Komite Senat Blue Ribbon Filipina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Komite Akuntabilitas Pejabat Publik dan Investigasi Senat Filipina, atau lebih dikenal sebagai Komite Blue Ribbon, adalah komite Senat yang bertugas untuk menyelidiki dugaan penyelewengan oleh pemerintah, pejabat, dan lembaga, termasuk BUMN dan perusahaan yang dikendalikan pemerintah, yang tujuan utamanya adalah menyarankan undang-undang baru, atau mengusulkan amendemen hukum yang ada.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Perwakilan provinsi Cavite, Justiniano Montano dari Partai Liberal, yang berhasil masuk tiket pemilihan Senat 1949 liberal, mendukung Jose T. Cajulis dari Partai Nacionalista dalam pemilihan umum untuk kursi dewan Perwakilan rakyat. Ketika kandidat liberal mengalahkan Cajulis dengan mudah, Montano menang dalam pemilihan Senat, ia membentuk sebuah kelompok yang disebut "The Little Senat" dengan berpikiran Liberal senator dan mulai menyerang kepresidenan Elpidio Quirino (yang juga dari Partai Liberal). Montano kemudian menciptakan Komite Blue Ribbon, yang mengambil nama dari Komite Blue Ribbon Amerika Serikat, yang bertugas untuk menyelidiki dugaan penyimpangan eksekutif .[1]

Setelah itu, Komite Blue Ribbon telah menjadi yang paling kuat dalam komite Kongres, menyelidiki dugaan pelanggaran pidana oleh pejabat pemerintah dalam dana bantuan untuk undang-undang. Namun, komite tidak bisa memenjarakan saksi dan narasumber, kecuali dalam kasus-kasus penghinaan Kongres.

Namun, Senat telah mengadopsi aturan-aturan untuk membatasi penyalahgunaan atas kewenangan ini. Hal ini termasuk bahwa semua penyelidikan harus yang merupakan "dana bantuan untuk undang-undang", hak terhadap memberatkan diri tidak boleh dilanggar, hak untuk didampingi penasihat harus dihormati, aturan prosedur yang harus diterbitkan dan orang yang bersangkutan harus diberitahu tentang aturan-aturan, dan penyelidikan wajib melayani untuk tidak membesarkan kepribadian anggota.[2]

Keanggotaan[sunting | sunting sumber]

Seperti komite yang lain, komite Senat memilih anggota Komite Blue Ribbon. Ketua komite telah menjadi salah satu yang paling diincar di Senat, selain dari Senat Presiden.

Anggota saat ini[sunting | sunting sumber]

Anggota per 25 juli 2016:[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]