Kim Kyung-cheon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kim Kyung-cheon

Kim Kyung-chon (Hangul김경천; Hanja金擎天; 5 Juni 1888 – 2 Januari 1942) adalah seorang penggiat kemerdekaan dan pemimpin militer Korea. Beberapa sumber meyakini bahwa Pemimpin Korea Utara Kim Il-sung mencuri identitasnya setelah kematiannya.[1] Pada 1888, ia lahir dari keluarga Yangban yang kaya di Provinsi Hamgyong Selatan, Kabupaten Pukchong, sebagai putra kelima dari ayahnya Kim Jung-u (김정우 / 金鼎禹, 1857-1908). Nama aslinya adalah Kim Ung-chon (Korea: 김응천, Tionghoa: 金應天). Pada 1909, ia menikahi You Jong. Ia kemudian masuk Akademi Angkatan Darat Kekaisaran Jepang dan lulus pada 1911, meraih pangkat letnan kavaleri dalam Angkatan Darat Kekaisaran Jepang. Pada Juni 1919, ia kabur ke Manchuria bersama dengan Chi Chong-chon untuk bergabung dengan gerakan kemerdekaan Korea, bertindak sebagai magang namun setelah hanya enam tahun, ia berkomunikasi dengan beberapa penggiat Korea dan pindah ke Vladivostok[2] untuk berjuang dengan nama Kim Kyu, yang dikenal karena menang atas sebuah batalion Jepang.[3] Operasi utamanya setelah datang ke Vladivostok adalah berjuang melawan para militian Tionghoa pendukung Jepang. Pada masa itu, ia memilih Kim Kyung-cheon sebagai pseudonim. Pada Perang Saudara Rusia, pasukannya memutuskan untuk memukau para panglima Tentara Merah dengan disiplin yang baik .[4] Pada Januari 1923, ia ikut konferensi Pemerintahan Korea Sementara di Shanghai dan memutuskan untuk membentuk resim komunis Korea yang akan berbasis di Uni Soviet. Namun, Comintern menolak pengesahan "republik" tersebut sebagai entitas independen, yang membuat Ji meninggalkan Uni Soviet sementara Kim tetap bertahan. Pada masa Pembersihan Besar-besaran, Kim ditangkap karena menentang kebijakan Dislokasi Korea Joseph Stalin dan kemudian meninggal di penjara Soviet. Ia dan Ji Cheong-cheon dan Shin Dong-cheon disebut "3 cheon dari Manchuria Selatan" (南满三天). Ia juga disebut sebagai 擎天金将軍 (경천 김장군) (Jenderal Kim pendukung Surgawi) oleh para warga semenanjung Korea.

Lee Myung-young menerbitkan buku The Legend of Kim Il-sung pada 1974 dimana ia menyatakan bahwa Jenderal Kim Il-sung aslinya adalah lulusan Akademi Angkatan Darat Kekaisaran Jepang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ⅲ러시아편-2. 노령지역 무장투쟁가 김규면
  2. ^ 大正九年一月二十三日高警第一五三五号 秘 国外情報 不逞鮮人ノ行動(浦潮派遣員報告)「哈爾賓埠頭区十三道街居住金擎天ナル者ヨリ、目下浦潮ニ居住セル元平安南道平壌鎮衛隊下士ニシテ暴徒派不逞鮮人金燦五、及元咸鏡南道北青鎮衛隊下士崔元吉、並海牙密使事件ノ張本人李儁ノ実子李鏞等十二名ニ宛テ、陰十二月十五日(陽暦二月四日)愈々前進ノ予定ナルヲ以テ各位ハ二十人長トシテ部下ヲ引率シ同日迄ニ哈爾賓ニ集合セラレ度シトノ書面ノ発送シ来レリト謂フ」
  3. ^ http://news.khan.co.kr/kh_news/khan_art_view.html?artid=200507181739591&code=210000
  4. ^ 『シベリア出兵 革命と干渉 1917–1922 (Siberia Expedition: Revolution and Intervention)』pp.486-487

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

Lee Myung-young 『金日成は四人いた(The Four Kim Il-sungs)』成甲書房、2000年。ISBN 4-88086-108-1