Kontrak untuk perbedaan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Dalam keuangan, kontrak untuk perbedaan adalah kontrak antara dua pihak, biasanya digambarkan sebagai "pembeli" dan "penjual", menetapkan bahwa pembeli akan membayar kepada penjual perbedaan antara nilai sekarang dari suatu aset dan nilainya pada waktu kontrak (jika perbedaannya negatif, maka penjual membayar sebaliknya kepada pembeli).

CFD pada awalnya digunakan oleh dana lindung nilai dan pedagang institusional untuk secara efektif mendapatkan eksposur terhadap saham di London Stock Exchange, sebagian karena mereka hanya membutuhkan margin kecil tetapi juga, karena tidak ada saham fisik yang berpindah tangan, itu juga menghindari bea materai di Inggris Raya.[1]

Tetap umum bagi dana lindung nilai dan manajer aset lainnya untuk menggunakan CFD sebagai alternatif untuk kepemilikan fisik (atau penjualan pendek fisik) untuk ekuitas yang terdaftar di Inggris, dengan profil risiko dan leverage yang serupa. Pialang utama hedge fund akan bertindak sebagai counterparty ke CFD, dan sering akan melakukan lindung nilai atas risiko sendiri di bawah CFD (atau risiko bersihnya di bawah semua CFD yang dipegang oleh kliennya, panjang dan pendek) dengan memperdagangkan saham fisik di bursa. Perdagangan oleh broker utama untuk akunnya sendiri, untuk tujuan lindung nilai, akan dibebaskan dari bea materai Inggris.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 1950-, Elder, Alexander (2014-10-27). The new trading for a living : psychology, discipline, trading tools and systems and risk control, trade management. Elder, Alexander, 1950-. Hoboken, New Jersey. hlm. 186. ISBN 9781118443927. OCLC 903658661. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]