Konstantinos Manasses

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Miniatur pertama dari kronik Manasses: sang penulis (kanan) di sebelah Tsar Ivan Alexander dari Bulgaria dan Yesus Kristus.

Konstantinos Manasses (bahasa Yunani: Κωνσταντῖνος Μανασσῆς; sekitar tahun 1130 - sekitar tahun 1187) adalah seorang penulis kronik Romawi Timur yang aktif pada abad ke-12 pada masa kekuasaan Kaisar Manuel I Komnenos (1143-1180). Ia menulis kronik peristiwa-peristiwa sejarah dari penciptaan dunia hingga akhir masa kekuasaan Nikephoros Botaneiates (1081). Kronik ini terdiri dari 7000 baris dengan gaya dekapentasilabis. Kronik ini menjadi sangat populer dan juga diterjemahkan ke dalam bahasa Bulgaria dan Slavia pada abad ke-14. Pada tahun 1969, Bulgaria mengeluarkan dua rangkaian perangko yang menggambarkan kisah-kisah penting dalam kronik ini.

Manasses juga menulis roman puitis yang berjudul "Cinta Aristander dan Callithea", yang juga menggunakan gaya dekapentasilabis. Sepenggal isi roman ini telah ditemukan di kebun mawar Macarius Chrysocephalus (abad ke-14). Selain itu, Manasses pernah menulis biografi singkat Oppianus.

Referensi[sunting | sunting sumber]