Kolonisasi objek trans-Neptunus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konsep Seniman mengenai Awan Oort dan Sabuk Kuiper.

Kolonisasi objek trans-neptunus pertama kali di usulkan oleh fisikawan Freeman Dyson. Ia mengusulkan objek trans-neptunus sebagai habitat potensial di luar angkasa. Beberapa ratus miliar hingga triliun benda mirip es komet ada di luar orbit Neptunus, di Sabuk Kuiper dan awan Oort Bagian Dalam dan Luar. Ini mungkin mengandung semua bahan untuk kehidupan (es air, amonia, dan senyawa kaya karbon), termasuk sejumlah besar deuterium dan helium-3. Sejak proposal Dyson, jumlah objek trans-Neptunus yang dikenal telah meningkat pesat.

Para penguasa bisa hidup di kerak atau mantel es di objek tersebut, menggunakan fusi atau panas geotermal dan menambang es lunak atau laut dalam yang cair untuk bahan volatil dan mineral. Mengingat gravitasi ringan dan menghasilkan tekanan yang lebih rendah di mantel es atau laut dalam, menjajah permukaan luar inti berbatu dapat memberi koloni jumlah terbesar sumber daya mineral dan volatil serta mengisolasi mereka dari dingin. Habitat permukaan atau kubah adalah kemungkinan lain, karena tingkat radiasi latar cenderung rendah.

Penjajah dari tubuh semacam itu juga dapat membangun habitat yang berputar atau hidup di ruang gali dan menyalakannya dengan reaktor fusi selama ribuan hingga jutaan tahun sebelum melanjutkan.[1] Dyson dan Carl Sagan membayangkan bahwa umat manusia dapat bermigrasi ke sistem bintang di sekitarnya, yang memiliki awan yang sama, dengan menggunakan benda-benda alami sebagai kapal antarbintang yang lambat dengan sumber daya alam yang besar; dan bahwa koloni antarbintang seperti itu juga bisa berfungsi sebagai stasiun jalan untuk kapal antarbintang yang lebih cepat dan lebih kecil. Sebagai alternatif, Richard Terra telah mengusulkan untuk menggunakan bahan-bahan dari objek Awan Oort untuk membangun array pengumpul cahaya bintang yang luas untuk habitat tenaga, sehingga membuat komunitas cloud-Oort pada dasarnya independen dari bintang pusatnya dan pasokan bahan bakar fusi.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Stoker, Carol (1995-11). "Review of Pale Blue Dot, by Carl Sagan". Icarus. 118 (1): 219–220. doi:10.1006/icar.1995.1188. ISSN 0019-1035. 
  2. ^ Ponisio, Lauren (2018-07-23). "Sky Islands Collection 2018 v1 (protocols.io.rwvd7e6)". protocols.io. Diakses tanggal 2020-07-16.