Kompi Kavaleri Panser Komando Daerah Militer XIII/Merdeka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kikavser Kodam VII Wirabuana)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kompi Kavaleri 10/Manguni Setia Cakti
Kikavser Kodam 7.png
Lambang Kikavser
Dibentuk6 April 2009
NegaraIndonesia
CabangTNI Angkatan Darat
Tipe unitSatuan Bantuan Tempur
Bagian dariKodam XIII/Merdeka
MotoManguni Setia Cakti
Situs webwww.kodam-wirabuana.mil.id

Kompi Kavaleri 10/Manguni Setya Cakti atau Kikav 10/MSC merupakan satuan militer dari kecabangan kavaleri organik Kodam XIII/Merdeka yang mempunyai tugas pokok Untuk mendukung kegiatan pengamanan di wilayah Sulawesi Utara yang notabene merupakan wilayah perbatasan antara Indonesia dan Negara Filipina serta pengamanan objek vital dan pengamanan VIP/VVIP. Markas satuan ini berada di Jalan Raya Wori, Desa Ilo-ilo, Kec. Wori, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pembentukan satuan ini dimulai dengan pembangunan markas dan asrama yang dilaksanakan pada tahun 2006, diawali dengan peletakan batu pertama pada 13 September 2006. Tahun 2007 dan 2008 mulailah kedatangan personel dari berbagai Satuan Kavaleri yang ada di Indonesia, serta kendaraan tempur dari satuan Batalyon Kavaleri 10 Serbu. Sesuai Peraturan Kepala Staf Angkatan darat Nomor: Perkasad / 223 / XII / 2007 tanggal 10 Desember 2007 dan keputusan Kasad Nomor: Kep / 158-07 / VI / 2008 tanggal 30 Juli 2008 tentang Pembentukan dan peresmian Kompi Kavaleri Panser Kodam VII/Wrb. Karena di pandang cukup dan mampu melaksanakan Program Latihan maka Pangdam VII/Wrb Mayor Jenderal Joko Susilo Utomo meresmikan Kompi Kavaleri Panser Kodam VII/Wrb pada tanggal 6 April 2009 sebagai satuan yang langsung dibawah Kodam VII/Wrb.

Nama Lambang Satuan[sunting | sunting sumber]

Manguni Setya Cakti merupakan Lambang Satuan Kikavser Kodam VII/Wrb yang bergambarkan burung hantu atau burung manguni yang merupakan burung khas Minahasa Utara yang memiliki kecepatan dan ketepatan dalam meraih sasaran. Oleh karena itu Komando Atas menetapkan burung tersebut sebagai lambang satuan Kikavser Kodam VII/Wrb yang diharapkan agar prajurit Kikavser cepat dan tepat dalam mengambil keputusan sehingga selalu percaya diri dalam menerima dan melaksanakan tugas.

Referensi[sunting | sunting sumber]