Klakson angin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Klakson angin atau air horn adalah klakson yang menghasilkan suara yang nyaring dan bising di telinga akibat adanya tekanan udara. Biasanya klakson angin digunakan di kereta api, truk besar, kendaran darurat, kapal laut, dan untuk kepentingan pribadi lain.

Cara Kerja Klakson Angin[sunting | sunting sumber]

Cara kerja klakson dimulai dengan tekanan udara masuk ke dalam sebuah ruangan yang direkatkan pada katup klakson angin. Udara tersebut dibiarkan melewati celah katup sehingga terjadi resonansi suara klakson. Seperti trombon atau trompet, klakson angin dapat diatur untuk menghasilkan laras atau nada khusus. Di beberapa bagian dunia, nada tertentu yang dihasilkan klakson angin dibuat untuk kendaraan khusus dan kereta sehingga menghasilkan nada suara, bukan sinyal pesan. Deferensiasi dari klakson angin ialah memperkenankan seseorang untuk tidak hanya mengetahui ada sesuatu yang besar menghampiri tetapi apakah klakson angin itu sendiri.

Penggunaan Klakson Angin[sunting | sunting sumber]

Kendaraan darat[sunting | sunting sumber]

Klakson angin banyak digunakan pada kereta api. Klakson angin ini mampu menghasilkan suara yang sangat kuat. Truk-truk besar, mobil ambulan dan beberapa mobil pelayanan darurat lainnya menggunakan klakson angin untuk mensinyalir keberadaan mereka terhadap pengemudi lainnya seperti yang dilakukan oleh kereta. Beberapa orang menambahkan klakson angin truk pada kendaraan pribadi mereka sebagai kegemaran baru atau menjadi sebuah budaya terhadap mobil-mobil besar seperti SUVs. Namun penggunaan klakson angin pada mobil atau kendaraan dilarang oleh hukum di beberapa kawasan. Pada awalnya lokomotif diesel dilengkapi klakson truk. Belakangan sering terjadi kecelakaan karena para pengemudi kendaraan mengira kereta api adalah sebuah truk. Kebutuhan akan klakson kereta yang unik semakin jelas. Pada tahun 2005, kereta api di Amerika Utara paling sedikitnya memiliki dua buah klakson yang memiliki bentuk menyerupai klakson angin yang secara simultan menghasilkan nada suara.

Kapal laut[sunting | sunting sumber]

Klakson angin pada kapal laut digunakan sebagai sinyal untuk berkomunikasi dengan kapal lain di malam hari atau dalam jarak pandang yang kurang bagus saat pengemudi kapal tidak bisa saling melihat. Klakson angin dapat digunakan untuk menghindarkan kecelakaan di laut.

Kebutuhan Pribadi[sunting | sunting sumber]

Klakson angin dapat digunakan untuk kepentingan pribadi, biasa disebut klakson angin jinjing. Klakson angin jinjing terdiri dari kaleng yang berisikan tekanan udara dan klakson sederhana yang dapat menghasilkan suara yang nyaring tetapi tidak memekakkan telinga. Klakson jenis ini biasanya digunakan pada acara pertandingan olahraga berukuran kecil. Klakson angin ini dapat ditemukan dengan mudah di pasar. Aerosol kecil digunakan sebagai sumber tenaga bunyi yang dihasilkan. Klakson angin jinjing ini dapat juga digunakan sebagai alat keselamatan. Pelari pagi kerap membawa klakson angin sebagai alat proteksi diri dari hal-hal yang membahayakan dirinya. Beberapa orang menggunakan klakson angin jinjing saat menonton acara pertandingan olahraga sebagai gurauan dan untuk mengejutkan orang.

Olahraga[sunting | sunting sumber]

Di Amerika Serikat, klakson angin sering digunakan dalam pertandingan hoki es, salah satunya di The National Hockey League (NHL). Klakson angin digunakan sebagai tanda kuarter berakhir di sebuah papan nilai. Klakson angin dapat digunakan saat pertandingan olahraga berlangsung karena memiliki volume suara yang cukup tinggi sehingga dapat didengar seluruh penonton pertandingan. (DN)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • Wise Geek [1] artikel diakses pada tanggal 16 Oktober 2008
  • Falcon Safety [2] artikel diakses pada tanggal 17 Oktober 2008
  • [3] artikel diakses pada tanggal 16 Oktober 2008