Hai, Miiko!

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kocchi Muite! Miiko)
Hai, Miiko!
Gambar sampul manga Hai, Miiko! volume pertama yang diterbitkan oleh Shogakukan
こっちむいて!みい子
(Kocchi Muite! Miiko)
GenreKomedi
Manga
PengarangEriko Ono
PenerbitShogakukan
Penerbit bahasa IndonesiaM&C!
MajalahCiao
DemografiShōjo
Terbit1995-
Volume36 (37 in progress)
Seri anime
SutradaraTakao Yoshizawa
StudioToei Animation
Saluran
asli
TV Asahi
Tayang 14 Februari 1998 6 Februari 1999
Episode42
 Portal anime dan manga

Kocchi Muite! Miiko (Jepang: こっちむいて!みい子, terj. har. "Lihat Kemari, Miiko!"), yang diterbitkan di Indonesia dengan judul Hai, Miiko!, adalah sebuah seri manga shōjo bergenre komedi karya Eriko Ono. Manga ini telah dimuat dalam majalah Ciao terbitan Shogakukan sejak tahun 1995 dan telah dibundel menjadi 33 volume tankōbon. Manga ini merupakan sekuel dari seri pendahulunya, Miiko desu! (みい子です!, "I'm Miiko!"),[1] dan menggambarkan kehidupan seorang anak perempuan kelas empat yang energik dan ceria bernama Miiko di rumah dan sekolahnya.

Kocchi Muite! Miiko telah diadaptasi menjadi seri anime berjumlah 42 episode yang diproduksi oleh Toei Animation, dan ditayangkan pada saluran TV Asahi sejak tanggal 14 Februari 1998 hingga 6 Februari 1999, sebagai bagian dari seri anime Anime Syuukan DX! Mi-Pha-Pu.

Karakter Utama[sunting | sunting sumber]

  • Yamada Miiko (山田 みい子 Yamada Miiko) adalah pemeran utama di komik ini. Tingginya 122 cm. Dia lahir tanggal 5 Mei di Tokyo. Miiko kini duduk di kelas 6-3 SD Suginoki. Miiko adalah anak yang energik dan supel. Sifatnya yang polos membuat ia tidak pernah sadar kalau Tappei dan Yoshida menyukainya. Sepertinya Miiko menyukai Tappei. Dimasa depan ia terlihat menjadi guru di tempat penitipan anak dan berpacaran dengan Tappei. Nama Inggrisnya adalah Michelle Yocelyn.
  • Eguchi Tappei adalah teman sekelas Miiko. Ia termasuk anak yang tinggi di kelasnya (154 cm). Ia agak kasar, tetapi sebetulnya baik hati tetapi tak pernah bisa bicara dengan tulus. Tappei termasuk anak yang disukai cewek-cewek di kelasnya, termasuk Miho. Tappei termasuk anak yang atletis, ia sering tampak bermain baseball dan sepak bola. Idolanya dalam baseball adalah Tochiro. Ia juga tertarik menjadi fotografer. Sahabat dekatnya adalah Kenta. Ia adalah teman Miiko sejak masih kecil. Disalah satu cerita, Tappei tampak akan menjadi pacar Miiko pada masa depan. Punya kucing yang dinamai Miko. Nama Inggrisnya adalah Trevor Eggleson.
  • Shimura Mari adalah sahabat Miiko dan Yukko, ia lebih tinggi 8 cm dari Miiko tetapi ia lebih gemuk. Keras kepala, tak mau kalah, ngomongnya blak-blakan tetapi setia kawan. Mari mempunyai kepribadian yang teguh pendirian. Mari bercita-cita menjadi komikus. Ia sering mengikuti kelas komik, kelas paling tingginya adalah kelas B yang bercerita tentang kisah cinta calon komikus dan penjaga toko. Mari adalah anak bungsu dari 3 bersaudara yang semuanya perempuan. Suka mengikuti pakaian yang dipakai kakaknya. Nama Inggrisnya adalah Marie Selena. Ia lahir tanggal 1 Agustus.
  • Ogawa Yuuko (nama panggilan Yukko) adalah sahabat Miiko dan Mari. Yukko baik, pintar, pendiam, sabar, penuh perhatian, terkadang ia sedikit sensitif. Yukko termasuk anak yang dewasa bagi gadis seumurnya sehingga banyak disukai anak laki-laki. Ia terampil membuat kerajinan tangan dan pintar memasak. Yukko berpacaran dengan Kenta. Nama Inggrisnya adalah Yvonne Olivia. Ia lahir tanggal 14 Maret.
  • Satou Kenta adalah teman sekelas Miiko. Anak pemilik Satou Bakery. Ia adalah pacar Yukko. Miiko, Tappei, dan Kenta berada di tempat penitipan yang sama saat TK. Kenta anak yang humoris dan baik, terkadang suka iseng. Kenta adalah sahabat dekat Tappei dan suka berusaha mendekatkan Miiko dan Tappei. Cita-citanya membuat toko roti bersama Yukko. Nama Inggrisnya adalah Kenneth Steven. Lahir tanggal 3 Februari.
  • Yoshida Ikuya adalah teman sekelas Miiko yang sangat menyukai Miiko. Ia adalah murid teladan di kelas. Yoshida orang yang pendiam, sangat pintar, dan berasal dari keluarga terhormat. Kelemahannya di pelajaran olahraga. Terkadang ia tampak dekat dengan Mari. Yoshida menganggap Tappei sebagai rivalnya dalam merebut cinta dan perhatian Miiko. Di chapter 28 Yoshida mulai diperlihatkan tertarik dengan perempuan selain miiko,yaitu Haruna anak pindahan dari Fukushima. Nama Inggrisnya adalah Yoseph Ivander.
  • Tanimura Miho adalah perempuan populer disekolah. Ia sangat cantik, modis,agak pemarah dan anak laki-laki banyak yang menyukainya. Ia menganggap miiko sebagai rival dalam hal cinta, karena ia menyukai Tappei dan ia tahu Tappei sebenarnya menyukai Miiko.

Keluarga Yamada[sunting | sunting sumber]

  • Yamada Kousuke adalah ayah Miiko. Bekerja sebagai wartawan tabloid mingguan. Sangat menyayangi keluarganya.
  • Yamada Rie adalah ibu Miiko. Sangat sering memarahi Miiko tetapi sebenarnya ia sangat menyayangi Miiko. Bekerja sebagai editor komik Ocha.
  • Yamada Mamoru adalah adik Miiko yang lebih muda 1 tahun. Pacarnya adalah Yuka-chan. Sebagai adik, Mamoru lebih dewasa ketimbang Miiko, ialah yang lebih sering mengurus rumah saat ibu mereka bekerja. Nama Inggrisnya adalah Matthew Johannes. Dia lahir tanggal 9 November.
  • Yamada Momo adalah anak ketiga keluarga Yamada. Lahir pada 9 Januari (Hai! Miiko vol. 19). Momo anak yang manis dan menjadi kesayangan keluarga. Nama Inggrisnya adalah Monica Yoanna

Keluarga Eguchi[sunting | sunting sumber]

  • Eguchi Ryouhei adalah ayah Tappei. Bekerja sebagai fotografer. Dulu pernah hampir bercerai dengan Makiko, tetapi tidak jadi berkat Miiko. Nama Inggrisnya Randall Eggleson
  • Eguchi Makiko adalah ibu Tappei yang punya toko kelontong bernama Lazy Moon. Dulu pernah hampir bercerai dengan Ryouhei, tetapi tidak jadi berkat Miiko. Dikenal di Inggris Maria Eggleson
  • Eguchi Miko adalah kucing peliharaan Tappei. Kucing telantar yang di temukan Miiko. Nama "Miko" pada kucing itu diberikan oleh Ibu Tappei. Dikenal di Inggris Mikaela

Tokoh lain[sunting | sunting sumber]

  • Makorin adalah anak yang meninggal setahun sebelum ia lulus SD (Hai! Miiko vol. 10). Gentayangan karena mencari sahabatnya yang juga bernama Miiko. Miiko pernah bertemu saat sedang menjalankan piket. Makorin sering dikuncir dua. Makorin bertemu Miiko yang salah.
  • Morimoto Nozomi adalah teman sekelas Miiko yang jago gambar tetapi kena penyakit kanker. Berkat dukungan Miiko, Yukko dan Mari-chan, Nozomi akhirnya sembuh dan kembali ke sekolah. Nozomi mempunyai adik bernama Kurumi. Nama Inggrisnya adalah Mousgatte Niabella
  • Matsumoto Kaoru adalah teman sekelas Miiko, ia hanya tinggal dengan ayahnya. Bermasalah dengan ukuran badannya yang besar, untung saja ia berhasil mengatasinya dengan bantuan Miiko.
  • Morimoto Kurumi (panggilan Kurumi-chan) adalah murid kelas 1 yang tak punya teman, berkat dukungan Miiko, akhirnya ia punya teman. Ia adalah adik Nozomi.
  • Takahashi Yasuko (panggilan Yakko) adalah teman sekelas Miiko yang selalu bicara terus terang, kadang membuat beberapa orang marah. Dia dipanggil Ya-chan di jilid pertama. Nama Inggrisnya adalah Yosephine Jessica Tabitha
  • Akane Tatsuya adalah teman sekelas Miiko, muncul di Hai Miiko jilid 19, 22 dan jilid 25. Nama Inggrisnya adalah Aline Theresa.
  • Hayato adalah kakak sepupu Miiko yang tinggal di Oita. Ia pertama kali muncil di jilid 23 pada "Musim Panas yang Romantis" (Romantic Summer). Ia datang ke Tokyo karena ingin kuliah di sana.
  • Nomura Yoshiki adalah teman sekelas Miiko, ia bercita-cita jadi sutradara film. Ia menyukai Miho dan berjuang agar Miho bisa mendekati Tappei hanya untuk melihatnya tersenyum. Yoshiki agak kasar tetapi orangnya serius. Nama Inggrisnya adalah Joseph Justin Norman Raphael Yehezkiel atau Norman Yehezkiel.
  • Kobayashi Yuka adalah pacarnya Mamoru, orangnya sangat feminin dan modis. Pernah berubah penampilan menjadi tomboy gara - gara ingin menjadi seperti Miiko. Nama Inggrisnya adalah Katelyn Yessiah
  • Oonishi Sensei adalah wali kelas Miiko, tegas tetapi penyayang. Suka kerajinan keramik. Nama Inggrisnya Mr. Orland
  • Uranai adalah teman sekelas Miiko yang suka meramal dan semua ramalannya benar-benar terjadi. Lemah dalam olahraga dan sangat yakin kalah saat ikut lomba "Essahoisa", tetapi Miiko meyakinkan dia bahwa dia bisa 'mengubah nasib' dengan berusaha. Nama Inggrisnya adalah Ursula.
  • Chiharu adalah teman sekelas Miiko yang menyukai Kenta selain Yukko. Ia muncul pertama kali di jilid 23 dalam "Krisis Kenta dan Yukko" ("The Crisis of Kenneth and Yvonne" dalam Inggris). Namun akhirnya ia berpacaran dengan Suzuki, anak kelas 5-2. Nama lengkap Inggrisnya adalah Chantal Valentina.
  • Izawa adalah Teman sekelas Miiko, ia juga jago gambar. sedikit ketus dan pernah mempunyai masalah dengan Yoshiki tetapi sebenarnya baik.
  • Aoyama adalah teman sekelas Miiko yang pernah disukai Mari di jilid 1. Tapi ia pindah ke Amerika. Nama Inggrisnya Aaron
  • Watanabe Hiroshi adalah teman sekelas Miiko, suka mengejek teman-teman sekelasnya. Kompak dengan Nasu, temannya. Nama Inggrisnya adalah William Sabastian.
  • Nasu lahir 9 Januari. adalah teman sekelas Miiko yang paling berisik dan suka mengejek teman-teman sekelasnya. Kompak dengan Watanabe, temannya. Nama Inggrisnya adalah Nigel Miguel Raymundo de Thiago atau Nigel de Thiago.
  • Nakazawa Takuto adalah anak klub komik yang seumur dengan Miiko, ia menyukai komik Mari dan berambisi menjadi asistennya kelak. Tidak tertarik pada olahraga. Nama Inggrisnya adalah Nazario Tacitus. Nama lengkapnya adalah Nazario Nakazawa Takuto Ottavio Tacitus.
  • Mizuki adalah teman sekelas Miiko yang pandai bermain piano. Ia ikut berpartisipasi dalam membuat pertunjukkan musik. Ia pertama kali muncul di jilid 22. Nama Inggrisnya adalah Julia Mizuno Patricia Renata Kinoshita.
  • Ootomo Takaaki adalah atlet lari kelas 6 yang awalnya malas-malasan ikut lomba lari estafet. Karena Miiko, ia memenangkan lomba. Muncul di Hai Miiko jilid 4.
  • Takashi Shouma adalah murid kelas 2 SD, jago olahraga. Ia sombong dan kasar, tetapi sebenarnya baik. Adiknya satu tempa penitipan dengan Momo.
  • Sakamoto Haruna adalah murid pindahan dari Fukushima, akibat terkena dampak nuklir. Haruna anak yang pintar, baik dan terus terang. Dia cepat berteman baik dengan Miiko dan teman-temannya. Haruna pertama muncul di komik jilid 25 dalam "Taman fantasi Haruna" ("Helena's Fantasy Park" dalam Inggris). Ia menyukai Yoshida. Nama Inggrisnya adalah Helena Sarmento.
  • Miyashita Tomomi adalah teman sekelas Miiko yang pandai menganyam. Ia terkena alergi dan tak mau masuk sekolah. Tapi akhirnya ia masuk sekolah berkat bantuan Miiko dan kawan-kawan. Hanya muncul di Namaku Miiko pada cerita 'Gelang Janji Tomo-chan (Volume 4) dan 'Jangan Menyerah,Tomo-chan' (Volume 4) dan juga muncul di cerita 'Tappei Pergi' yang dimuat di Hai,Miiko volume 1 (Sebenarnya cerita ini termasuk Namaku Miiko tetapi masuk ke dalam Hai,Miiko volume 1). setelah itu Tomo-chan tak pernah terlihat di komik Hai,Miiko. hanya pernah terlihat sedang bersama anak-anak kelas 5-3 yang lain. Pernah jadi cameo di volume 2 (Buu,Buu,Buu! (di sana ia terlihat mengecat properti untuk panggung bersama Watanabe) dan pada cerita Aku Pulang (di sana mendengarkan cerita hantu Mari-chan bersama Miiko,Yukko,dan Ya-chan).
  • Hono Heriko adalah komikus misterius yang sering menjadi cameo. Sering muncul di mana saja. Ciri khasnya adalah mempunyai kantong mata yang besar dan selalu membawa buku sketsanya. Pernah mengajar Mari-chan dan Miiko cara membuat komik (jilid 21 "Kelas komik Mari-chan"). Hono Heriko diambil dari karakter Ono Eriko sendiri.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Ono Eriko おのえりこ". The Ultimate Manga Guide. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-04. Diakses tanggal 24 Juni 2008. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]