Komisi Telekomunikasi Nasional (Filipina)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Komisi Telekomunikasi Nasional Filipina
National Telecommunications Commission
Pambansang Komisyon sa Telekomunikasyon
Informasi lembaga
Dibentuk23 Juli 1979
Kantor pusatJalan BIR, East Triangle, Diliman, Kota Quezon
Pejabat eksekutif
  • Gamaliel Cordoba, Komisaris
  • Delilah F. Deles, Wakil Komisaris
  • Edgardo V. Cabarios, Wakil Komisaris
Lembaga indukDepartemen Teknologi Informasi dan Komunikasi
Situs webwww.ntc.gov.ph

Komisi Telekomunikasi Nasional Filipina (Bahasa Inggris: National Telecommunications Commission; Filipina: Pambansáng Komisyón sa Telekomunikasyón) disingkat NTC, adalah agen terlampir dari Departemen Teknologi Informasi dan Komunikasi yang bertanggung jawab atas pengawasan, pengamanan, dan kontrol atas semua layanan telekomunikasi di seluruh Filipina.[1]

Komisi Telekomunikasi Nasional Filipina saat ini dipimpin oleh Komisaris Gamaliel Cordoba, yang menjabat pada Agustus 2009, dan melayani dalam tiga administrasi mantan presiden Gloria Macapagal Arroyo dan Benigno Aquino III, dan Presiden petahana Rodrigo Duterte.[2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Komisi Telekomunikasi Nasional Filipina dibentuk berdasarkan Perintah Eksekutif No. 546 yang diundangkan pada 23 Juli 1979, dan berunding dengan fungsi pengaturan dan kuasi-yudisial yang diambil alih dari Dewan Komunikasi dan Biro Pengendalian Telekomunikasi, yang dihapuskan dalam pesanan yang sama.

Terutama, Komisi Telekomunikasi Nasional Filipina adalah satu-satunya badan yang menjalankan yurisdiksi atas pengawasan, pengamanan, dan kontrol atas semua layanan telekomunikasi di seluruh Filipina. Untuk penegakan yang efektif dari tanggung jawab ini, ia mengadopsi dan mempromosikan pedoman, aturan, dan peraturan tersebut relatif terhadap operasi pendirian dan pemeliharaan berbagai fasilitas dan layanan telekomunikasi nasional.

Meskipun independen sejauh menyangkut fungsi pengaturan dan kuasi-yudisial terkait, Komisi Telekomunikasi Nasional Filipina tetap di bawah pengawasan administratif Departemen Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai agen terlampir. Namun, sehubungan dengan fungsi kuasi-yudisialnya, keputusan Komisi Telekomunikasi Nasional Filipina hanya dapat diajukan banding dan langsung ke Mahkamah Agung Filipina.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ranada, Pia (July 14, 2016). "Duterte retains Arroyo appointee Cordoba as NTC chief". Rappler. Diakses tanggal July 14, 2016. 
  2. ^ "PH Internet slowest in Asean". 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]