk mewawancarai Pembawa acara HLN Nancy Grace dari lokasi terpencil, dan tampak keduanya syuting dari tempat parkir. Grafik saluran tersebut kemudian memberitahu pemirsa bahwa kedua reporter tersebut berada di Phoenix, Arizona. Mobil yang sama terlihat mengemudi di belakang dua jangkar, pertama di belakang Banfield dan kemudian di dekat Grace. Menjadi jelas bahwa Grace dan Banfield sebenarnya duduk di tempat parkir yang sama, berpura-pura berada di lokasi terpencil padahal keduanya sebenarnya berjarak sekitar 30 kaki satu sama lain.

Kontroversi #CNNBlackMail

Di tanggal 2 Juli 2017, Presiden saat itu Donald Trump memposting video di Twitter yang menggambarkan dia berulangkali menjemur dan meninju pemilik WWE Vince McMahon ke tanah selama WrestleMania 23. Klip tersebut telah diedit untuk menempatkan logo CNN di wajah McMahon. 2 hari kemudian, CNN menerbitkan sebuah cerita berjudul, "Bagaimana CNN menemukan pengguna Reddit dibalik GIF gulat Trump", yang menyebut pengguna Reddit "HanAssholeSolo" sebagai pembuat video viral tersebut. Dalam artikel tersebut, reporter politik Andrew Kaczynski menjelaskan proses yang memungkinkan organisasi tersebut menemukan identitas pengguna.

Setelah artikel tersebut dipublikasikan, pengguna tersebut memposting permintaan maaf kepada CNN, termasuk permintaan maaf atas postingan Reddit sebelumnya yang dapat diambil serta berisi bahasa dan gambar rasis, anti-Islam, dan anti-Semit di grup Reddit /r/The_Donald . Segera, permintaan maafnya dikunci dan dihapus setelahnya oleh moderator subreddit sementara pengguna menghapus akun Reddit-nya.

Usai mengonfirmasi identitas pengguna Reddit tersebut, HanAssholeSolo mengungkapkan keengganannya namanya dipublikasikan ke publik. Sebagai tanggapan, CNN menyatakan bahwa mereka tidak akan mengungkapkan namanya, karena dia adalah "[seorang] warga negara yang telah menyatakan permintaan maaf yang luas, menunjukkan penyesalannya dengan mengatakan dia telah menghapus semua postingannya yang menyinggung, dan karena dia mengatakan dia tidak akan mengulangi perilaku buruk ini di media sosial lagi. Selain itu, dia mengatakan pernyataannya dapat menjadi contoh bagi orang lain untuk tidak melakukan hal yang sama. CNN berhak mempublikasikan identitasnya jika ada perubahan.

Pengguna sayap kanan terkemuka di media sosial kemudian menuduh CNN memeras pengguna tersebut, menggunakan tagar, #CNNBlackmail, yang banyak dipromosikan oleh Julian Assange, serta berbagai aktivis online sayap kanan dan konservatif serta ahli teori konspirasi. Kaczynski menanggapi dengan menyatakan bahwa pernyataan CNN "disalahartikan", dan pengguna tersebut mengatakan bahwa dia tidak diancam sebelum meminta maaf. Sementara itu, Madison Malone Kircher dari majalah New York berpendapat bahwa CNN bisa menghindari main hakim sendiri di internet jika jaringan tersebut hanya mempublikasikan identitasnya, seperti yang biasa terjadi dalam situasi serupa, dengan mengkritik keputusan mereka untuk "melindungi" pengguna.

Keputusan CNN untuk menyembunyikan nama pengguna juga dikritik oleh William Grueskin, seorang profesor di Universitas Columbia. Grueskin berpendapat bahwa pengguna tersebut bukanlah korban pelecehan, saksi rahasia, atau remaja. Sementara itu, Indira Lakshmanan dari Poynter Institute mengatakan bahwa kemungkinan besar, karena takut, pengguna tersebut memohon kepada CNN agar namanya dirahasiakan. Kirsten Powers, seorang komentator di CNN, juga mengkritik keputusan CNN, dengan bertanya dalam artikel USA Today: "Bagaimana dengan orang-orang yang secara rutin dia dehumanisasi dan direndahkan secara online?". Powers juga menulis di Twitter bahwa "orang tidak mempunyai 'hak' untuk tetap anonim sehingga mereka bisa membuang sampah mereka yang rasis, misoginis, dan homofobik".

Liputan Konfrontasi Lincoln Memorial Januari 2019

Di tanggal 12 Maret 2019, pengacara Nick Sandmann, yang terlibat dalam konfrontasi Lincoln Memorial di bulan Januari 2019, mengajukan gugatan atas namanya terhadap CNN, meminta ganti rugi sebesar US$275 juta, atas tuduhan "kejam" dan "serangan langsung " menuju Sandmann. Di tanggal 7 Januari 2020, gugatan tersebut telah diselesaikan. Ketentuan penyelesaiannya belum dipublikasikan.

Liputan Kerusuhan Kenosha

Di malam tanggal 26 Agustus 2020, CNN menampilkan keterangan video pada laporan berita yang menunjukkan sebuah gedung dilalap api selama kerusuhan Kenosha yang bertuliskan "Protes Berapi-api Namun Sebagian Besar Damai Setelah Penembakan Polisi". Kalangan konservatif dan pengguna media sosial lainnya mengkritik teks tersebut, termasuk Eric Trump, putra Presiden Donald Trump saat itu.

Tuduhan Propaganda di Liputan Expo 2020

Di bulan Juli 2021, CNN mengumumkan bahwa mereka akan menjadi penyiar resmi Expo 2020 Dubai, yang akan diresmikan di bulan Oktober 2021. sebagai hasilnya, media berita memulai vertikal "Dubai Now", yang meliput kemajuan kota tersebut. Kelompok hak asasi manusia Freedom Forward mengkritik perjanjian antara Emirates dan CNN, dan mendesak media tersebut untuk transparan mengenai hubungan mereka dengan negara Arab, baik dari segi keuangan dan kontrak.