Konstitusi Apostolik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Revisi per 7 April 2013 01.46 oleh EmausBot (bicara | kontrib) (Bot: Migrasi 18 pranala interwiki, karena telah disediakan oleh Wikidata pada item d:Q620035)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Sebuah konsitusi apostolik (Bahasa Latin: constitutio apostolica) adalah dekrit tertinggi yang dikeluarkan oleh Sri Paus. Penggunaan istilah konstitusi berasal dari Bahasa Latin constitutio yangn merujuk pada hukum bernilai penting apapun yang diterbitkan oleh Kaisar Romawi. Istilah ini dipertahankan penggunaannya dalam dokumen-dokumen gereja karena warisan-warisan yang Hukum Kanon Gereja Katolik Roma terima dari hukum Romawi.

Berdasarkan sifat dasarnya, konstitusi apostolik diperuntukkan kepada publik. Konstitusi umum menggunakan nama Konstitusi Apostolik, dan menampung masalah-masalah resmi gereja, seperti penyebar-luasan undang-undang atau ajaran-ajaran pasti gereja. Bentuk-bentuk Konstitusi Dogmatis dan Konstitusi Pastoral adalah nama-nama yang kadang-kadang digunakan untuk memperjelas tujuan dikeluarkannya dokumen tersebut.

Konstitusi Apostolik diterbutkan sebagai Bulla kepausan berdasarkan bentuk resmi dan bentuk publik mereka. Hal tertinggi berikutnya setelah Konstitusi Apostolik adalah surat Ensiklik.


Contoh-contoh Konstitusi Apostolik

Referensi

  • Huels, John M. "A theory of juridical documents based on canons 29-34", Studia Canonica, 1998, vol. 32, no. 2, pp. 337-370.