Konsili Aulicum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sayap Reichskanzlei di Hofburg, Wina

Konsili Aulicum (bahasa Latin: Consilium Aulicum, bahasa Jerman: Reichshofrat, secara harfiah berarti Dewan Pengadilan Kekaisaran) adalah salah satu dari dua pengadilan tertinggi Kekaisaran Romawi Suci, yang lainnya adalah Reichskammergericht. Konsili itu tidak hanya memiliki yurisdiksi bersamaan dengan pengadilan yang terakhir, tetapi dalam banyak kasus yuridiksi eksklusif, dalam semua proses feodal, dan dalam urusan kriminal, atas feudatori langsung Kaisar dan dalam urusan yang berkaitan dengan Reichsregiment. Kursi Konsili Aulicum berada di kediaman Hofburg kaisar-kaisar Habsburg di Wina.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pertemuan di Konsili Aulicum, skt. 1700

Konsili Aulicum (dari bahasa Latin aula, pengadilan dalam bahasa feodal, pada zaman kunoi jenis kediaman agung Helenistik, biasanya pribadi) pada awalnya adalah dewan eksekutif-yudisial untuk Kekaisaran. Berasal pada Abad Pertengahan kemudian sebagai Konsili Kaisar yang dibayar, yang diatur dalam bentuk selanjutnya oleh raja Jerman Maximilian I melalui dekrit 13 Desember 1497. Dimaksudkan sebagai saingan dari Reichskammergericht yang terpisah, yang dipaksakan oleh Status Imperii kepadanya dengan mengumumkan Ewiger Landfriede di Dewan Worms dua tahun sebelumnya. Maximilian menekankan fakta bahwa Kaisar mewujudkan otoritas hukum tertinggi dan akan terus menjawab permintaan hukum yang ditujukan kepadanya.

Setiap kaisar memanggil Konsili baru setelah naik takhta. Menurut peraturan yang dikeluarkan oleh Kaisar Ferdinand I pada 1559, konsili terdiri dari seorang presiden, seorang wakil presiden, seorang wakil rektor, dan delapan belas anggota dewan, kecuali wakil rektor, yang ditunjuk oleh Elektor Mainz dalam kapasitasnya sebagai kanselir utama Kekaisaran. Dari delapan belas anggota dewan, enam adalah Protestan, yang suaranya ketika mereka bulat, merupakan veto yang efektif, sehingga pihak agama sampai batas tertentu dipertahankan. Pada kematian kaisar, konsili dibubarkan dan harus dibangun kembali oleh penggantinya.

Ketika kemenangan Napoleon Bonaparte setelah Pertempuran Austerlitz dan Perdamaian Pressburg memuncak pada akhir Kekaisaran Romawi Suci, Konsili Aulicum juga tidak ada lagi pada 1806 sebagai institusi kekaisaran.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Sumber dan referensi[sunting | sunting sumber]