Komunikasi resmi Kekaisaran Tiongkok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Titah Kekaisaran Kaisar Gaozong kepada Jenderal Yue Fei, Dinasti Song (Museum Istana Nasional)

Kekaisaran Tiongkok, yang berlangsung dari 221 SM hingga 1912 M, membutuhkan bentuk dan sarana komunikasi yang dapat diprediksi. Dokumen mengalir dari Kaisar ke pejabat, dari pejabat ke Kaisar, dari satu bagian birokrasi ke bagian lain, dan dari Kaisar atau pejabatnya ke rakyat. Dokumen-dokumen ini, terutama peringatan takhta, disimpan dalam koleksi yang menjadi lebih banyak dengan setiap dinasti yang lewat dan membuat catatan sejarah Tiongkok sangat kaya.

Artikel ini secara singkat menjelaskan bentuk dan jenis utama komunikasi kepada dan dari kaisar.

Dekrit, perintah, dan proklamasi kepada rakyat[sunting | sunting sumber]

Di bawah hukum Tiongkok, dekrit kaisar memiliki kekuatan hukum. Pada saat dinasti Han menetapkan pola dasar birokrasi, dekrit atau perintah dapat dikeluarkan baik oleh kaisar atau atas nama kaisar oleh pejabat atau unit pemerintah yang tepat. Dekrit penting diukir di loh batu untuk inspeksi publik. Seorang sarjana modern menghitung lebih dari 175 istilah berbeda untuk perintah dari atas ke bawah, perintah, dekrit, dan semacamnya.[1]

Dekrit membentuk kategori penulisan prosa yang diakui. Cendekiawan Dinasti Qing Yao Nai memberi peringkat "Dekrit dan Perintah" (Zhao-ling) sebagai salah satu dari tiga belas kategori penulisan prosa, mengutip prototipe yang berasal dari dinasti Zhou dan Kitab Sejarah. Dekrit dinasti Han, terkadang benar-benar ditulis oleh pejabat tinggi atas nama kaisar, dikenal karena kualitas sastranya. Pada dinasti-dinasti berikutnya, baik kaisar maupun pejabat yang menulis atas nama kaisar menerbitkan kumpulan maklumat.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Kutipan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Endymion Wilkinson. Chinese History: A Manual. (Cambridge, Massachusetts: Harvard University Press, Harvard-Yenching Institute Monograph Series Rev. and enl., 2000. ISBN 0674002474), pp. 532-533.
  2. ^ William H. Nienhauser. The Indiana Companion to Traditional Chinese Literature. (Bloomington: Indiana University Press, 1986), p. 96-97.

Sumber-sumber[sunting | sunting sumber]

  • Ch. 20 "Official Communications," in Endymion Wilkinson. Chinese History: A New Manual. (Cambridge, Massachusetts: Harvard University Asia Center, Harvard-Yenching Institute Monograph Series. New Edition; Second, Revised printing March 2013; ISBN 9780674067158, pp. 280–285.
  • Silas H. L. Wu. Communication and Imperial Control in China: Evolution of the Palace Memorial System, 1693-1735. (Cambridge, Massachusetts: Harvard University Press; Harvard East Asian Series, 1970). ISBN 0674148010.