King Charles Spaniel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
King Charles Spaniel
King Charles Spaniel 200.jpg
Anjing King Charles
Nama lain Toy Spaniel Inggris
Toy Spaniel
Charlies
Prince Charles Spaniel
Ruby Spaniel
Blenheim Spaniel
Negara asal Inggris
Ciri-ciri
Berat 8–14 pon (3,6–6,4 kg)
Tinggi 9–11 inci (23–28 cm)
Jumlah anak 5
Masa hidup 10-16 tahun

King Charles Spaniel (juga dikenal dengan nama English Toy Spaniel) adalah ras anjing kecil berjenis spaniel. Pada tahun 1903, the Kennel Club menyatukan empat ras toy spaniel yang terpisah menjadi King Charles Spaniel. Jenis-jenis lain yang digabung dengan ras ini adalah Blenheim, Ruby, dan Prince Charles Spaniels, masing-masing dengan warnanya sendiri.

Anjing ini diduga berasal dari Timur Jauh dan pertama kali muncul di Eropa pada abad ke-16. Anjing ini dikenal karena pernah dipelihara oleh Raja Charles Ii dari Inggris (1630–1685) dan kemudian menjadi peliharaan keluarga kerajaan Inggris semenjak masa Ratu Mary I (1516–1558). Anjing ini juga pernah dipelihara oleh Anastasia Nikolaevna dari Rusia dan Ratu Elizabeth II.

Anjing ini dikawinkan dengan anjing pug pada awal abad ke-19 untuk mengecilkan hidung mereka. Pada abad ke-20, terdapat upaya untuk mengembalikan keturunan King Charles Spaniel seperti pada masa Raja Charles II. Hasilnya adalah anjing Toy Trawler Spaniel dan Cavalier King Charles Spaniel.

Sebelumnya, ras anjing yang digabung dengan King Charles Spaniel digunakan untuk berburu, meskipun bentuk tubuh mereka tidak cocok untuk kegiatan tersebut. Mereka masih memiliki insting berburu seekor anjing, tetapi tidak mempunyai banyak energi dan lebih cocok sebagai peliharaan. Ras King Charles Spaneil modern dapat mengalami berbagai gangguan kesehatan, seperti gangguan pada jantung dan mata.

Referensi[sunting | sunting sumber]