Kolonel (Britania Raya)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kolonel
Negara Britania Raya
Cabang angkatan Angkatan Darat Britania Raya
Marinir Kerajaan
SingkatanCol
Pangkat NATOOF-5
PembentukanPertengahan abad ke-16
Pangkat atasanBrigadir
Pangkat bawahanLetnan kolonel
Pangkat setara

Kolonel atau dalam bahasa Inggris Colonel (Col) adalah pangkat dalam Angkatan Darat Britania Raya dan Marinir Kerajaan, satu tingkat di atas Letnan kolonel dan satu tingkat di bawah Brigadir. Kolonel Inggris biasanya bukan sebagai komandan lapangan, mereka umumnya berfungsi sebagai staf perwira antara komando lapangan batalyon dengan tingkat brigade.

Lambang pangkat kolonel adalah mahkota dengan dua "Bintang Bath" di bawahnya. Mahkota yang digunakan bervariasi, tergantung raja atau ratu yang berkuasa. Saat ini, di masa Ratu Elizabeth II, menggunakan Mahkota St. Edward. Pangkat ini setara dengan pangkat Kapten Angkatan Laut Britania Raya dan Kapten grup RAF.

RAF, sejak 1 April 1918 hingga 31 Juli 1919, masih menggunakan pangkat Kolonel. Selama periode ini, Grup dipimpin oleh seorang Kolonel RAF. Pangkat Kolonel RAF diubah menjadi Kapten grup pada 1 Agustus 1919.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Pangkat kolonel dipopulerkan oleh tercio, unit militer Angkatan Darat Spanyol di abad ke-16 dan ke-17. Jenderal Gonzalo Fernández de Córdoba membagi pasukannya menjadi coronelías (artinya "kolom tentara" dari bahasa Latin, columnella atau "kolom kecil"[1]). Unit-unit ini dipimpin oleh seorang coronel.[2] Struktur komando dan pangkatnya segera diadopsi menjadi "colonello" di awal zaman Italia modern dan dalam bahasa Prancis Tengah disebut "coronel".

Nama pangkat ini kemudian diserap ke dalam bahasa Inggris dari bahasa Prancis pada pertengahan abad ke-16, sehingga pengucapan pangkat ini dalam bahasa Inggris modern:ˈkɜːrnəl, yang berasal dari varian bahasa Prancis.[3]

Selama Perang Dunia I, Kolonel Britania Raya mengenakan lencana manset:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ O.E.D.
  2. ^ Los tercios españoles. La batalla de Pavía at militar.org.ua (in Spanish, unspecified authorship)
  3. ^ "How Did "Colonel" Become "Ker-nul"? - Teachinghistory.org". teachinghistory.org. Diakses tanggal 26 March 2018.