Kickers

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kickers
Swasta
IndustriAlas kaki
Didirikan1970; 54 tahun lalu (1970) di Prancis
Kantor
pusat
Cholet, Prancis
Tokoh
kunci
Daniel Raufast, Pendiri; Jacques Chevallereau, Perancang
ProdukSepatu, pakaian
IndukPentland Group
Situs webkickers.co.uk

Kickers adalah sebuah merek yang diciptakan pada tahun 1970 di Prancis, dan memproduksi berbagai macam alas kaki dan pakaian. Kickers dibeli pada tahun 2007 oleh Royer Group.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1970 di Prancis, Daniel Raufast melihat sebuah poster yang mengiklankan musikal Hair. Tertarik dengan semua pemuda yang memakai celana jins, namun tidak memakai alas kaki, ia kemudian mengembangkan sebuah konsep sepatu baru yang ia percaya lebih cocok untuk dipakai bersama celana jins. Perancang Jacques Chevallereau kemudian menciptakan sepatu 'boot jins' pertama. Sepatu ini sangat berbeda, karena menggunakan bahan nubuck, berbentuk seperti sepatu boot bukannya seperti sepatu biasa, solnya terbuat dari karet alami, grommet dan jahitannya berwarna kontras, serta semua panel dan hiasannya bernuansa denim. Sepatu ini sangat sukses, sehingga produksi Kickers meningkat dari 300 pasang menjadi 12.000 pasang sepatu per bulan. Setelah sukses di Prancis, hingga tahun 1974, Kickers telah menjual sepatunya di lebih dari 70 negara.

Britania Raya[sunting | sunting sumber]

Selama dekade 1980-an, sepatu Kickers sangat sukses di Britania Raya. Bahkan pembeli rela antre hingga jam 10 malam sembari menunggu produk Kickers datang di gerai. Saat produk tiba, pembeli pun langsung menyerbu produk ini. Banyak pembeli juga mengoleksi label berbentuk bunga khas Kickers, dan tidak akan percaya keaslian produknya, jika tidak ada label ini.[1]

Popularitas di industri musik[sunting | sunting sumber]

Pada akhir dekade 1980-an hingga awal dekade 1990-an, Kickers saat populer berkat produk Kick His. Kick Hi kemudian menjadi populer di rave, pertama dengan acid house dan kemudian dengan musik trance. Banyak penggemar sepatu ini datang dari latar belakang musik yang berbeda, termasuk UK garage, RnB, pop, dan hip hop.

Budaya populer[sunting | sunting sumber]

Lambat laun, Kickers telah diasosiasikan dengan industri musik, termasuk Ms Dynamite, So Solid Crew, Jarvis Cocker, Noel Gallagher, Mike Skinner, Arctic Monkeys, Craig David, dan Rodney P.

Ian Brown memulai tren ini dengan menggunakan sepasang sepatu Kick His di The Haçienda sebagai sindiran terhadap aturan yang ketat. The Stone Roses juga menggunakan sepatu ini di dalam videonya untuk 'Fools Gold'. Sebuah domba juga menggunakan sepatu Kick His di sampul lagu 'Stepping Stone' dari The Farm.

Kickers menyeponsori Urban Music Awards (UMA) 2007 dan memiliki iklan dengan NME, yang berakhir pada bulan September 2007.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BBC: I love 1980 TV programmes

Pranala luar[sunting | sunting sumber]