Koktail buah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Revisi per 15 April 2013 08.27 oleh Addbot (bicara | kontrib) (Bot: Migrasi 17 pranala interwiki, karena telah disediakan oleh Wikidata pada item d:q152834)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Koktail buah

Koktail buah atau koktil adalah makanan yang dibuat dari potongan buah dan sirup, dan disajikan dingin. Walaupun namanya mirip dengan minuman beralkohol yang disebut "koktail", koktail buah sama sekali tidak dicampur atau mengandung alkohol.

Selain koktail buah dalam kaleng, koktil bisa dibuat sendiri dari buah segar yang dipotong-potong dan diberi air gula. Selain air gula, koktil buah kadang-kadang dibuat dengan tambahan susu kental manis, santan, atau minuman karbonasi seperti Sprite. Koktail buah juga bisa dipakai untuk membuat puding, pai, dan campuran minuman es lainnya.

Menurut Standar Nasional Indonesia untuk buah-buahan dalam kaleng, koktail buah dalam kaleng dibuat dari campuran tiga jenis buah atau lebih. Koktail buah dalam kaleng dibagi menjadi koktail buah subtropis (persik, pir, nenas, anggur, ceri) dan koktail buah tropis (pepaya atau nenas).[1]

Lihat pula

Referensi