Komite Sentral Partai Komunis Uni Soviet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Komite Sentral
Partai Komunis Uni Soviet

Центральный комитет КПСС

Tsentralniy Komitet KPSS
Coat of arms or logo
Jenis
Jenis
Komite Sentral
dari Partai Komunis Uni Soviet
Pimpinan
Pemimpin
Dipilih oleh
Bertanggung jawab kepada
Kongres Partai Komunis
Bertanggung jawab atas
AnggotaBervariasi
Tempat bersidang
Lapangan Staraya, Moskwa, RSFS Rusia
L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Komite Sentral Partai Komunis Uni Soviet (bahasa Rusia: Центральный комитет Коммунистической партии Советского Союза, Tsentralniy komitet Kommunisticheskoy partii Sovetskogo Soyuza; disingkat ЦК КПСС, TsK KPSS), sering disebut "Tse-ka" saja oleh masyarakat Soviet, secara de jure merupakan badan tertinggi dalam struktur organisasi Partai Komunis Uni Soviet. Menurut peraturan partai, Komite Sentral memimpin semua aktivitas partai dan pemerintah di antara tiap-tiap masa sidang Kongres Partai Komunis.[1] Anggota komite ini dipilih oleh delegasi kongres dalam suatu sidang.[2]

Pada masa kepemimpinan Vladimir Lenin, komite sentral berfungsi sebagai otoritas tertinggi Partai Komunis di antara tiap-tiap masa sidang.[3] Akan tetapi, Kongres PKR(B) VIII pada tahun 1919 memutuskan membentuk Politbiro untuk mengatasi masalah yang memerlukan penanganan cepat. Beberapa delegasi kongres menyatakan keberatan sehingga akhirnya diputuskan Politbiro bertanggung jawab kepada Komite Sentral dan anggota Komite Pusat boleh mengikuti sidang Politbiro dengan hak suara konsultatif, tetapi tidak memiliki hak voting, kecuali jika merangkap sebagai anggota Politbiro. Setelah Lenin wafat pada tahun 1924, Josef Stalin mendapatkan kekuasaan di Partai Komunis melalui jabatannya sebagai Sekretaris Jenderal Komite Sentral, sekretaris utama dalam Sekretariat Komite Pusat. Dengan berkuasanya Stalin, peran Komite Sentral dibayang-bayangi oleh Politbiro yang terdiri atas sekelompok kecil pendukung setianya.

Sepeninggal Stalin pada tahun 1953, Komite Sentral menjadi sekadar badan simbolis yang bertanggung jawab kepada Politbiro, bukan lagi sebaliknya. Kematian Stalin menghidupkan kembali Komite Sentral sebagai badan penting dalam proses pemerolehan kekuasaan. Pasca-berkuasanya Khrushchev, Komite Sentral masih memegang peranan penting dengan membatalkan keputusan Politbiro untuk melengserkan Khrushchev dari jabatannya pada tahun 1957. Akan tetapi, Komite Sentral jugalah yang melengserkan Khrushchev pada tahun 1964 dan memilih Leonid Brezhnev sebagai penggantinya. Komite Sentral menjadi badan penting pada masa-masa awal pemerintahan Brezhnev, tetapi akhirnya kalah dengan Politbiro. Sejak saat itu hingga Gorbachev memegang tampuk pimpinan, Komite Sentral hanya sedikit berperan dalam menjalankan partai dan negara karena telah digantikan oleh Politbiro sebagai badan politik tertinggi di Uni Soviet.

Referensi[sunting | sunting sumber]