Kondisi BIKINI

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kondisi BIKINI adalah indikator keadaan siaga yang sebelumnya digunakan oleh Kementerian Pertahanan Inggris untuk memperingatkan bentuk-bentuk ancaman yang tidak spesifik, termasuk kerusuhan sipil, terorisme atau perang. Tanda-tanda yang memberikan status siaga saat ini dipajang di pintu masuk gedung-gedung pemerintah dan instalasi militer. Didirikan pada 19 Mei 1970. Menurut Kementerian Pertahanan, kata bikini dipilih secara acak oleh komputer.[1]

Meskipun mirip dengan DEFCON yang digunakan di Amerika Serikat, tingkat BIKINI ditentukan oleh bagian wilayah militer atau organisasi daripada di seluruh Inggris, dan akibatnya, tindakan pencegahan dan reaksi terhadap kondisi dapat sangat berbeda-berbeda. Tingkat kewaspadaan tertinggi, MERAH dan KUNING, hanya dimaksudkan untuk dipertahankan untuk waktu yang terbatas. Kondisi WHITE jarang digunakan, dan diketahui hanya digunakan untuk periode antara Perjanjian Jumat Agung dan 9 September 2001.

Sistem ini diilustrasikan dalam drama televisi Inggris Threads, yang diproduksi oleh BBC pada tahun 1984.[2]

Sistem ini digantikan oleh status waspada terorisme yang lebih umum dan publik, Tingkat Ancaman Britania Raya, sistem negara siaga yang digunakan oleh pemerintah Inggris sejak 1 Agustus 2006.

Status peringatan BIKINI[sunting | sunting sumber]

(paling serius di atas)

RED
Informasi telah diterima tentang serangan terhadap target tertentu. Itu juga bisa berarti "waspada merah", artinya Britannia Raya sedang berperang, terutama jika ada kemungkinan serangan nuklir.
AMBER
Ada informasi spesifik yang diterima dan ada ancaman substansial terhadap target pemerintah. Itu juga bisa berarti "waspada tinggi", yang bisa menjadi transisi ke perang.
BLACK SPECIAL
Ada kemungkinan peningkatan serangan, tetapi tidak ada target yang ditentukan. Ini juga bisa berarti "ancaman teroris potensial".
BLACK
Ada penilaian yang dibuat bahwa ada kemungkinan serangan, tetapi tidak ada target yang ditentukan. Ini juga bisa berarti "kemungkinan kerusuhan sipil", yang berarti keamanan tidak dapat dijamin.
WHITE
Tidak ada informasi yang tersedia tentang ancaman tertentu. Ini juga bisa berarti "situasi stabil"

Status peringatan NATO[sunting | sunting sumber]

Selain peringatan BIKINI yang diterapkan pada instalasi individu, NATO memiliki Sistem Peringatan Militer "Kontra Kejutan" untuk memobilisasi kekuatan militernya.

(Paling serius di atas)

SCARLER
Serangan musuh diprediksi dalam beberapa menit (peringatan mungkin dipicu oleh pesawat musuh yang menembus wilayah udara NATO). Senjata anti-pesawat diawaki. Pesawat menunggu perintah tempur.
ORANGE
Dipicu oleh laporan Intelijen yang menunjukkan bahwa musuh sedang bersiap untuk melancarkan serangan dalam waktu 36 jam. Pasukan NATO berada dalam kondisi kesiapan operasional yang tinggi. Jaringan komunikasi, War Headquarters dan C&R berawak. Pasukan disebarkan dan dipindahkan ke lokasi operasional.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Thompson, Christopher (2005-02-07). "Bikini Alert". New Statesman. Diakses tanggal 2017-04-02. 
  2. ^ Barry Hines. "Threads". YouTube. BBC. Diakses tanggal 9 June 2013. Templat:Dead Youtube links