Konsultan bisnis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Konsultansi bisnis)

Konsultan bisnis (dari bahasa Latin consultare, "mendiskusikan") adalah seorang profesional yang memberikan saran profesional atau ahli[1] di area tertentu seperti keamanan (elektronik atau fisik), manajemen, akuntansi, hukum, sumber daya manusia, pemasaran (dan hubungan masyarakat), pengendalian keuangan, teknik, ilmu pengetahuan, transformasi digital, perencanaan keluar, atau bidang khusus lainnya.

Seorang konsultan biasanya seorang ahli atau profesional di bidang tertentu dan memiliki pengetahuan yang luas dalam subjek tertentu. Konsultan dapat menghemat waktu klien mereka, meningkatkan pendapatan, dan memelihara sumber daya.[2] Peran konsultan di luar bidang medis (di mana istilah ini digunakan secara khusus untuk tingkat dokter) dapat termasuk dalam salah satu dari dua kategori umum:

  • Konsultan internal – seseorang yang beroperasi dalam suatu organisasi tetapi bersedia dikonsultasikan dalam bidang spesialisasi oleh departemen atau individu lain (bertindak sebagai klien); atau
  • Konsultan eksternal – seseorang yang dipekerjakan secara eksternal (baik oleh perusahaan atau agen lain) yang keahliannya diberikan secara sementara, biasanya dengan bayaran. Karena itu, konsultan jenis ini umumnya terlibat dengan banyak klien dan terus berubah.

Dampak keseluruhan dari konsultan adalah bahwa klien memiliki akses ke tingkat keahlian yang lebih dalam daripada yang layak bagi mereka untuk dipertahankan secara internal, dan hanya dapat membeli layanan dari konsultan luar sebanyak yang diinginkan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Consultant | Define Consultant at Dictionary.com". Dictionary.reference.com. 2004-03-09. Diakses tanggal 2014-07-20. 
  2. ^ Pieter P. Tordoir (1995). The professional knowledge economy: the management and integration services in business organizations. p.140.