Kisah Tanah Jawa (buku)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kisah Tanah Jawa
Pengarang
  • Bonaventura D. Genta
  • Mada Zidan (Mbah KJ)
  • Hari Kurniawan
NegaraIndonesia
BahasaIndonesia
GenreMistis
PenerbitGagasMedia
Tanggal terbit
2018
ISBNISBN 9789797809331

Kisah Tanah Jawa adalah buku awal yang ditulis oleh Kisah Tanah Jawa, yang diterbitkan oleh GagasMedia pada tahun 2018 berisi 250 halaman.[1] Seperti biasa Kisah Tanah Jawa menghadirkan konten yang cukup mistis berbanding lurus dengan fakta sejarah yang mereka usung. Menariknya fakta yang mereka usung juga memiliki daftar pustaka yang tertulis dibelakangnya. Jadi fakta sejarah yang mereka usung memang dapat ditelusuri kebenarannya. Buku ini berusaha untuk membuka selubung mitos dan mistis yang selama ini menjadi kasak kusuk di masyarakat.[2]

Daftar Isi[sunting | sunting sumber]

Napas Tiang Pancang[sunting | sunting sumber]

Napas tiang pancang berisi tentang kemistisan yang biasa dilakukan oleh pekerja tiang pancang, alias pegawai kontraktor bangunan yang biasa memberikan tumbal. Di topik ini diulas berbagai kejadian terkait tumbal. Untuk apa tumbal tersebut, berbagai cerita tentang tumbal pembangunan dan lain sebagainya. Tapi lagi-lagi cerita tersebut memang memiliki kronologis secara fakta sejarah. Memang tidak semua cerita disertakan tahun dan tempat. Jadi dapat dikatakan setengah mitos namun setengahnya lagi memang fakta.

Penyedap Komposisi Dosa[sunting | sunting sumber]

Dari judulnya memang terlihat lucu, namun jangan tanya dengan isi Bab ini, Karena dalam bab ini dibahas segala hal tentang kekuatan magis untuk membuat nikmay sebuah masakan yang dijual. Biasa disebut dengan "penglaris". Banyak cerita mengejutkan di bab ini, Kerapkali juga terjadi di tengah-tengah masyarakat jawa, jadi sangat relate dengan kehidupan pembaca (jika anda di Jawa).

Harta Berujung Petaka[sunting | sunting sumber]

Isi dari bab ini sesuai judulnya, berbagai pesugihan diulas sedemikian rupa sehingga dapat menjelaskan berbagai pesugihan yang dilakukan masyarakat di pulau Jawa. Sehingga pembaca buku ini yang biasanya melihat pesugihan hanya sekejap saja, diajak untuk melihat lebih dalam pesugihan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Author, Kisah Tanah Jawa (2018). Kisah Tanah Jawa. Jakarta: Gagas Media. hlm. iv. ISBN 978-979-780-933-1. 
  2. ^ "kisah tanah jawa". Good Reads. Diakses tanggal 2020-02-21.