Konsonan tak desis gesek langit-langit nirsuara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Konsonan tak desis gesek langit-langit nirsuara
Nomor IPA107 (138)
Pengkodean karakter
Entitas (desimal)c​͡​ç
Unikode (heks)U+0063 U+0361 U+00E7
X-SAMPAc_C
Sampel suara

Konsonan tak desis gesek langit-langit nirsuara atau Voiced palatal affricate adalah tipe suara konsonan yang digunakan dalam beberapa bahasa lisan. Suara ini dilambangkan dengan ⟨c͡ç⟩ atau ⟨c͜ç⟩ dalam Alfabet Fonetis Internasional (IPA). Suara ini dilambangkan dengan c_C dalam sistem penulisan X-SAMPA

Suara ini adalah bagian tak desis (non-sibilan) dari gesekan langit-langit yang tidak bersuara. Gesekan langit-langit tak bersuara muncul dalam bahasa-bahasa seperti Bahasa Hungaria dan Skolt Sami. Konsonan ini cukup langka, sebagian besar tidak terdapat di bahasa bahasa di Eropa (Kecuali Rumpun bahasa Ural dan Bahasa Albania). Biasanya ditemui dengan mitra suaranya, yaitu gesekan langit-langit bersuara. Ada juga gesekan pasca langit-langit tak bersuara dalam beberapa bahasa, yang diartikulasikan sedikit lebih ke belakang dibandingkan dengan tempat artikulasi 'gesekan langit-langit tak bersuara'. Alfabet Fonetik Internasional tidak memiliki simbol terpisah untuk bunyi tersebut, meskipun dapat ditranskripsikan sebagai [c̠͡ç̠], [c͡ç˗] (kedua simbol menunjukkan c͡ç⟩ yang ditarik) atau [k̟͡x̟⟩] (k͡x⟩ lanjutan). Simbol X-SAMPA' yang digunakan untuk suara ini masing-masing adalah c_-_C_- dan k_+_x_+. Dalam transkripsi luas, Gesekan pasca langit-langit tak bersuara dapat ditranskripsikan sebagai gesekan langit-langit tak bersuara ([⟨k͡xʲ⟩] atau [k͜xʲ⟩] dalam IPA, k_x' atau k_x_j dalam X-SAMPA).

Karakteristik Konsonan[sunting | sunting sumber]

  • Cara artikulasinya adalah africate (gesekan), yang berarti menghasilkan suara dengan terlebih dahulu menghentikan aliran udara seluruhnya, kemudian membiarkan aliran udara melalui saluran yang menyempit di tempat artikulasi, menyebabkan turbulensi.
  • Penempatan Artikulasinya adalah langit-langit, artinya diartikulasikan dengan bagian belakang lidah diarea langit langit keras, sedikit menjorok ke bagian langit-langit belakang, membuatnya tedengar seperti k͡x.
  • Fonasinya bersuara, yang berarti dihasilkan dengan getaran pita suara.
  • Ini adalah konsonan lisan, yang berarti udara diperbolehkan keluar melalui mulut saja.
  • Ini adalah konsonan pusat, yang berarti dihasilkan dengan mengarahkan aliran udara di sepanjang bagian tengah lidah, bukan ke samping.
  • Mekanisme aliran udara adalah pulmonal, yang berarti diartikulasikan dengan mendorong udara hanya dengan paru-paru dan diafragma, seperti pada kebanyakan suara

Halaman terkait[sunting | sunting sumber]

Konsonan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]