Kiko Argüello

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kiko Argüello
Kiko Argüello di sebuah pertemuan rohani
Lahir19 Januari 1939 (umur 85)
León, Castilla y León, Spain
Tempat tinggalItaly
KebangsaanSpanish Spanyol
AlmamaterReal Academia de Bellas Artes de San Fernando

Francisco José Eduardo Argüello (lahir 9 Januari 1939) adalah seorang artis Spanyol dan, bersama dengan Carmen Hernández, menjadi pendiri bersama dari gerakan Jalan Neokatekumen. Argüello lahir di kota León, Spanyol, belajar fine arts di Royal Academy of San Fernando di kota Madrid dan pada tahun 1959 dianugerahi Penghargaan Nasional Khusus untuk Melukis. Pada tahun 1964 ia memulai apa yang nantinya menjadi Jalan Neokatekumen di kawasan miskin Palomeras Altas di kota Madrid.

Pada tanggal 13 Mei 2009, ia dianugerahi Gelar Kehormatan dari Institut Kepausan Yohanes Paulus II untuk Pengkajian masalah Pernikahan dan Keluarga. Institut ini menggaris-bawahi "komitmen yang kuat dari Jalan Neokatekumen terhadap masalah-masalah keluarga" lewat penekanannya pada "pengalaman 'perayaan domestik' yang bersamanya membawa keluarga dalam suatu misi." Institut ini juga menunjukkan besarnya nilai dari "promosi komunitas awam ini, bersama dengan organisasi gerejawi lainnya, mengenai inisiatif-inisiatif besar yang mendukung suatu keluarga," seperti, sebagai contoh utama, "Hari Keluarga di Italia dan Pesta Perayaan Keluarga Suci tahun 2007 di Madrid."[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Neocatechumenal Way Founder Awarded Doctorate|Zenit". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-05-11. Diakses tanggal 2011-06-22. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]