Kintetsu World Express

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kintetsu World Express, Inc. (KWE)
株式会社近鉄エクスプレス
Publik KK
Kode emitenTYO: 9375
IndustriLogistik
Didirikan10 Januari 1970
Kantor
pusat
Shinagawa Intercity Tower A, Kōnan, Minato, Tokyo, Jepang
Tokoh
kunci
Nobutoshi Torii
(Presiden dan CEO)
ProdukEkspedisi muatan domestik dan luar negeri
PendapatanKenaikan ¥474.330 juta (tahun fiskal yang berakhir pada bulan Maret 2017)[1]
Kenaikan ¥13.075 juta (tahun fiskal yang berakhir pada bulan Maret 2017)
Kenaikan ¥4.487 juta (tahun fiskal yang berakhir pada bulan Maret 2017)
Karyawan
18.129 (termasuk di anak usaha)
Situs webwww.kwe.com (Global Site)

Kintetsu World Express, Inc. (株式会社近鉄エクスプレス, Kabushiki-gaisha Kintetsu express), atau KWE, adalah sebuah perusahaan ekspedisi muatan besar asal Jepang. Perusahaan ini merupakan anak usaha dari Kintetsu Group Holdings (近鉄グループホールディングス株式会社 Kintetsu gurūpu hōrudeingusu kabushiki gaisha), dan menyediakan jasa ekspedisi muatan via udara dan laut, kepialangan bea, serta manajemen inventaris gudang.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1948, Biro Operasi Kintetsu Corporation mulai menangani jasa perjalanan dan kargo internasional. Tidak lama kemudian, International Air Transport Association (IATA) menyetujui Kintetsu Corporation sebagai sebuah agen. Pada tahun 1955, Kintetsu Corporation berkembang menjadi Kinki Nippon Tourist Co., Ltd. (KNT), dan menggabungkan divisi kargo udara internasionalnya dengan divisi pariwisata internasionalnya untuk membentuk jasa penanganan bagasi. KNT lalu mendirikan anak usaha di Hong Kong dan Amerika Serikat pada tahun 1969, dan Kintetsu World Express, Inc. kemudian dipisah dari KNT pada tahun 1970. KWE lalu mengalami pertumbuhan pesat selama 30 tahun kemudian, dan mengadopsi Sistem Manajemen Kuadrilateral dengan kantor pusat untuk masing-masing regional, yakni Jepang; Amerika; Eropa & Afrika; serta Asia & Oseania. KWE lalu melantai di NASDAQ Japan Market (kini bernama JASDAQ Market), serta di Bursa Efek Osaka hingga tahun 2004. Pada tahun 2003, pencatatan saham KWE dinaikkan ke Bagian Pertama dari Bursa Saham Tokyo.

KWE merevisi sistem manajemennya pada tahun 2006 menjadi Sistem Manajemen Lima Regional untuk lebih mendukung 40 perusahaan afiliasinya dan 10 kantor perwakilannya di 32 negara selain Jepang. Manajemen tersendiri pun dibentuk untuk menangani Jepang; Amerika; Eropa, Timur Tengah & Afrika; Asia Tenggara; serta Asia & Oseania.

Pada 2008, KWE mengakuisisi TKK Logistics Co. Ltd. asal Thailand yang sebelumnya bernama Thai Kargo Kare Co., Ltd.

Pada tahun 2012, Kintetsu World Express, Inc. menandatangani perjanjian dengan Gati asal India untuk membentuk perusahaan patungan bernama Gati-Kintetsu Express Pvt. Ltd. Perusahaan patungan tersebut akan menyediakan solusi rantai pasok dan jasa pengiriman kilat di wilayah Asia Pasifik dan negara anggota SAARC.

Pada tahun 2015, Kintetsu World Express, Inc. mengakuisisi APL Logistics dari Neptune Orient Lines (NOL) dengan harga US $1,2 milyar.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ https://www.kwe.co.jp/en/wp-content/uploads/sites/2/2017/08/AR2017.pdf
  2. ^ "NOL to sell APL Logistics to Japan's KWE for US$1.2b". 2015-02-18.