Komando Distrik Militer 1514

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Komando Distrik Militer 1514/Morotai
Lambang Korem 152/Baabullah
Dibentuk22 November 2022
Negara Indonesia
Aliansi Korem 152/Baabullah
Cabang Kodam XVI/Pattimura
Tipe unitKomando Distrik Militer
Peran Satuan Teritorial
Bagian dari TNI Angkatan Darat
Markas Kabupaten Pulau Morotai
JulukanKodim 1514/Morotai
Pelindung Tentara Nasional Indonesia
MotoJadilah Inspirasi Bagi Orang Lain
Baret H I J A U 
Ulang tahun22 November
Situs webKodim 1514/Morotai
Tokoh
Komandan saat iniLetkol Arh Masykur Akmal, S.T., M.T.

Komando Distrik Militer 1514/Morotai merupakan satuan kewilayahan yang berada dibawah komando Korem 152/Baabullah. Kodim 1514/Morotai memiliki wilayah teritorial yang meliputi Kabupaten Pulau Morotai. Kodim 1514/Morotai diresmikan padaa tahun 2022 oleh Wakasad, Letjen TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si. dan untuk jajaran Kodam XVI/Pattimura, Wakasad meresmikan Kodim 1513/Seram Bagian Barat serta Kodim 1514/Morotai.[1] Markas Kodim 1514/Morotai berada di Desa Muhajirin Baru, Kecamatan Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai.

Setelah resmi dilantik sebagai Dandim 1514/Morotai, Letkol Inf Harriyanto Hendrik S.E. langsung melakukan perkenalan dengan masyarakat dan Forkopimda di Kabupaten Pulau Morotai, Rabu (23/11/2022)

Kegiatan tersebut dihadiri Danrem 152/Baabullah Brigjen TNI Novi Rubadi Sugiro, S.I.P., M.Si, Pj. Bupati Morotai M. Umar Ali, Dandim 1508/Tobelo Letkol Inf Davit Sutrisno Sirait,S.E, Kajari Morotai Sobeng Suradal, Kapolres Morotai diwakili oleh Kompol Syamsul Alam (Wakapolres), Sekda Morotai Refi Dara, Kepala Bandara Pitu Morotai Suroso, Danramil Daruba Mayor Inf I Putu Artanajaya, Danlanal Morotai diwakili Pasintel Kapten Laut (T) Dedy Harijanto, Danlanud Leo Wattimena diwakili Kadislog Mayor Kal Yusro Sukri, Hi Musanif Sibua (Kemenag), para Perwira Staf Kodim 1514 Morotai.

Dalam kesempatan tersebut, Danrem 152/Baabullah Brigjen TNI Novi Rubadi Sugiro, S.I.P., M.Si. mengatakan, sebelumnya telah menyaksikan secara nasional peresmian satuan baru jajaran TNI-AD, dan di wilayah Kodam XVI/Pattimura sendiri ada dua satuan baru yang diresmikan yaitu di Kabupaten Seram Bagian Barat Kodim 1513/SBB dan di Pulau Morotai Morotai Kodim 1514/Morotai. “Kodim merupakan Komando kewilayahan yang bertugas untuk menyiapkan ruang, alat dan kondisi sesuai SISHANKAM RATA. Selain itu Kodim merupakan satuan yang berperan sebagai unsur kelengkapan Forkopimda yang membantu Pemda untuk mempercepat dan mendukung proses pembangunan dari aspek pertahanan keamanan,” katanya.

Menurut Danrem, diresmikannya Kodim 1514/Morotai merupakan langkah awal TNI AD yang tentunya masih membutuhkan persiapan personil dan materil, tetapi dengan kerjasama yang baik saya yakin semuanya dapat diatasi.” dalam kesempatan ini saya atas nama pimpinan TNI menyampaikan banyak terima kasih kepada Pemda Morotai yang telah menyediakan ruang dan mendukung pembagunan Kodim Morotai, alhamdulilah sudah bisa ditempati oleh personil.” ujarnya.

Selain itu juga Danrem menyampaikan ucapan apresiasi kepada unsur TNI AL dan TNI AU yang sudah mendukung Pemda dalam melaksanakan pembangunan Kodim di Pulau Morotai, “kami juga menyerahkan pejabat Dandim Morotai yang harapannya dapat diterima oleh segenap warga Morotai, muda-mudahan keberadaan Dandim dapat membantu program pembangunan oleh Pemda Morotai,” ujarnya.

Sementara, Pj. Bupati Morotai M. Umar Ali dalam sambutannya mengatakan, Pemda dan masyarakat Morotai mengucapkan banyak terimakasih karena yang di tunggu-tunggu selama ini yaitu pembentukan Kodim Morotai sudah terlaksanakan dan di Morotai sudah lengkap semua unsur TNI dan Polri, atas nama Pemda mengucapkan terimakasih kepada pimpinan TNI yang telah mempercayakan pembangunan satuan TNI di Morotai. “Kehadiran Kodim di Morotai merupakan salah satu Rahmat Tuhan, harapannya kita lebih solid dalam membangun Kab. Pulau Morotai,” katanya.

Sedangkan Dandim 1514/Morotai Letkol Inf Harriyanto Hendrik S.E. mengucapkan terimakasih atas sambutannya di Morotai. Karena sebelum berdinas di Kodam XVI/Pattimura, ia juga pernah berdinas di Surabaya dan Papua.

“Selain menjabat sebagai Dandim 1514/Morotai, Kami juga masih menjabat sebagai Danyonif 732/Banau. Morotai sudah kami kenal sejak masa kecil dengan besi putihnya yang menjadi oleh-oleh ciri khas Morotai,” katanya.

“Jabatan saya merupakan kehormatan yang harus saya laksanakan dengan sebaik-sebaiknya, kami juga mohon dukungan dan sinergitas dari Pemda dan rekan-rekan semua untuk kemajuan Kab. Pulau Morotai,” sambungnya.

Hal yang sama juga dikatakan Dandim 1508/Tobelo Letkol Inf Davit Sutrisno Sirait, S.E. bahwa sejak bertugas sebagai Dandim 1508/Tobelo yang membawahi Kabupaten Halmahera Utara dan Pulau Morota berjalan selama 5 bulan dan sudah tiba waktunya diberikan tugas dan wewenang jabatan kepada Letkol Inf Harriyanto Hendrik S.E. sebagai Dandim/1514 Morotai.

”Saya mengucapkan terima kasih kepada Pj. Bupati, rekan-rekan prajurit, dan Persit, karena kami sangat terbantu dengan kegiatan yang ada disini. Kami bersyukur karena Kodim 1514/Morotai sudah diresmikan, mohon maaf selama ini kami masih kurang aktif di Morotai karena berbagai kendala,” ungkapnya.

Daftar Komandan[sunting | sunting sumber]

  1. Letkol Inf Harriyanto Hendrik, S.E. (2022–2023)
  2. Letkol Arh Masykur Akmal, S.T., M.T. (2023-Sekarang)

Koramil Jajaran[sunting | sunting sumber]

  1. Koramil 1514-01/Daruba
  2. Koramil 1514-02/Bere-Bere
  3. Koramil 1514-03/Wayabula

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ redaksi10 (2022-11-23). "Kodim 1513/SBB dan Kodim 1514/Morotai Diresmikan Wakasad". Spektrum. Diakses tanggal 2022-12-22.