Komando Armada I

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Komando Armada I
Lambang Koarmada I
Aktif30 Maret 1985
NegaraIndonesia Indonesia
CabangKorps Pelaut
Tipe unitSatuan Komando Armada
PeranPasukan Keamanan Laut
Bagian dariKomando Armada RI
MarkasKota Tanjungpinang Kepulauan Riau
MotoGhora Wira Madya Jala
Baret BIRU LAUT 
Situs webkoarmada1.tnial.mil.id
Tokoh
PanglimaLaksamana Muda TNI Yoos Suryono Hadi
Kepala StafLaksamana Pertama TNI Haris Bima Bayuseto
InspekturLaksamana Pertama TNI Sunarto
Kepala Kelompok Staf AhliLaksamana Pertama TNI Buddy Suseto

Komando Armada I (disingkat Koarmada I) adalah salah satu Komando Utama di bawah jajaran Komando Armada RI dan mencakup wilayah laut indonesia bagian barat.

Komando Armada I (Kormada I) sebelumnya bermarkas di Jakarta dan sekarang resmi pindah ke Kota Tanjungpinang Kepulauan Riau.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan Surat Keputusan Pangab Nomor : SKEP/171/III/1985 tanggal 30 Maret 1985, Armada RI dibagi manjadi dua kawasan wilayah kerja yaitu Armada RI Kawasan Barat dan Armada RI Kawasan Timur. Selanjutnya berdasarkan surat keputusan kasal No. Skep/4033/XI/1987 tanggal 17 November 1987, bahwa hari lahirnya Armada RI ditetapkan pada tanggal 5 Desember, dan selanjutnya disebut sebagai Hari Armada RI.

Pada tanggal 11 Mei 2018 Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meresmikan empat kesatuan baru, di antaranya Divisi Infanteri 3/Kostrad, Komando Armada III (Koarmada III), Pasukan Marinir 3 dan Komando Operasi Angkatan Udara III (Koopsau III). Dan pergantian nama satuan Komando Armada RI Wilayah Barat Menjadi Komando Armada I, Komando Armada RI Wilayah Timur Menjadi Komando Armada II. Penambahan dan perubahan nama kesatuan itu merupakan bagian dari rencana TNI yang telah tertuang dalam Peraturan Presiden Nomer 10 Tahun 2010 dan Peraturan Presiden Nomer 62 Tahun 2016 serta Program 100 hari kerja Panglima TNI. Perubahan nama Koarmabar menjadi Koarmada I sesuai dengan Peraturan Kasal Nomor 18 tahun 2018 tentang Perubahan Nama Komando Armada RI Kawasan dan Pasukan Marinir.[1][2][3]

Panglima[sunting | sunting sumber]

Saat ini, Komando Armada I di pimpin oleh seorang Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) yang berpangkat Laksamana Muda. Saat ini jabatan Pangkoarmada diduduki oleh Laksda TNI Yoos Suryono Hadi, M.Tr.(Han)., M.Tr.Opsla., CHRMP.

Pangkalan[sunting | sunting sumber]

Koarmada I membawahi lima Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) yang meliputi:

Satuan[sunting | sunting sumber]

Satuan Operasi[sunting | sunting sumber]

Satuan Pelaksana[sunting | sunting sumber]

Armada[sunting | sunting sumber]

Beberapa kapal yang tergabung ke dalam armada barat adalah:

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ ""Panglima TNI Resmikan Empat Satuan Baru"". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-05-12. Diakses tanggal 2018-05-13. 
  2. ^ "Panglima TNI Resmikan Divisi Infanteri 3/Kostrad"". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-05-11. Diakses tanggal 2018-05-13. 
  3. ^ ""Empat Satuan Baru TNI Jadi Garda Terdepan"". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-05-11. Diakses tanggal 2018-05-13. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]