Konfederasi Blackfoot

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Blackfoot, Niitsítapi, Siksikaitsitapi ᖹᐟᒧᐧᒣᑯ
Blackfoot - Bear Bull.jpg
Total populasi
32.000
Kawasan dengan populasi yang signifikan
Bendera Kanada Kanada
(Bendera Saskatchewan Saskatchewan, Bendera Alberta Alberta, Bendera British Columbia British Columbia (part))

Bendera Amerika Serikat Amerika Serikat
(Bendera Montana Montana, Bendera Wyoming Wyoming (sebagian) Bendera Idaho Idaho)
Bahasa
Inggris, Blackfoot
Agama
Kepercayaan tradisional, Tarian Matahari, Kekristenan

Konfederasi Blackfoot, Niitsitapi atau Siksikaitsitapi[1] adalah istilah yang mengacu kepada empat gerombolan yang merupakan bagian dari suku Blackfoot atau Blackfeet: tiga gerombolan di provinsi Saskatchewan, Alberta dan British Columbia, serta satu suku di Montana, Amerika Serikat. Gerombolan Siksika ("Blackfoot"), Kainai atau Kainah ("Darah"), dan Piegan Utara atau Peigan atau Piikani tinggal di Kanada, sementara suku Piegan Selatan/Blackfeet Piegan tinggal di Amerika Serikat.[2]

Sebelumnya anggota-anggota Konfederasi Blackfoot merupakan pemburu bison dan penangkan ikan trout yang hidup secara nomaden di kawasan Great Plains utara. Mereka mengikuti pergerakan kerumunan bison di wilayah Amerika Serikat dan Kanada hingga mencapai Sungai Bow. Pada pertengahan awal abad ke-18, mereka mulai memperoleh kuda dan senjata api dari pedagang kulit putih dan penengah dari suku Cree dan Assiniboine. Suku Blackfoot menggunakan teknologi baru ini untuk memperluas wilayah mereka.

Perburuan bison komersial oleh pemburu kulit putih pada abad ke-19 hampir memusnahkan kawanan bison dan mengubah kehidupan penduduk asli secara permanen di kawasan Great Plains, karena sumber makanan mereka tidak lagi berlimpah. Kemudian terjadilah kelaparan dan kemiskinan, dan suku Blackfoot terpaksa menjadi petani dan peternak yang bermukim di reservasi-reservasi secara permanen. Pada tahun 1870-an, mereka menandatangani perjanjian dengan Amerika Serikat dan Kanada yang menyerahkan sebagian besar wilayah mereka. Sebagai gantinya, mereka mendapat bantuan makanan dan obat-obatan serta diberi pelajaran bertani. Meskipun begitu, suku Blackfoot tetap berupaya untuk mempertahankan bahasa dan budaya tradisional mereka.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dempsey, Hugh A. "Blackfoot Confederacy". The Canadian Encyclopedia (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 22 July 2017. 
  2. ^ McNeel, Jack (April 6, 2017). "10 Things You Should Know about the Blackfeet Nation". Indian Country Media Network. Diakses tanggal 22 July 2017.