Konkordansi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Konkordansi adalah daftar menurut abjad kata-kata pokok yang digunakan dalam suatu buku atau karya tulis, mendata setiap kali munculnya tiap kata dengan konteks langsungnya. Hanya karya-karya penting yang dibuatkan konkordansi, seperti Weda,[1] Alkitab, Al-Qur'an atau karya-karya Shakespeare, James Joyce atau penulis Latin dan Yunani klasik,[2] karena jumlah waktu, kesulitan, dan biaya yang terlibat dalam menciptakan sebuah konkordansi dalam era pra-komputer.

Konkordansi Alkitab bahasa Ibrani-bahasa Latin karya Mordekai Nathan

Konkordansi adalah lebih dari sebuah indeks; adanya bahan tambahan membuat produksinya membutuhkan proses intensif, bahkan ketika dibantu oleh komputer, seperti komentari, definisi, dan pengindeksan silang topikal.

Di era pra-komputer, teknologi pencarian kata tidak tersedia, dan konkordansi memperlengkapi pembaca karya-karya lama seperti Alkitab sesuatu yang sebanding dengan hasil pencarian untuk setiap kata yang cenderung untuk dicari. Saat ini, kemampuan untuk menggabungkan hasil query mengenai beberapa hal (seperti mencari kata-kata yang dekat dengan kata lain) telah mengurangi minat dalam penerbitan konkordansi. Selain itu, teknik matematika seperti latent semantic indexing telah diusulkan sebagai cara untuk secara otomatis mengidentifikasi informasi linguistik berdasarkan konteks kata.

Konkordansi bilingual atau konkordansi dwibahasa berbasis pada teks paralel yang selaras dalam dua bahasa.

Konkordansi topikal adalah daftar topik yang diulas dalam suatu buku (biasanya Alkitab), dengan konteks cakupan topik-topik. Tidak seperti konkordansi tradisional, kata-kata yang diindeks tidak harus muncul dalam ayat tersebut. Konkordansi topikal yang paling terkenal adalah Nave's Topical Bible.

Konkordansi Alkitab pertama disusun untuk Alkitab Vulgata oleh Hugh St Cher (m.1262), yang mempekerjakan 500 biarawan untuk membantunya. Pada tahun 1448, Rabbi Mordecai Nathan menyelesaikan konkordansi untuk Alkitab Ibrani, yang membutuhkan waktu sepuluh tahun.Sebuah konkordansi Alkitab Perjanjian Baru bahasa Yunani diterbitkan pada 1599 oleh Henry Stephens, dan untuk Septuaginta dilakukan beberapa tahun kemudian oleh Conrad Kircher pada tahun 1602. Konkordansi pertama untuk Alkitab bahasa Inggris diterbitkan pada tahun 1550 oleh Marbeck. Menurut Cruden, tidak menggunakan nomor ayat yang dirancang oleh Robert Stephens pada tahun 1545, tapi merupakan "konkordansi yang cukup besar" karya Cotton menggunakannya. Kemudian diikuti oleh Konkordansi Cruden dan Konkordansi Strong.

Penggunaan dalam linguistik[sunting | sunting sumber]

Konkordansi sering digunakan dalam linguistik, ketika mempelajari sebuah teks. Misalnya:

  • membandingkan penggunaan yang berbeda dari kata yang sama
  • analisis kata kunci
  • analisis frekuensi kata
  • menemukan dan menganalisis frasa dan idiom
  • menemukan terjemahan dari unsur-unsur subsentential, misalnya terminologi, dalam terjemahan bitexts dan memori
  • membuat indeks dan daftar kata (juga berguna untuk penerbitan)

Teknik pembuatan konkordansi banyak digunakan dalam teks corpora nasional seperti American National Corpus, British National Corpus, dan Corpus Kontemporer Inggris Amerika yang tersedia on-line. Aplikasi berdiri sendiri yang menggunakan teknik pembuatan konkordansi dikenal sebagai concordancers[3] atau corpus manager yang lebih maju. Beberapa dari mereka memiliki part-of-speech taggers terintegrasi dan memungkinkan pengguna untuk membuat post-annotated corpora sendiri untuk melakukan berbagai jenis pencarian yang diadopsi pada korpus linguistik.[4]

Inversi[sunting | sunting sumber]

Rekonstruksi teks dari beberapa Gulungan Laut Mati melibatkan konkordansi.

Akses ke beberapa gulungan diatur dengan suatu "aturan kerahasiaan" yang hanya mengizinkan anggota Tim Internasional asli atau orang yang ditunjuk oleh mereka untuk melihat bahan-bahan asli. Setelah kematian Roland de Vaux pada tahun 1971, penerusnya berulang kali menolak untuk mengizinkan publikasi foto-foto kepada sarjana lainnya. Pembatasan ini diatasi oleh Martin Abegg pada tahun 1991, menggunakan komputer untuk "membalikkan" (membuat inversi) konkordansi dokumen-dokumen yang hilang dari yang dibuat pada tahun 1950-an yang datang ke tangan para sarjana di luar Tim Internasional, untuk memperoleh perkiraan rekonstruksi teks asli dari 17 dokumen.[5][6] Ini segera diikuti oleh rilis dari teks asli dari gulungan-gulungan tersebut.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bloomfield, Maurice (1990). A Vedic Concordance. Motilal Banarsidass Publ. ISBN 81-208-0654-9. 
  2. ^ Wisby, Roy (April 1962). "Concordance Making by Electronic Computer: Some Experiences with the Wiener Genesis". The Modern Language Review. Modern Humanities Research Association. 57 (2): 161–172. doi:10.2307/3720960. 
  3. ^ Introduction to WordSmith
  4. ^ Linguistic Toolbox
  5. ^ Hawrysch, George (2002-08-04). "Dr. George Hawrysch's speech on concordance book launch". The Ukrainian Weekly, No. 31, Vol. LXX. Ukrainian National Association. Diakses tanggal 2008-06-19. 
  6. ^ Jillette, Penn. "You May Already be a "Computer Expert"". Diakses tanggal 2008-06-14. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • Shakespeare concordance - konkordansi karya lengkap Shakespeare (dari Open Source Shakespeare)
  • Online Concordance to the Complete Works of Hryhorii Skovoroda - konkordansi karya lengkap Hryhorii Skovoroda (University of Alberta, Edmonton, Kanada)
  • Alex Catalogue of Electronic Texts - Katalog Alex merupakan koleksi dari teks elektronik ranah publik sastra Amerika Serikat dan inggris serta filsafat Barat. Masing-masing dari 14,000 produk di dalam Katalog, juga tersedia sebagai teks lengkap tetapi juga dilengkapi dengan sebuah konkordansi. Akibatnya, orang dapat menghitung berapa kali sebuah kata tertentu digunakan dalam teks atau daftar kata-kata yang paling umum (10, 25, 50, dsb.) .
  • Hyper-Concordance, Mitsu Matsuoka, Nagoya University - Hyper-Konkordansi ditulis dalam C++, program yang memindai dan menampilkan baris berdasarkan perintah yang dimasukkan oleh pengguna. Termasuk Victoria, Inggris & Irlandia, dan Amerika sastra.
  • Concord - Halaman termasuk link ke Concord, generator konkordansi KWIC  on-the-fly. Bekerja dengan setidaknya beberapa naskah non-Latin (Yunani modern, misalnya). Beberapa pilihan untuk menyortir hasil; multi-platform, Open Source.
  • ConcorDance - antarmuka konkordansi untuk WorldWideWeb, menggunakan Google atau Yahoo sebagai mesin pencari untuk menemukan konkordansi dan dapat digunakan langsung dari browser.
  • Chinese Text Project Concordance Tool - Konkordansi lookup dan pembahasan dilanjutkan pentingnya dicetak konkordansi dalam Sinologi - Proyek Teks Tionghoa
  • KH Coder - software gratis untuk generasi konkordansi dan statistik kolokasi KWIC. Berbagai fungsi analisis statistik juga tersedia seperti co-occurence network, multidimensional scaling, hierarchical cluster analysis, dan analisis korespondensi dari kata-kata.