Protein tirosina kinase-6

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kinase PT-6)
Jump to navigation Jump to search

Kinase PT-6 (bahasa Inggris: protein tyrosine kinase-6, breast tumor kinase, Brk, PTK-6) adalah enzim dari jenis kinase tirosina yang sering ditemukan beraktivitas hiper pada banyak jenis kanker payudara, kanker usus besar, melanoma, limfoma dan kanker endometrium.[1]

Ekspresi PTK-6 dapat ditemukan baik di dalam sitoplasma maupun di dalam inti sel, dengan pola distribusi yang berbeda-beda untuk tiap jenis sel. PTK-6 yang terdapat pada membran plasma sel HEK-293 diperkirakan sebagai penyebab aktivitas onkogenik pada ginjal. Ekspresi PTK-6 juga terdapat pada sel prostat yang normal maupun pada sel kanker prostat, namun pada sel kanker, distribusi PTK-6 menjadi lebih sitoplasmik. Pada sel HB-4a (human mammary luminal epithelial cells), ekspresi PTK-6 meningkatkan aktivitas enzim PI3K melalui fosforilasi ErbB-3 yang diinduksi oleh EGF dan tercerapnya p85 PI3K ke pencerap ErbB-3.

Dari studi sebelumnya, jenjang lintasan PTK-6 adalah:

epidermal growth factor receptor (ErbB) → PTK-6 → extracellular signal-regulated kinase 5 (ERK-5) → MAPK p38

Beberapa substrat PTK-6, baik yang terdapat di dalam sitoplasma maupun di dalam inti sel, antara lain bks-1, bks-2, paxillin, IRS-4, GAP-A.p65, faktor transkripsi STAT-3 dan STAT-5; RNA-interacting proteins Sam-68, SLM-1, SLM-2, dan nucleic acid binding protein PSF.

Pada umumnya, PTK-6 teraktivasi oleh Met, sebuah kinase tirosina dengan pencerap transmembran. Aktivasi Met oleh HGF akan meningkatkan migrasi keratinosit dan metastasis kanker. Onkogen Met sering dijumpai dengan ekspresi berlebih pada tumor yang padat, namun ekspresi normal dapat ditemukan terutama pada sel epitelial dan sel endotelial. Studi pada sel kanker T-47D menunjukkan bahwa PTK-6 juga diaktivasi oleh EGF dan heregulin-β1, aktivasi PTK-6 diperlukan agar heregulin-β1 dapat mengaktivasi jenjang berikutnya, yaitu Rac-1, p38 dan MAPK ERK-5, serta meningkatkan ekspresi siklin D1. Lebih lanjut ERK-5 bereaksi dengan beberapa protein struktural seperti connexin-43, SGK (serum and glucocorticoid-inducible kinase), dan faktor transkripsi MEF-2 (myocyte enhancer factor 2) dan Sap-1a. MEF-2 akan menginduksi metastasis sel T-47D sepanjang rentang lintasan MAPK p38.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) "Breast tumor kinase and extracellular signal-regulated kinase 5 mediate Met receptor signaling to cell migration in breast cancer cells". Department of Pharmacology, Masonic Cancer Center, Department of Medicine (Division of Hematology, Oncology, and Transplantation), University of Minnesota; Nancy E Castro dan Carol A Lange. Diakses tanggal 2011-07-15.