Kondenser sinkron

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search


Kondenser sinkron

Dalam sistem tenaga listrik, kondenser sinkron (sering juga disebut kapasitor sinkron atau kompensator sinkron) adalah sebuah alat yang identik dengan motor sinkron, dimana porosnya tidak tersambung ke apa-apa melainkan berputar bebas. Tujuannya bukan untuk mengkonversi daya elektrik ke daya mekanik atau sebaliknya, tetapi untuk mengatur kondisi grid transmisi tenaga listrik. Medannya dikendalikan oleh regulator tegangan baik untuk membangkitkan maupun untuk menyerap daya reaktif sesuai dengan yang dibutuhkan untuk mengatur tegangan grid, atau untuk meningkatkan faktor daya. Pemasangan dan operasi kondenser adalah identik terhadap motor dan generator listrik berdaya besar.

Meningkatkan eksitasi medan alat ini menjadikan ia sumber daya reaktif (var) ke sistem. Keunggulan mendasarnya adalah mudahnya dalam hal besarnya koreksi yang bisa diatur. Energi kinetik yang tersimpan di rotor mesin bisa membantu menstabilisasi sistem tenaga selama hubung singkat atau beban fluktuatif yang cepat seperti kompor busur listrik. Pemasangan kondenser sinkron biasanya terkait dengan stasiun konverter HVDC untuk mensuplai daya reaktif ke grid AC.

Tidak seperti bank kapasitor, besarnya daya reaktif dari kondenser sinkron bisa diatur secara kontinu. Daya reaktif dari bank kapasitor turun ketika tegangan grid turun, sementara kondenser sinkron bisa menaikkan arus reaktif ketika tegangan menurun. Akan tetapi, mesin sinkron memiliki rugi-rugi energi yang lebih besar dibanding bank kapasitor statis. Kebanyakan kondenser sinkron terhubung ke grid listrik memiliki rating antara 20MVAr (megavar) dan 200MVAr dan kebanyakan mereka adalah berpendingin hidrogen. Tidak ada risiko ledakan selama konsentrasi hidrogen dijaga di atas 70%, tipikalnya di atas 91%.