Kisah Ahikar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Cara Ahikar Mengalahkan Raja Mesir (Henry Justice Ford)

Kisah Ahikar, juga dikenal sebagai Firman Ahikar, adalah sebuah cerita yang mula-mula tercantum dalam bahasa Aram dari abad kelima SM yang banyak beredar di Timur Tengah dan Timur Dekat. Ini dikarakterisasikan sebagai 'salah satu “buku internasional” terawal dari kesusastraan dunia.

Karakter utama adalah Ahiqar (bahasa Aram: אחיקר, juga ditransliterasikan sebagai Aḥiqar, Hayqar bahasa Arab, Achiacharos bahasa Yunani dan varian pada tema ini seperti Armenia: Խիկար Xikar), yang dikenal sebagai Timur Dekat kuno karena kebijaksanaannya yang luar biasa.

Asal mula dan pengembangan[sunting | sunting sumber]

Di Uruk, teks Cuneiform telah ditemukan termasuk nama Ahuqar, menunjukkan bahwa Ahikar adalah tokoh sejarah sekitar abad ketujuh SM. Namun, kisah seperti yang sekarang diketahui diduga berasal dari bahasa Aram di Mesopotamia, mungkin sekitar akhir abad ketujuh atau awal abad keenam SM. Pengesahan pertama adalah fragmen papirus abad kelima SM dari reruntuhan Elephantine. Narasi dari bagian awal cerita ini berkembang pesat dengan kehadiran sejumlah besar ucapan bijak dan peribahasa bahwa Ahikar digambarkan berbicara kepada keponakannya. Diduga oleh sebagian besar cendekiawan bahwa perkataan dan peribahasa ini pada awalnya merupakan dokumen terpisah, karena mereka tidak menyebut Ahikar. Beberapa ucapannya mirip dengan bagian-bagian dari Kitab Amsal di Alkitab, yang lain dengan kitab Deuterokanonika Kebijaksanaan Sirakh, dan yang lain masih dengan kitab Amsal Babel dan Persia. Kumpulan-kumpulan ucapan ini, pada dasarnya adalah seleksi dari yang umum di Timur Tengah saat itu.

Ada referensi dalam literatur Rumania, Slavonic, Armenia, Arab dan Syria untuk kisah legenda ini, yang pahlawannya adalah Ahikar. Ditunjukkan oleh cendekiawan George Hoffmann pada tahun 1880 bahwa Ahikar dan Achiacharus dari kitab Tobit ini identik. Telah ditentang bahwa ada jejak legenda bahkan dalam Perjanjian Baru, dan ada kesamaan yang mencolok antara itu dan Kehidupan Aesop oleh Maximus Planudes (bab xxiii-xxxii). Seorang bijak timur Achaicarus disebutkan oleh Strabo. Tampaknya, oleh karena itu, bahwa legenda itu pasti berasal dari Timur, meskipun hubungan dari berbagai versi hampir tidak dapat dipulihkan.

Stephanie West, seorang Klasikis dari Inggris berpendapat bahwa kisah Croesus di Herodotus sebagai penasihat Cyrus I adalah manifestasi lain dari kisah Ahikar.

Kisah[sunting | sunting sumber]

Dalam kisahnya, Ahikar adalah kanselir raja-raja Asyur, Sennacherib dan Esarhaddon. Karena tidak memiliki anak, ia mengadopsi keponakannya Nadab / Nadin, dan membesarkannya untuk menjadi penggantinya. Nadab / Nadin tidak bersyukur, dan justeru merencanakan untuk membunuh paman mereka, dan membujuk Esarhaddon bahwa Ahikar telah melakukan pengkhianatan. Esarhaddon kemudian memerintahkan Ahikar dieksekusi sebagai tanggapan atas bujukan tersebut, dan karenanya Ahikar ditangkap dan dipenjara untuk menunggu hukuman. Namun, Ahikar mengingatkan algojo bahwa algojo pernah diselamatkan oleh Ahikar dari nasib yang sama di bawah Sennacherib, dan karenanya algojo membunuh seorang tahanan, dan berpura-pura ke Esarhaddon bahwa itu adalah tubuh Ahikar.

Sisa dari teks-teks awal tidak bertahan lebih dari titik ini, tetapi diperkirakan kemungkinan bahwa akhir aslinya telah Nadab / Nadin dieksekusi sementara Ahikar direhabilitasi. Teks-teks selanjutnya menggambarkan Ahikar keluar dari persembunyiannya untuk menasihati raja Mesir atas nama Esarhaddon, dan kemudian kembali dengan kemenangan ke Esarhaddon. Dalam teks-teks selanjutnya, setelah Ahikar kembali, ia bertemu Nadab / Nadin dan sangat marah padanya, dan Nadab / Nadin kemudian meninggal.

Kitab Tobit[sunting | sunting sumber]

Dalam Kitab Tobit (abad kedua atau ketiga SM), Ahikar muncul sebagai keponakan Tobit, dalam pelayanan kerajaan di Nineveh dan, dalam ringkasan W. C. Kaiser, Jr.,

'kepala juru minuman, penjaga meterai, dan yang bertanggung jawab atas administrasi rekening di bawah Raja Sennacherib dari Asyur', dan kemudian di bawah Esarhaddon (Tob. 1: 21-22 NRSV). Ketika Tobit kehilangan pandangan, Ahikar merawatnya selama dua tahun. Ahikar dan keponakannya, Nadab, hadir di pernikahan putra Tobit, Tobias (2:10; 11:18). Sesaat sebelum kematiannya, Tobit berkata kepada putranya, 'Lihat, putraku, apa yang dilakukan Nadab terhadap Ahikar yang telah membesarkannya. Bukankah dia, saat masih hidup, dijatuhkan ke bumi? Karena Tuhan membalas dia ke wajahnya untuk perlakuan memalukan ini. Ahikar keluar ke cahaya, tetapi Nadab pergi ke kegelapan abadi, karena dia mencoba membunuh Ahikar. Karena dia memberi sedekah, Ahikar lolos dari jebakan fatal yang telah disiapkan Nadab untuknya, tetapi Nadab jatuh ke dalamnya sendiri, dan dihancurkan '(14:10 NRSV).

Catatan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]