Kode penggolongan siaran di Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dalam Pasal 14 Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) memberlakukan suatu penggolongan program siaran menurut usia pemirsa.[1] Sebenarnya sudah sejak lama lembaga penyiaran wajib memberikan kode penggolongan program siaran menurut batasan usia. Anak-anak yang berusia di bawah 18 tahun tidak diperbolehkan menonton tayangan dewasa, karena dapat mempengaruhi perkembangan anak. Di bawah ini kode penggolongan program siaran yang saat ini berlaku menurut KPI.[2]

Simbol Singkatan Keterangan
SU2+ Semua umur Tayangan ini dapat disaksikan oleh semua umur, namun hanya boleh disaksikan oleh anak-anak berusia di atas 2 tahun.
BO Bimbingan orang tua Tayangan ini mengharuskan adanya bimbingan orang tua, karena konten-konten yang terdapat dalam tayangan ini ada yang kurang sesuai untuk anak berusia di bawah 18 tahun.
A7+ Anak-anak Tayangan ini dapat disaksikan oleh anak berusia 7-12 tahun (dikombinasi sebagai A-BO apabila mengharuskan adanya bimbingan orang tua).
R13+ Remaja Tayangan ini dapat disaksikan oleh anak berusia 13-17 tahun (dikombinasi sebagai R-BO apabila mengharuskan adanya bimbingan orang tua).
D18+ Dewasa Tayangan ini tidak diperbolehkan untuk anak-anak dan remaja, hanya boleh disaksikan oleh pemirsa berusia 18 tahun ke atas. Biasanya acara-acara dewasa ditayangkan pada pukul 22.00 hingga 03.00 waktu setempat.

Referensi[sunting | sunting sumber]