Kongres Nasional Partai Komunis Tiongkok I

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kongres Nasional Partai Komunis Tiongkok ke-1
Nama asli 中國共產黨第一次全國代表大會
Tanggal23 Juli – 2 Agustus 1921 (1921-8-2)
LokasiShanghai dan Jiaxing
Kongres Nasional Partai Komunis Tiongkok I

Situs Kongres ke-1, Shanghai
Hanzi tradisional: 中國共產黨第一次全國代表大會
Hanzi sederhana: 中国共产党第一次全国代表大会
Singkatan
Hanzi: 一大
Dari 13 delegasi yang menghadiri kongres tersebut pada 1921, Mao Zedong dan Dong Biwu adalah dua orang yang juga hadir di upacara proklamasi RRT pada 1949, seperti yang ditampilkan pada gambar ini.

Kongres Nasional Partai Komunis Tiongkok ke-1 diadakan di Shanghai dan Jiaxing antara 23 Juli sampai 2 Agustus 1921. Kongres tersebut mendirikan Partai Komunis Tiongkok. Kongres tersebut diteruskan oleh Kongres Nasional Partai Komunis Tiongkok ke-2. Kongres tersebut dimulai di sebuah bangunan shikumen di wilayah Konkesi Prancis Shanghai (kini dekat Xintiandi di Distrik Huangpu). Pada awal Juni 1921, warga negara Belanda Henk Sneevliet, juga dikenal sebagai Ma Lin, seorang perwakilan Comintern, datang ke Shanghai, dan menyerukan agar seluruh kelompok Komunis di negara tersebut untuk berkumpul bersama pada pertemuan tingkat nasional. Perwakilan Comintern Rusia Nikolski [ru; de] juga menghadiri pertemuan tersebut. Pada masa itu, terdapat 57 anggota Partai Komunis Tiongkok.[1] Dua pendiri partai tersebut tak menghadiri kongres tersebut: Chen Duxiu dan Li Dazhao.

Pertemuan tersebut diakhiri karena digerebek kepolisian Konkesi Prancis pada 30 Juli. Para delegasi kemudian sepakat untuk memindahkan pertemuan tersebut ke sebuah perahu wisata yang disewa di Danau Selatan, Jiaxing. Kongres tersebut memilih Chen Duxiu sebagai Sekretaris (in absentia), Zhang Guotao sebagai Direktur Organisasi, dan Li Da sebagai Direktur Propaganda.[1]

Dari 13 perwakilan yang hadir di kongres tersebut pada 1921, hanya dua orang yang kemudian tampil di upacara proklamasi Republik Rakyat Tiongkok pada 28 tahun kemudian: Mao Zedong dan Dong Biwu. Yang lainnya menjadi korban perang pada dasawarsa-dasawarsa berikutnya atau keluar dari partai tersebut akibat suatu alasan atau lainnya (seperti didepak atau membelot).

Perwakilan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "中国共产党第一次全国代表大会简介". Communist Party of China.