Klampis, Jatibarang, Brebes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Klampis
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenBrebes
KecamatanJatibarang
Kodepos52261
Luas-
Jumlah penduduk-
Kepadatan-

Klampis adalah desa di kecamatan Jatibarang, Brebes, Jawa Tengah, Indonesia. Desa ini terletak satu kilometer di sebelah barat dari pusat kota Jatibarang. Desa ini dilintasi oleh jalan provinsi yang menghubungkan antara Slawi yang merupakan pusat Kabupaten Tegal, Jatibarang, dan Ketanggungan yang akhirnya terhubung dengan tol Pejagan.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

  • Pendidikan Formal
    1. Kelompok Bermain PAUD Harapan Nusa
    2. TK Pertiwi
    3. SD Negeri Klampis 1
    4. SD Negeri Klampis 2
  • Pendidikan Informal
    1. Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Mambaul Ulum

Kesehatan[sunting | sunting sumber]

  1. Klinik Kesehatan Desa
  2. Bidan Ammah
  3. Bidan Rochayati

Fasilitas Umum[sunting | sunting sumber]

  1. Pasar Pagi Klampis
  2. Bank Jawa Tengah (Bank Jateng) unit Jatibarang
  3. Indomaret
  4. Penggilingan Padi SR

Perekonomian[sunting | sunting sumber]

Pertanian

Padi merupakan komoditas utama desa Klampis. Luas sawah yang ditanami padi di atas lima puluh persen dari total luas sawah di desa Klampis. Kemudian diikuti oleh Bawang merah yang merupakan komoditas kedua di desa Klampis. Berbagai komoditas lain yang dikembangkan cabai merah, cabai hijau, tomat, pare, dan jenis sayur lainnya yang luas area sawahnya hanya sekitar sepuluh persen dari total luas sawah di desa Klampis.

Peternakan

Di luar sektor pertanian, desa Klampis juga mempunyai potensi hijauan makanan ternak yang melimpah. Kondisi itu membuat masyarakat desa Klampis mampu mengembangkan berbagai berbagai usaha peternakan antara lain, ternak sapi (jenis lokal sapi jabres), kambing, ayam petelur, ayam kampung, ikan air tawar dan lain lain.

Industri

Sektor industri merupakan salah satu sektor yang cukup penting dalam membantu laju perekonomian di desa Klampis. Meskipun secara demografi mata pencaharian sebagaian besar penduduk adalah sebagai petani, tetapi terdapat beberapa industri kecil dan industri rumah tangga.